Home » Mengenal Makanan Tupai, Kebiasaan, Diet, & Faktanya

Mengenal Makanan Tupai, Kebiasaan, Diet, & Faktanya

oleh tukang konten
Mengenal Makanan Tupai Kebiasaan Diet Faktanya

Dikenal sebagai hewan pengerat yang aktif dan berekor lebat, tupai banyak dijumpai di seluruh dunia. Tupai sendiri termasuk keluarga Sciuridae yang di dalamnya meliputi tupai, marmut, serta anjing padang rumput. Makanan tupai sangat beragam jenisnya karena tupai termasuk hewan omnivora.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Taksonomi Terpadu, setidaknya ada lebih dari 200 spesies tupai yang ada dan dikategorikan ke dalam tiga jenis, yaitu tupai tanah, tupai pohon dan tupai terbang. Kategori tersebut masih dipecah lagi menjadi banyak jenis tupai.

Apa Makanan Tupai?

Seperti yang telah disinggung di awal, tupai merupakan hewan omnivora atau pemakan segala sehingga semua jenis makanan bisa dikonsumsi. Meski begitu, tupai memiliki kecenderungan sebagai herbivora.

Karena pada dasarnya, hewan pengerat ini makan tumbuh-tumbuhan. Seperti jenis kacang-kacangan, sayur, buah, hingga biji-bijian. Meskipun jarang terjadi, tupai juga bisa memakan telur burung, serangga dan ulat, terutama jika ketersediaan makanan berbasis tumbuhan sulit didapatkan.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ketika memelihara tupai adalah memberikan makanan yang tepat. Dengan pemberian pakan yang benar, maka tupai akan tumbuh sehat dan maksimal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis makanan tupai yang perlu diketahui:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Source: kids.nationalgeographic.com

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tupai. Kandungan protein yang cukup tinggi pada jenis kacang-kacangan akan sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tupai.

Di habitat aslinya, tupai dikenal sebagai hewan yang pandai memanjat dan sering menaiki jenis pepohonan yang mengandung kacang-kacangan. Bahkan, tidak jarang tupai akan membawa kacang-kacangan yang didapatkan ke sarang mereka.

Cara membawa kacang-kacangan tersebut cukup unik karena tupai akan menempatkannya di dalam mulut sehingga pipinya terlihat melebar. Tujuan membawa kacang-kacangan ke sarang adalah agar lebih aman saat harus membuka kulit kacang yang cenderung keras.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang sering dimakan oleh tupai antara lain adalah kacang pinus, kacang almond, kacang kenari, kacang hazel, hingga kacang macadamia. Untuk jenis kacang tanah sebaiknya tidak diberikan karena kandungan gizinya cukup minim untuk tupai.

2. Biji-bijian

Biji-bijian
Source: sciencefriday.com

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga termasuk makanan kesukaan tupai sehingga sangat baik jika diberikan. Bahkan biji-bijian dianggap sebagai makanan yang paling enak bagi tupai. Adapun jenis biji-bijian yang dimaksud antara lain adalah biji labu, bunga matahari, dan jagung.

Kandungan nutrisi pada biji-bijian tersebut sangat dibutuhkan oleh tupai agar organ di dalam tubuhnya mampu bekerja secara optimal. Salah satunya adalah kandungan kalsium di dalam biji-bijian yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tupai.

3. Buah-buahan

Buah-buahan
Source: newscientist.com

Selain kacang dan biji-bijian, tupai juga sangat menyukai buah-buahan. Tidak jarang tupai akan naik ke pohon yang berbuah dan mengambilnya untuk dimakan. Buah sendiri sangat dibutuhkan sebagai sumber glukosa yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Sementara kandungan vitamin dan serat pada buah juga bagus untuk kesehatan tupai. Demikian juga dengan kandungan kalsium serta zat besi di dalam buah yang akan membuat tulang tupai semakin kuat.

Untuk tupai peliharaan, jenis buah-buahan bisa disajikan bersama kulitnya secara utuh agar tupai tetap menggunakan nalurinya untuk berburu makanan. Meski begitu, menyajikan buah-buahan yang sudah dipotong dalam ukuran kecil juga boleh dilakukan.

Beberapa jenis buah yang cukup difavoritkan oleh tupai di antaranya adalah apel, anggur, kiwi, buah pir, plum, pisang, dan semangka.

4. Sayuran

Sayuran
Source: livescience.com

Dengan kecenderungan tupai sebagai hewan herbivora, maka sayuran juga menjadi salah satu jenis makanan tupai yang cukup digemari sebagai makanan sehari-hari. Sama seperti buah, kandungan vitamin dan mineral di dalam sayuran juga cukup tinggi sehingga baik untuk tupai.

Demikian juga dengan kandungan antioksidan di dalam sayuran yang mampu menangkal radikal bebas sehingga tupai memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah sakit. Sayuran bisa diberikan dalam keadaan mentah dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

Beberapa jenis sayuran seperti wortel sangat baik untuk diberikan karena mampu menstimulasi gigi tupai sehingga tetap kuat. Untuk jenis sayuran lainnya yang bisa diberikan adalah terong, kubis, tomat, seledri, selada, bayam, asparagus, lobak, kale dan brokoli.

5. Beberapa Jenis Berry

Beberapa Jenis Berry
Source: peakpx.com

Selain buah dan sayuran, tupai juga sangat suka memakan beberapa jenis beri-berian seperti mulberry, strawberry, blackberry, raspberry, dan cherry. Seperti yang telah diketahui, jenis beri-berian tersebut mengandung nutrisi yang cukup lengkap sehingga bagus untuk tupai.

Kandungan antioksidan pada jenis beri-berian juga sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh tupai. Dengan begitu, maka sistem imunitas tubuh semakin meningkat dan tupai tetap sehat.

6. Keju

Keju
Source: thejakartapost.com

Perlu diketahui bahwa keju sebenarnya bukanlah makanan untuk tupai liar, tapi untuk jenis tupai yang berada di dekat pemukiman. Biasanya tupai akan memakan semua jenis keju seperti keju mozzarella, keju cheddar, dan lain sebagainya.

Keju sendiri bisa menjadi sumber lemak yang baik untuk tupai sehingga akan disimpan sebagai cadangan ketika ketersediaan makanan sangat terbatas.

7. Serangga

Serangga
Source: thoughtco.com

Ketika sumber protein dari kacang-kacangan maupun biji-bijian sulit untuk didapatkan, tidak jarang tupai akan mengkonsumsi beberapa jenis serangga. Seperti kupu-kupu, belalang, capung, jangkrik, larva hingga ulat sebagai sumber protein.

8. Jamur

Jamur
Source: technologynetworks.com

Pada jenis tupai kelapa, makanan berupa jamur yang menempel di pepohonan juga sering dijadikan bahan makanan. Biasanya, jamur akan dikeringkan dan selanjutnya dimakan setelah membutuhkannya.

Dengan instingnya yang tajam, tupai bisa membedakan mana jamur yang aman dikonsumsi dan jamur yang beracun dan tidak dapat dikonsumsi.

9. Telur

Telur
Source: britannica.com

Tupai juga bisa mengkonsumsi telur, baik telur ayam maupun burung. Bahkan, tidak jarang tupai juga bisa memakan anak burung yang jatuh dari sarangnya. Meski begitu, hal ini tidak akan terjadi selama persediaan makanan mereka mencukupi.

Kebiasaan Tupai

Kebiasaan Tupai
Source: vetoed.wisc.edu

Tupai memiliki kebiasaan yang cukup unik dan mungkin tidak banyak yang tahu. Meskipun dikenal sebagai binatang herbivora, beberapa jenis tupai juga bisa mengkonsumsi daging. Terutama jika kondisi mereka kelaparan dan persediaan makanan sangat terbatas.

Biasanya saat musim hujan atau musim semi tiba, persediaan makanan berupa kacang-kacangan dan biji-bijian yang disimpan akan mulai tumbuh tunas. Jadi bagi tupai yang tidak suka diet dengan tunas akan mengubah kebiasaannya menjadi omnivora dan bahkan memakan daging.

Selain itu, tupai juga punya kebiasaan menyimpan persedian makanannya di ruangan khusus yang ada di pohon atau tanah dan menyusunnya secara rapi sesuai jenisnya.

Fakta Seputar Tupai

Fakta Seputar Tupai
Source: kids.nationalgeographic.com

Ada banyak fakta menarik tentang tupai yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Salah satunya terkait dengan makanan yang tidak disukai tupai. Perlu diketahui bahwa tupai sangat menghindari bawang-bawangan, paprika hingga cabai yang pedas.

Fakta lainnya seputar tupai yang tidak kalah menarik untuk diketahui adalah:

  • Tupai adalah binatang yang cerdas, biasanya tupai suka mengubur makanannya sebagai persediaan. Namun tidak jarang makanannya hilang karena dicuri oleh binatang lainnya. Untuk mengantisipasinya, tupai akan membuat lubang jebakan yang kosong untuk mengecoh.
  • Tupai sangat pintar dalam menemukan makanan, bahkan jika makanan tersebut telah terkubur di bawah lapisan salju atau tanah, maka dengan sigap akan digali untuk mendapatkannya.
  • Spesies hewan ini memiliki gigi depan yang selalu tumbuh sepanjang hidupnya sehingga mereka harus terus mengerat agar kondisi giginya sesuai dengan kebutuhan.
  • Binatang ini suka berjalan dengan zig zag untuk mengelabui predator sehingga sulit ditangkap. Tupai juga bisa melompat dalam jarak yang sangat jauh, bahkan hingga 3 meter. Selain itu, tupai akan bersembunyi di dalam lubang pepohonan untuk menghindari predator.
  • Tupai merupakan binatang yang suka membagikan makanannya kepada tupai lainnya. Bahkan jika ada anak tupai yang tidak punya induk, maka akan diadopsi oleh tupai lainnya dan diberi makan seperti keluarga sendiri.
  • Tupai bisa mengenali manusia yang suka memberinya makan sehingga akan menunjukkan rasa kasih sayangnya saat didekati.
  • Tupai memiliki kepercayaan yang tinggi kepada manusia sehingga akan cenderung merasa aman ketika makan langsung dari tangan manusia.
  • Sebagai binatang yang cerdas, tupai bahkan mampu membuat rencana untuk mengusir binatang lainnya yang mengganggu persediaan makanan atau sarangnya.

Makanan tupai bisa sangat beragam, mulai dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah hingga sayuran. Jika persediaan menipis, tupai bisa memakan keju, telur dan serangga. Namun yang paling difavoritkan adalah biji-bijian yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk menunjang kinerja organ tubuh tupai.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar