Home » 7 Fakta Ular Laut, Terlihat Indah Tapi Sangat Berbisa!

7 Fakta Ular Laut, Terlihat Indah Tapi Sangat Berbisa!

oleh tukang konten
7 Fakta Ular Laut, Terlihat Indah Tapi Sangat Berbisa!

Ular merupakan hewan melata yang memiliki cap menyeramkan. Selain hidup di darat, ternyata ada pula ular laut yang juga cukup mematikan. Ular ini bahkan memiliki bisa yang lebih beracun dibandingkan dengan ular darat.

Keberadaan ular jenis ini memang belum banyak dipahami orang. Hal ini dikarenakan tidak semua laut didiami oleh ular yang bisa berenang dengan cepat ini. Walaupun terlihat seperti hewan tidak berdaya, namun hewan ini ternyata memiliki senjata yang bisa membunuh.

5 Ular Laut di Indonesia yang Berbahaya

Sebagai negara maritim dengan perairan yang luas, Indonesia ternyata juga memiliki beberapa jenis ular yang hidup di laut. Ular jenis ini sering dibicarakan, terutama di kalangan para penyelam.

1. Banded Sea Krait

Banded Sea Krait
Source: peakpx.com

Siapa sangka jika ular dengan nama ilmiah Laticauda colubrina ini sebenarnya adalah ular pemalu? Jika tidak terpaksa, mereka lebih memilih untuk tidak berinteraksi dengan manusia. Gigitan yang mereka lakukan pada dasarnya hanyalah bentuk pertahanan diri.

Itulah sebabnya ada banyak negara yang menganggap ular dengan bisa yang lebih mematikan 10 kali lipat dari ular derik ini malah sering dijadikan sebagai makanan untuk dikonsumsi. Bahkan di New Caledonia, anak-anak kerap bermain dengan ular satu ini.

Walau beberapa orang menganggap hewan satu ini tidak terlalu berbahaya, namun pada kenyataannya saat tergigit, kemungkinan kematian tetap menghantui. Gejala awal yang kerap dialami penderita gigitan Banded Sea Krait adalah tekanan darah tinggi hingga kelumpuhan.

2. Black Banded Sea Krait

Black Banded Sea Krait
Source: id.wikipedia.org

Salah satu ular yang hidup di laut dengan jenis krait yang ada di Indonesia adalah Black Banded Sea Krait. Ular yang berwarna hitam ini banyak tinggal di pulau karang. Walaupun berukuran kecil, namun bisa ular yang juga disebut dengan Erabu utara ini  jauh lebih kuat dari Kobra.

Bahkan penelitian mengatakan bawah bisa ular dengan nama ilmiah Laticauda semifasciata ini lebih kuat sepuluh kali lipat dari kobra. Apalagi jenis bisa yang disemburkan oleh ular ini merupakan jenis neurotoksin yang bekerja langsung menyerang saraf.

Maka tidak heran jika orang yang digigit oleh Black Banded pasti mengalami kelumpuhan, baik di sekitar area tergigit maupun di seluruh tubuhnya. Hal ini tergantung dari volume bisa ular dan juga kecepatan penanganan.

3. Yellow Sea Snake

Yellow Sea Snake
Source: dovemed.com

Dibandingkan dengan jenis ular laut lainnya, ular yang memiliki nama ilmiah Hydrophis spiralis ini terkenal lebih cukup agresif. Mereka juga ular yang mudah marah dan lebih mudah menyerang karena merasa terganggu.

Walau demikian, bisa ular Yellow Sea Snake lebih ringan dibandingkan dengan jenis Banded Sea Krait. Namun bukan berarti ular ini tidak berbahaya. Sebab bisa ular berwarna kekuningan ini juga mampu merusak otot atau yang disebut dengan myolysis.

4. Slender Sea Snake

Slender Sea Snake
Source: inaturalist.org

Walaupun masih dalam satu keluarga, namun Slender Sea Snake memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Yellow Sea Snake. Tubuhnya yang ramping dengan kepala kecil sering membuat orang memandang sebelah mata ular laut ini.

bahkan kepala dari ular dengan nama latin Hydrophis gracilis ini lebih kecil dari badannya. Padahal, gigitan ular ini pun tak kalah berbahaya dari ular lainnya, termasuk ular darat. Bisa ular bisa menyebar dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan menit sejak pertama kali tergigit. 

5. Ular Belcher

Ular Belcher
Source: grid.id

Sama seperti jenis ular yang hidup di laut lainnya, ular belcher pun sebenarnya merupakan ular pemalu. Namun, jangan salah, ketika merasa terpojok, mereka bisa menyerang dengan sangat cepat dan presisi.

Bisa ular dengan nama ilmiah Hydrophis belcheri ini memiliki kepala dengan ukuran kecil. Hal ini membuat mereka hanya mampu menggigit manusia di permukaan kulit yang terbuka dan kecil, misalnya jari.

7 Fakta Tentang Ular Laut yang Wajib Diketahui

7 Fakta Tentang Ular Laut yang Wajib Diketahui
Source: twitter.com

Ular yang memiliki bisa lebih kuat sepuluh kali dari mamba hitam ini memang sekilas tampak tidak berbahaya. Itulah sebabnya banyak yang terkecoh dan malah ingin bermain dengan mereka. 

1. Paling Berbisa

Warna umum ular-ular laut adalah coklat, hitam maupun kekuningan. Kebanyakan ular ini memiliki kekuatan bisa yang mengalahkan semua ular beracun di darat. Contohnya, dalam satu tetes bisa ular Belcher, terkandung perpaduan racun neurotoksin dan miotoksin.

Maka tidak heran jika gigitan ular ini bisa mematikan hampir dua ribu orang dewasa hanya dalam waktu setengah jam saja. Sekali tergigit dan tak terobati, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan organ dalam dan mengakibatkan gagal ginjal, pendarahan terus menerus hingga kematian.

2. Pemalu dan Tidak Agresif

Seperti yang sudah dibahas di atas, ular belcher dan sebagian besar ular laut lainnya memang cenderung memilih untuk menghindari manusia. Mereka juga cenderung kalem jika berada di dekat manusia kecuali merasa terancam.

3. Berukuran Panjang

Meskipun berbadan ramping, ular-ular laut ini memiliki tubuh yang panjang. bahkan kebanyakan ular-ular laut bisa mencapai panjang hingga 3 meter. Tubuh yang ramping memudahkan mereka untuk berenang.

4. Penyelam dan Perenang Handal

Ular-ular laut sangat jarang yang berada di permukaan, mereka lebih memilih berada di kedalaman sekitar 30 meter dan kerap bersembunyi di terumbu karang. Bentuk ekor mereka juga pipih, ramping dan menyerupai sirip.

Hal inilah yang membuat ular laut bisa berenang dengan cepat hingga 12 mil per jam. Mereka memang terkadang terlihat di permukaan. Hal ini dikarenakan mereka juga butuh mengambil oksigen. Namun biasanya mereka bisa tinggal di dalam laut selama 7 hingga 8 jam.

5. Masih Kalah dengan Ubur-ubur Coklat

Walaupun merupakan hewan dengan bisa terkuat, nyatanya ular-ular laut masih kalah dengan ubur-ubur coklat. Sampai sekarang hewan lunak ini masih menduduki peringkat tertinggi hewan laut yang mematikan.

Sengatan ubur-ubur coklat dapat seketika membuat seseorang shock berat. Jika mereka sedang berenang atau menyelam, maka shock tersebut bisa membuat kemampuan berenang mereka hilang dan akhirnya tenggelam.

Kecepatan penyebaran bisa ubur-ubur kotak juga terbilang sangat cepat. Jikalau seseorang bisa selamat dari sengatan ubur-ubur coklat, ancaman kematian pun masih menghantui, yaitu adanya kemungkinan serangan jantung karena efek racun.

6. Tidak Sengaja Tergigit

Penelitian menyebutkan bahwa ular-ular laut jarang dengan sengaja menggigit. Mereka bukan tipe penyerang. Jadi saat mereka bertemu dengan manusia, mereka akan lebih memilih kabur. Walau demikian, memang ada kejadian seseorang tergigit ular-ular laut.

Biasanya mereka yang tergigit adalah para nelayan yang sedang mengangkat jaring. Sea snake yang tidak sengaja ikut terjerat jaring pun menggigit jari nelayan dengan maksud ingin melepaskan diri.

7. Hidup di Sekitar Karang

Sea snake jarang terlihat di permukaan air. Mereka lebih memilih bersembunyi. Tapi jika kamu suka menyelam, maka harus cukup waspada saat berada di sekitar karang. Hal ini dikarenakan karang memang merupakan habitat sea snake.

Keberadaan ular laut memang umumnya tidak dapat terdeteksi. Hal ini dikarenakan spesies satu ini memang tipe penyendiri yang tidak suka mengganggu. Walau demikian, karena bisanya yang mematikan, lebih baik tidak mendekati tempat mereka biasa tinggal.

Outbond link

Indonesia – https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar