Home » 7 Makanan Tokek Rumahan untuk Peliharaan, Mudah Dicari!

7 Makanan Tokek Rumahan untuk Peliharaan, Mudah Dicari!

oleh tukang konten
7 Makanan Tokek Rumahan yang Mudah Dicari

Banyak orang menganggap bahwa tokek adalah hewan yang mengganggu. Namun, sebagian orang yang tertarik dengan reptil justru menjadikan tokek sebagai hewan peliharaan. Lalu, apa makanan tokek sehari-hari?

Pada dasarnya, tokek adalah jenis reptil yang dapat mencari makan sendiri. Namun, jika ingin memeliharanya, maka ada beberapa jenis makanan yang dapat diberikan untuk memenuhi asupan nutrisinya. Beberapa jenis makanan tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini.

Jenis-Jenis Makanan Tokek

Apa makanan tokek yang sebaiknya dipilih? Inilah beberapa jenis makanan yang disukai oleh tokek:

1. Jangkrik

Jangkrik
Source: pinhome.id

Jangkrik adalah hewan yang mungkin tidak disukai oleh petani. Namun, serangga yang satu ini adalah makanan favorit bagi tokek. Selain tokek, hewan lain yang suka memangsa jangkrik adalah burung. Jadi tidak heran jika jangkrik sering diberikan oleh para pemeliharanya.

Setidaknya, ada tiga macam jangkrik yang bisa dijadikan makanan untuk tokek yakni jangkrik ladang/hitam, jangkrik rumah, dan jangkrik unta.

Jenis-jenis jangkrik tersebut mempunyai tiga bagian tubuh, yakni perut, kepala, dan dada. Umumnya, serangga ini mempunyai kepala berwarna merah dan dua helai antena di sekitar mata.

Ciri khas dari jangkrik adalah mempunyai banyak, tetapi mata yang banyak ini hanya bisa berfungsi saat malam hari yang digunakan untuk mencari mangsa.

2. Nyamuk

Nyamuk
Source: wikipedia.org

Nyamuk juga termasuk serangga yang menjadi salah satu makanan tokek terbaik. Setidaknya, ada lebih dari 2.700 spesies nyamuk di dunia. Karakteristik fisik dari nyamuk adalah mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang kecil, dan enam kaki panjang.

Panjang tubuh nyamuk cukup bervariasi, namun sebagian besar kurang dari 15 mm. Perbedaan dari nyamuk betina dan jantan adalah dari segi bentuk mulutnya.

Bentuk mulut dari nyamuk betina adalah proboscis panjang yang berguna untuk menembus kulit mamalia dan menghisap darah. Cara tokek memangsa nyamuk juga sama seperti cicak, yakni memakai lidah lengketnya yang dijulurkan.

3. Belalang

Belalang
Source: viva.co.id

Jenis makanan tokek rumah yang berikutnya adalah belalang. Sama seperti jangkrik dan nyamuk, belalang juga termasuk spesies serangga yang mudah dijumpai, terutama di daerah sawah, hutan, kebun, dan halaman rumah.

Ciri khas dari belalang adalah mempunyai antena yang ukurannya lebih pendek dari panjang tubuhnya. Belalang mengeluarkan suaranya dengan cara menggesek femur belakangnya menggunakan sayap depan atau saat mengepakkan sayapnya menjelang terbang.

Adapun perbedaan dari belalang betina dan jantan hanya pada ukurannya. Apapun jenis kelaminnya, belalang sangat berguna untuk membuat tubuh tokek cepat besar karena kandungan kalsium dan proteinnya yang sangat tinggi.

4. Laron

Laron
Source: klikdokter.com

Sama seperti cicak, ternyata tokek juga sangat menyukai laron untuk dijadikan sebagai makanannya. Fase hidup laron yang pertama adalah rayap. Ketika sudah mempunyai sayap, artinya mereka sudah siap melakukan aktivitas reproduksi. 

Karakteristik dari hewan ini adalah menyukai cahaya yang berasal dari lampu. Terdapat dua jenis laron yang mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, yakni rayap kayu dan rayap tanah. 

Laron mengandung lemak dan protein yang asalnya dari zat organik jamur yang umumnya tumbuh di kayu-kayu lapuk.

5. Kodok Lembu

Kodok Lembu
Source: blibli.tv

Siapa sangka jika ternyata tokek rumah juga menyukai kodok lembu untuk dijadikan sebagai santapannya. Ciri khas dari kodok ini adalah suaranya yang sangat mirip dengan sapi atau lembu.

Oleh karena itu, tidak heran jika kodok ini dinamai dengan kodok lembu. Meskipun demikian, nama asli dari kodok ini ialah Rana catesbeiana.

Habitat asli dari kodok lembu adalah Amerika Utara. Namun, ada banyak orang yang membudidayakan jenis kodok ini di Indonesia. Oleh karena itu, jangan khawatir karena menemukan kodok lembu tidak akan sulit dilakukan.

Perlu digaris bawahi bahwa kodok lembu adalah kodok jantan yang bisa dikenali dari suaranya. Perbedaannya dengan kodok betina terletak pada warna di sekitar kerongkongannya.

Warna kerongkongan dari kodok jantan adalah hitam kekuningan, sedangkan warna kulit di sekitar kerongkongan kodok betina adalah putih berbintik hitam.

6. Telur Semut

Telur Semut
Source: intisari.grid.id

Makanan tokek yang berikutnya yaitu telur semut atau kroto yang dapat diberikan untuk santapannya sehari-hari. Telur semut tidak sulit untuk ditemukan karena banyak orang yang membudidayakannya untuk dijadikan pakan ikan atau burung.

Kroto mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tokek. Salah satu kandungan nutrisi yang banyak dimiliki oleh telur semut adalah protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tokek.

7. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong
Source: petpintar.com

Ulat Hongkong juga dapat dijadikan sebagai opsi terbaik untuk makanan untuk tokek. Pada dasarnya, ulat Hongkong banyak dibudidayakan untuk makanan burung dan sugar glider. Namun, ternyata tokek juga sangat menyukai ulat yang satu ini.

Sama seperti telur semut, ulat hongkong juga mengandung protein tinggi yang sangat efektif bagi pertumbuhan tokek.

Setelah menyimak pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa makanan tokek terdiri dari aneka jenis serangga, reptil, dan hewan lain yang mengandung protein tinggi. Contohnya seperti belalang, jangkrik, kodok lembu, dan lain sebagainya. 

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar