Home ยป 3 Tokek Besar yang Ada di Dunia dan Fakta-fakta Uniknya

3 Tokek Besar yang Ada di Dunia dan Fakta-fakta Uniknya

oleh tukang konten
Tokek Besar yang Ada di Dunia dan Fakta Uniknya

Tokek adalah salah satu reptil yang banyak diburu oleh para kolektor. Tokek besar di dunia bahkan dibandrol dengan harga yang sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Bahkan, jual beli tokek di masa kini telah menjadi bisnis yang menggiurkan. Harga tokek umumnya ditentukan berdasarkan jenis, berat, dan panjang tokek. Beberapa jenis tokek terbesar di dunia akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini.

Jenis-Jenis Tokek Besar di Dunia

Ada beberapa jenis tokek besar yang ditemukan di beberapa wilayah di dunia. Beberapa jenis tokek tersebut yakni sebagai berikut:

1. Tokek Simenggaris

Tokek Simenggaris
Source: tribunnews.com

Pada tahun 2017, seorang pemuda dari Malaysia yang bernama Arbin menemukan seekor tokek di kawasan hutan di Simenggaris, Nunukan dan Serudong.

Hutan ini merupakan perbatasan negara Indonesia-Malaysia yang dikenal menyimpan ragam satwa unik dan tersembunyi. Tidak tanggung-tanggung, tokek yang ditemukan oleh pemuda asal Malaysia tersebut berukuran besar dengan bobot yang sangat berat.

Ciri-ciri tokek tersebut yakni berwarna putih dan berbintik merah kekuningan. Ukuran dari tokek ini bahkan hampir sama dengan ukuran buaya.

Tokek yang ditemukan di Simenggaris tersebut berukuran 64 kilogram dan dijual dengan harga Rp64 juta ringgit. Jika dirupiahkan, maka totalnya setara Rp179,2 miliar. Tokek tersebut dibeli oleh orang Indonesia, namun kabarnya dibawa ke China oleh pemiliknya.

2. Tokek Hoplodactylus Delcourti

Tokek Hoplodactylus Delcourti
Source: aquaportail.com

Tokek besar yang kedua di dunia adalah Hoplodactylus Delcourti. Panjang dari tokek ini sekitar 60 cm dan ditemukan untuk yang pertama kalinya di Selandia Baru. Di Indonesia sendiri pernah ditemukan juga tokek yang panjang keseluruhannya mencapai 60 cm.

Hoplodactylus Delcourti ditemukan pertama kali tahun 1986 di suatu basement gedung Museum alam. Sampai saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian mengenai asal usul dari reptil raksasa tersebut.

Mengingat, tidak banyak ditemukan literatur mengenai asal usul dan keberadaan dari hewan tersebut.

3. Tokek Rhacodactylus Leachianus

Tokek Rhacodactylus Leachianus
Source: okdogi.com

Nama tokek terbesar yang berikutnya yaitu Rhacodactylus leachianus. Nama tokek ini bahkan tercatat di Guinness World Records yang tentunya menambah nilai plus tersendiri bagi hewan tersebut.

Reptil yang akrab disebut tokek raksasa Leach ini memiliki panjang yang mencapai 30 cm dari mulut sampai lubangnya atau sekitar 36 cm apabila termasuk dengan ekor. Tokek Rhacodactylus leachianus dewasa mempunyai berat mencapai 200-300 gram. 

Habitatnya yaitu di pulau Kaledonia Baru dan pulau-pulau terdekat. Tokek ini merupakan jenis reptil yang menghuni pohon dan cenderung aktif di malam hari. Tokek ini mengonsumsi aneka jenis buah, serangga, laba-laba, getah, dan lain sebagainya.

Masyarakat setempat menjuluki Rhacodactylus leachianus sebagai “Setan Pohon”. Sebab, suara dari tokek ini sangat mengeram dengan keras. Jika terdengar di malam hari, tentu suara tersebut mampu membuat bulu kuduk merinding.

Manfaat Tokek Bagi Kesehatan

Manfaat Tokek Bagi Kesehatan
Source: kaskus.co.id

Banyak orang menilai bahwa tokek adalah hewan yang menjijikkan. Namun, sebagian yang lain mampu menangkap peluang bahwa tokek adalah hewan yang mampu menghasilkan omset besar.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat tokek memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari tokek yaitu sebagai berikut:

1. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat tokek untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mengobati penyakit kulit. Ada beberapa jenis penyakit kulit cenderung sulit untuk diobati, bahkan ketika penderitanya telah mengkonsumsi banyak obat.

Dalam kasus ini, obat tradisional dapat dijadikan sebagai alternatif yang bisa dicoba. Tidak sedikit orang yang percaya bahwa tokek dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi permasalahan kulit.

Pada dasarnya, belum ada penelitian medis yang membuktikan mengenai khasiat tokek yang satu ini. Namun, berdasarkan pengalaman dari beberapa orang, tokek mampu menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Manfaat tokek yang berikutnya yaitu mampu mencegah penyakit kanker di dalam tubuh. Daging tokek dipercaya mampu berperan sebagai zat anti kanker, yang mana dalamnya mampu menekan protein VEGF dan BFGF.

Protein BFGF dan VEGF adalah jenis protein yang menyebabkan sel kanker semakin berkembang. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi daging tokek, maka kedua zat kanker ini dapat lebih diminimalisir di dalam tubuh.

3. Mengobati Tumor

Manfaat daging tokek yang berikutnya yaitu dapat mengobati penyakit tumor. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh ilmuwan di China, tubuh tokek menyimpan suatu zat yang mampu bereaksi sebagai zat anti tumor.

Zat yang terdapat di dalam tokek tersebut mampu menghambat gejolak sel tumor dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, daging tokek juga akan menginduksi sel tumor apoptosis. Jadi, sel tumor ini akan menghancurkan dirinya sendiri hingga tidak tersisa lagi sel tumor di dalam tubuh.

Kini bisa diketahui tokek besar hanya terdapat di beberapa wilayah di bumi ini. Tokek juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh sehingga tidak heran jika dijual dengan harga yang mahal.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar