Home » 10 Fakta Paus Pembunuh Orca Yang Imut Tapi Berbahaya!

10 Fakta Paus Pembunuh Orca Yang Imut Tapi Berbahaya!

oleh tukang konten
10 Fakta Paus Pembunuh Orca Yang Imut Tapi Berbahaya!

Banyak orang yang menganggap jika hiu adalah predator puncak di rantai makanan laut. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Sebenarnya, predator yang menempati posisi puncak di laut ialah paus pembunuh yakni paus orca.

Padahal, konsep paus orca sebagai predator paling ditakuti di lautan sudah lama ada. Dikatakan bahwa banyak nelayan yang mengamati paus ini membunuh hiu putih besar dewasa. Bahkan, ada yang berbagi pengalaman melihat paus memakan dua hiu sekaligus. Tapi apa fakta tentang paus menakutkan ini?

10 Fakta Paus Orca Pembunuh yang Perlu Diketahui

Orca atau paus pembunuh adalah spesies yang termasuk dalam kelompok lumba-lumba. Orca adalah spesies terbesar dalam kelompok lumba-lumba dan akhirnya dinamai paus. Spesies ini ditemukan di hampir setiap lautan, dari daerah dingin seperti Arktik hingga perairan hangat seperti Indonesia.

Paus orca adalah predator puncak rantai makanan laut. Paus ini biasanya memakan ikan, dan beberapa spesies lainnya memakan singa laut, dan bahkan hiu. Berikut adalah beberapa fakta tentang paus orca sang pembunuh.

1. Pernah Membunuh Sesama Paus

Pernah Membunuh Sesama Paus
Source: lastrealindians.com

Siapa yang menyangka bahwa salah satu fakta unik soal paus ini karena pernah disebut pembunuh paus oleh pelaut yang melihat binatang ini menyerang sesamanya. Dikatakan bahwa banyak nelayan yang mengamati paus ini membunuh hiu putih besar dewasa.

Bahkan, ada yang berbagi pengalaman melihat paus ini menyerang dan memakan dua hiu sekaligus. Pada tanggal 4 Oktober 1997, sekelompok pengamatan paus di lepas pantai California dapat merekam momen saat paus orca memakan hiu putih besar dewasa.

Tetapi, jelas bahwa spesies paus ini tidak hanya menyerang ikan lain, tetapi juga spesies paus lainnya. Banyak nelayan yang yakin dengan fakta ini, sehingga mereka yakin dengan julukan ini.

2. Bukan Termasuk Jenis Ikan

Bukan Termasuk Jenis Ikan
Source: smithsonianmag.com

Terkuak fakta bahwa paus pembunuh tidak termasuk dalam jenis ikan. Paus orca merupakan mamalia laut dan sejenis lumba-lumba. Bahkan, paus orca menjadi spesies lumba-lumba terbesar. Mungkin karena ukurannya, mamalia ini disebut paus.

Paus adalah mamalia, bukan ikan. Hewan ini bernapas di paru-paru seperti manusia dan berkembang biak hingga lahir. Spesies hewan ini memiliki sistem pernapasan yang secara efektif menyerap oksigen, memungkinkan mereka untuk bernapas lebih lama di dalam air.

Manusia bernapas sekitar 12 hingga 20 kali per menit. Namun, manusia hanya bisa mendapatkan 5 persen oksigen dalam sekali tarikan napas. Tidak seperti manusia, paus dapat menyerap 90% oksigen dengan setiap napas.

3. Menjadi Paus Predator Terbesar

Menjadi Paus Predator Terbesar
Source: science.org

Paus orca sangat besar dan bisa dibandingkan dengan besar bus. Paus ini memiliki berat 11 ton setara dengan 9.979 Kg dan dengan gajah Afrika. Paus ini memiliki panjang 4.572 meter dan berat sekitar 6.000 pon.

Bahkan, paus jantan ternyata lebih besar dibandingkan betina. Pasalnya, paus jenis ini memilii usiaberusia sekitar 2,4 meter saat lahir dan beratnya antara 453 kg. Oleh karenanya, paus ini menjadi salah satu predator paling besar di dunia.

4. Punya Keberhasilan Membunuh yang Tinggi

Punya Keberhasilan Membunuh yang Tinggi
Source: ecojustice.ca

Karena paus ini merupakan karnivora, pastinya jenis ikan seperti hiu putih besar, kepiting, cumi-cumi, anjing laut, lobster, singa laut, burung laut penyu, penguin, dan masih banyak lagi jadi santapannya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa beruang kutub juga bisa menjadi salah satu santapan paus ini jika memiliki kesempatan. Paus ini juga berburu dengan sistem berkelompok. Hal ini juga dibantu oleh kecerdasan yang membuat keberhasilan pemburuan yang cukup tinggi.

5. Punya Bahasa Sendiri untuk Bersosialisasi

Punya Bahasa Sendiri untuk Bersosialisasi
Source: cbc.ca

Paus ini dapat membentuk klan dan juga dipisahkan ke bagian kelompok yang lebih kecil. Paus yang satu ini juga berburu bersama dan tidur.

Bahkan, paus ini berkomunikasi satu sama lain serta saling memberikan bantuan jika berada dalam sebuah masalah. Saat seekor paus meninggal, sisanya akan ikut berduka. Bahasa paus orca merupakan bahasa hewan paling kompleks di dunia fauna.

Pasalnya, paus ini dapat mengeluarkan suara seperti peluit dengan nada yang tinggi, berdenyut, serta nadanya yang rendah. Biasanya, suara ini digunakan paus agar dapat berkomunikasi jarak jauh dengan spesies paus lainnya.  

Paus orca berkomunikasi tidak hanya dengan suara, tetapi juga dengan banyak macam gerakan diantaranya adalah menyentuh dan berjalan.

6. Tidak Bisa Mencium Bau

Tidak Bisa Mencium Bau
Source: ecojustice.ca

Siapa yang menyangka bahwa paus pembunuh raksasa yang satu ini ternyata tidak bisa mencium bau karena tidak mempunyai bagian organ untuk mencium yang khusus namun biasanya disebut cuping.

Tetapi, paus yang satu ini memiliki jangkauan penglihatan dan juga pendengaran yang sangatlah baik. Bahkan, indra pendengaran paus yang satu ini lebih baik daripada anjing dan kelelawar.

7. Tidur dengan Satu Mata

Tidur dengan Satu Mata
Source: eaglewingtours.com

Banyak orang menganggap sisi putih pada ikan paus orca merupakan matanya. Namun hal tersebut merupakan sebuah kesalahan. Mata paus orca tidak begitu berbeda dengan mata yang dimiliki oleh lumba-lumba.

Layaknya lumba-lumba pada umumnya, paus pembunuh yang satu ini terkadang harus muncul ke permukaan laut agar dapat bernapas, sehingga binatang mamalia ini tidak bisa tidur sepenuhnya.

Sebaliknya, paus orca tidur dengan menggunakan setengah dari otaknya. Saat mata sebelah kiri paus orca terbuka, maka sisi kanan otak terjaga dan sisi lainnya sedang tidur, begitupun sebaliknya.

8. Mamalia Penyebaran Terbesar

Mamalia Penyebaran Terbesar
Source: pinterest.com

Paus pembunuh ternyata dapat ditemukan di semua lautan, baik air yang hangat ataupun dingin. Tidak hanya itu, paus orca juga bahkan bisa ditemukan di bawah titik beku. Bagaimana para paus orca ini dapat bisa bertahan dalam cuaca dingin?

Ternyata, paus orca mempunyai sebuah lapisan lemak yang sangat tebal dan berada di bagian bawah kulit. Selain itu, populasi paus ocra sangatlah besar serta merata di seluruh lautan.

Paus ini juga tidak diburu besar-besaran oleh manusia. Namun ini tidak menjamin bahwa orca tak akan punah. Paus ini rentan terhadap polusi dan populasinya juga bisa menurun jika mereka kesulitan untuk mendapatkan mangsa makanan akibat polusi yang disebabkan oleh manusia.

9. Paus Terpintar  

Paus Terpintar  
Source: 2seewhales.com

Lumba-lumba adalah mamalia yang dapat menirukan suara manusia. Di Marineland Aquarium di Antibes, Prancis, sebuah penelitian dilakukan pada paus betina bernama Wiki untuk melihat apakah paus orca dapat meniru suara makhluk lain.

Paus betina tersebut diajarkan untuk berbicara dan dapat didengarkan pada pita menirukan kata-kata ‘1, 2, 3’ dan ‘halo’. Di kolam yang ditinggalinya, ikan paus pembunuh ini juga memiliki keterampilan berburu yang canggih.

Maka dari itu, dengan kecerdasannya yang sangat baik dan tinggi, paus orca memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam berburu dan menerkam mangsanya secara berkelompok.

10. Tidak Pernah Membunuh Manusia

Tidak Pernah Membunuh Manusia
Source: passportocean.com

Paus Orca tidak pernah terlihat melakukan penyerangan atau memakan manusia. Namun, ada beberapa pelatih dan staf di beberapa taman laut diserang oleh paus pembunuh, menewaskan beberapa orang.

Tetapi, banyak ilmuwan yang mengklaim bahwa ini karena adanya tekanan yang ada pada tubuh orca dan membuatnya tampak lebih agresif. Seekor paus yang membunuh manusia ialah Tilikum dan kabarnya sudah menghilangkan nyawa tiga pelatih berbeda pada 1991, 1999 serta 2010

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar