Home » 7 Jenis Laba laba Beracun Paling Mematikan di Dunia

7 Jenis Laba laba Beracun Paling Mematikan di Dunia

oleh tukang konten
7 Jenis Laba-laba Beracun yang Mematikan di Dunia

Pada dasarnya, terdapat lebih dari 43.000 spesies laba-laba di dunia dan beberapa di antaranya ada yang tergolong dalam kategori laba laba beracun yang sangat mematikan. Nantinya, di dalam tubuh laba-laba dengan jenis ini akan terkandung bisa yang dapat berbahaya bagi tubuh manusia.

Meski umumnya bisa pada tubuh laba-laba akan berfungsi untuk melemahkan hewan yang lebih kecil, tapi bisa laba-laba ini juga dapat menimbulkan efek alergi atau luka pada kulit manusia. Bahkan, ada beberapa kasus yang jika terus diabaikan akan membahayakan nyawa milik seseorang.

Ragam Jenis Laba Laba Beracun yang Mematikan

Tidak semua laba-laba akan memiliki bisa yang berbahaya sehingga hanya ada beberapa jenis saja di antaranya yang tergolong dalam kategori laba-laba mematikan. Ketika seseorang terkena gigitan laba-laba yang beracun seperti ini, mereka harus langsung menanganinya dengan cara yang tepat.

Namun, daripada mengobati akan lebih baik jika kita mencegahnya sejak awal. Salah satu cara mencegah terjadinya hal yang membahayakan seperti ini adalah dengan mengenali apa saja jenis laba-laba yang mematikan tersebut, dan antara lain adalah:

1. Funnel-Web Spiders

Funnel-Web Spiders
Sumber: economist.com

Laba-laba paling beracun di dunia yang pertama adalah funnel-web spiders. Jenis laba-laba yang satu ini juga memiliki nama latin yaitu Atrax Robustus. Funnel-web spiders berhabitatkan di wilayah Sydney, Australia dan sudah sering dikenal sebagai jenis laba-laba yang paling mematikan di dunia.

Biasanya, jenis laba-laba yang satu ini akan lebih mudah ditemukan pada bagian bawah batang kayu atau bahkan di beberapa taman tertentu. Nantinya, laba-laba jenis ini akan membuat jaring dengan bentuk corong yang akan digunakan untuk menangkap mangsanya.

Begitu ada mangsa yang masuk ke corong tersebut, maka laba-laba akan langsung menerkam atau menggigit mangsa tersebut dan mengeluarkan bisanya. Umumnya, bisa funnel-web spiders ini dapat membunuh manusia dengan dosis 0,2 mg.

Namun, perlu diketahui bahwa laba-laba betina dari jenis ini tidak akan terlalu mematikan laba-laba jenis ini yang jantan.

2. Redback Spider

Redback Spider
Sumber: greelane.com

Sesuai dengan namanya, jenis laba-laba yang satu ini akan memiliki corak berwarna merah pada bagian punggungnya. Meski berasal dari Australia, tetapi jenis laba-laba redback spider ini telah menyebar di seluruh wilayah Selandia Baru, Belgia, bahkan hingga Jepang.

Sebenarnya, laba-laba ini pertama menyebar di wilayah Australia karena adanya ekspor anggur. Jenis laba-laba yang satu ini sering dikenal dengan kemampuannya dalam membuat jaring laba-laba di daun anggur.

Selain itu, redback spider sebenarnya memiliki gerakan yang pasif dan sering berpura-pura mati. Bahkan, jenis laba-laba ini juga sering bersembunyi di dalam sepatu maupun pakaian. Sehingga, semua orang harus waspada dengan jenis laba-laba yang sangat mematikan satu ini.

3. Red Widow Spider

Red Widow Spider
Sumber: drivebyeexterminators.com

Jenis laba laba beracun satu ini memiliki keunikan pada bagian warnanya. Selain itu, nama lain dari red widow spider adalah Latrodectus Bishopi. Laba-laba ini memiliki badan kepala yang dominan berwarna merah dan untuk warna kakinya sendiri pun juga berwarna merah terang.

Biasanya, jenis laba-laba ini akan banyak ditemukan di wilayah Florida Selatan. Gejala yang bisa dirasakan oleh seseorang yang sudah digigit dengan jenis laba-laba ini adalah kram, mual, dan rasa sakit yang bahkan sampai memberikan efek seperti terbakar.

Meski begitu, sebenarnya kasus kematian manusia yang disebabkan oleh red widow spider tergolong cukup rendah. Akan tetapi, serangan ini akan lebih rentan jika terkena orang-orang yang sudah berusia lanjut atau anak-anak yang masih memiliki sistem imun tubuh yang rendah.

4. Brown Widow Spider

Brown Widow Spider
Sumber: zetizen.radarcirebon.com

Meski memiliki nama yang cukup mirip dengan jenis laba-laba sebelumnya, tetapi jenis laba-laba yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu perbedaan yang paling bisa terlihat dari kedua jenis laba-laba ini adalah terletak pada warna bagian perutnya.

Untuk warna bagian perut brown widow spider sendiri adalah coklat tua yang bercampur dengan warna hitam, putih, kuning, atau oranye. Jenis laba-laba ini juga tidak agresif dan hanya akan menyuntikkan sedikit racun ketika mereka sedang menggigit mangsa.

Kendati demikian, hal ini tidak membuat racun yang ada di dalam tubuhnya menjadi tidak berbahaya. Sebab, brown widow spider sudah pernah dikaitkan dengan kasus kematian 2 orang yang ada di Madagaskar pada tahun 1990-an.

5. Black Widow Spider

Black Widow Spider
Sumber: wikipedia.org

Nama latin dari black widow spider adalah Latrodectus Mactans. Jenis laba-laba yang satu ini sudah sering bertanggung jawab atas serangannya terhadap manusia sehingga laba-laba ini wajib dihindari dengan sebisa mungkin.

Tidak hanya bisa ditemukan di wilayah Amerika Serikat saja, tapi jenis laba-laba ini juga bisa ditemukan di sebagian wilayah yang ada di negara Kanada, Amerika Latin, maupun Hindia Barat.

Ketika seseorang terkena gigitan black widow spider, mereka akan mengalami gejala seperti nyeri otot yang parah, kram, mual, atau bahkan kelumpuhan ringan. Selain itu, ada juga beberapa kasus yang menunjukkan gejala sulit bernapas.

Namun, tak perlu khawatir gejala ini tidak bisa disembuhkan. Pasalnya, jika gejala itu langsung ditangani dengan cara yang tepat, maka kondisi ini tidak akan membahayakan kesehatan dan nyawa manusia.

6. Tarantula Bersiul

Tarantula Bersiul
Sumber: oyimedia.com

Ciri khas yang paling terlihat dari jenis laba-laba ini terletak pada bagian taringnya yang berukuran satu centi. Dengan memiliki taring yang sangat khas seperti ini, membuatnya bisa mengeluarkan racun dan menjadikan seseorang muntah-muntah hingga selama 8 jam.

Jika kondisi ini terus diabaikan, maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, perlu diketahui bahwa sampai saat ini tidak ada kasus tarantula bersiul membunuh manusia namun ada kasus yang dimana tarantula bersiul membunuh anjing besar.

Selain memiliki taring yang cukup berbeda dibanding jenis laba-laba lainnya, ukuran tubuh laba-laba ini juga akan sedikit berbeda dibanding jenis-jenis lainnya. Ukuran tubuh laba-laba tarantula bersiul tergolong lebih besar dibanding jenis laba-laba lainnya.

7. Yellow Sac Spider

Yellow Sac Spider
Sumber: problemsolvedpest.com

Ketika digigit oleh laba-laba jenis ini, seseorang akan merasa sakit yang luar biasa hingga tidak tertahankan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika yellow sac spider tergolong dalam kategori laba-laba berbahaya.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa sebenarnya jenis laba-laba ini tidak akan membunuh manusia. Namun, rasa sakit yang didapatkan dari gigitan yellow sac spider akan membuat manusia merasa hendak mati.

Rasa sakit ini tidak hanya bertahan selama 1-2 jam saja, tapi akan lebih dari jangka waktu tersebut. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda selalu menghindari jenis laba-laba ini, supaya Anda tidak akan merasakan rasa sakit yang luar biasa seperti ini.

Ketika semua jenisnya sudah diketahui secara lengkap, hal ini akan membuat banyak orang lebih mudah untuk menghindarinya. Dengan begitu, semua orang bisa langsung menghindar ketika melihat tubuh laba-laba tersebut sedang mendekat.

Mencegah akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati. Salah satu cara tepat dalam mencegah terjadinya kasus yang berbahaya akibat tergigit laba laba beracun adalah dengan mengenali jenis-jenisnya secara lengkap.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar