Home » 10 Kucing Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

10 Kucing Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

oleh tukang konten
10 Kucing Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Tahukah bahwa ada beberapa ras kucing termahal? Ya, selayaknya anjing, kucing juga terdiri atas beberapa jenis serta ras yang beragam. Beberapa dari ras tersebut juga ada yang dianggap sebagai yang paling bagus dan menarik sehingga harganya juga lebih tinggi.

Beberapa dari ras tersebut juga langka sehingga sulit untuk ditemukan. Penasaran dengan apa saja kucing termahal di dunia sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memeliharanya? Ini informasi yang bisa disimak.

10 Kucing Termahal di Dunia

1. Kucing Ashera

Kucing Ashera
Source: cermati.com

Baru bisa didapatkan dengan dana sekitar Rp1,7 milyar, wajar rasanya jika Ashera didapuk menjadi ras kucing termahal. Ashera memiliki penampilan yang menyerupai macan tutul salju. Sebenarnya juga Ashera merupakan hasil dari rekayasa genetika.

Karena merupakan hasil rekayasa, sudah tentu Ashera menjadi kucing yang seperti sengaja dibuat oleh manusia. Ashera ini merupakan hasil perkawinan silang yang dilakukan terhadap kucing domestik, kucing Afrika, kucing Savana dan kucing macan tutul dari Asia.

Dengan berbagai kombinasi tersebut, Ashera menjadi kucing yang penampakannya seperti macan tutul namun dengan DNA kucing savannah. Rekayasa genetika Ashera ini dilakukan oleh Lifestyle Pets.co.

Sejumlah informasi menyebutkan bahwa perusahaan tersebut hanya mampu memproduksi Ashera sebanyak 5 ekor saja setiap tahunnya. Dengan kata lain, keberadaan kucing ini sangat terbatas namun pihak perusahaan menjamin bahwa kucing ini tidak akan menimbulkan alergi.

Hal ini merupakan kabar gembira bagi orang yang selama ini ingin memelihara kucing namun alergi terhadap bulunya. Ashera merupakan kucing yang sangat menyenangkan. Mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi, mandiri serta ingin berdekatan terus dengan pemiliknya.

Mereka juga sangat protektif, mudah akrab serta termasuk hewan yang cerdas. Makanya Ashera sangat mudah diajari melakukan permainan dan bahkan dapat membuka pintu sendiri.

2. Kucing Savannah

Kucing Savannah
Source: thesprucepets.com

Kucing termahal yang kedua adalah kucing Savannah yang merupakan salah satu asal-usul kucing Ashera dengan harga sekitar Rp700 jutaan. Layaknya Ashera, Savannah juga merupakan hasil dari perkawinan silang antara kucing Persia domestik dengan kucing liar Afrika.

Harga kucing Savannah ini semakin murni atau semakin dekat dengan indukannya akan semakin mahal. Sebab, sifat yang dimiliki juga semakin bagus. Secara umum, Savannah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ia termasuk hewan yang aktif.

Mereka sangat suka berlari, melompat serta menangkap mangsa. Oleh karenanya, pemilik kucing ini sangat disarankan untuk menyediakan mainan khusus untuknya. Sementara soal fisik, Savannah memiliki fitur tubuh serta corak bulu yang mirip dengan kucing liar.

Akan tetapi, Savannah memiliki sifat yang berkebalikan. Mereka layaknya anjing, suka bergaul dengan hewan lainnya serta bersedia saat diajak jalan-jalan. Mereka juga termasuk hewan yang setia. Namun, Savannah harus dilatih dengan benar agar tidak menjadi hewan yang agresif.

Untuk yang suka berenang, cocok sekali karena Savannah merupakan kucing yang suka main air. Namun, mereka juga hobi melompat ke tempat yang tinggi. Hobinya ini didukung dengan kemampuannya yang bisa melompat hingga mencapai 2,5 meter.

3. Kucing Bengal

Kucing Bengal
Source: dailypaws.com

Sudah bisa dipelihara dengan dana yang besarnya sekitar Rp350 jutaan, kucing Bengal juga menjadi salah satu jenis kucing yang harganya paling mahal di dunia. Kucing ini juga ternyata merupakan hasil dari persilangan antara beberapa ras kucing.

Persilangan ini diawali antara Asian Leopard dengan American Shorthair. Setelah itu, anakannya akan dikawinkan dengan bapaknya, dan barulah kucing Bengal ini muncul. Penampilan Bengal seperti namanya, terkesan liar. Meskipun demikian, pola dan corak pada bulunya sangat eksotis.

Corak bulu ini terlihat seperti macan tutul sehingga sangat cantik kalau dilihat. Mengingat asal-usulnya, kucing Bengal memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan kucing yang lainnya. Hewan satu ini terkenal aktif serta pintar sehingga sangat menyenangkan jika menjadikannya sebagai teman.

Karena kepintarannya itu, pemilik bisa mengajarkannya beberapa trik kepadanya. Kucing Bengal juga adalah kucing yang amat peka pada rangsangan. Jadi jangan heran kalau dia menunjukkan reaksi pada apa saja yang ada di dekatnya.

Sementara mengenai kepribadian, kucing Bengal termasuk kucing yang ramah dengan anak kecil. Makanya, hewan ini cocok dipelihara oleh keluarga yang di dalamnya ada anak-anak. Selain ramah, kucing Bengal juga terkenal penyayang dan mudah bersosialisasi.

4. Kucing Persia

Kucing Persia
Source: dailypaws.com

Berada di kisaran harga Rp70 jutaan, kucing Persia termasuk kucing yang sangat populer di dunia. Bukan tanpa alasan, tetapi wajahnya benar-benar menggemaskan dengan hidung yang pesek dan ekspresi yang jutek.

Kucing Persia termasuk kucing yang berbulu panjang. Bentuk tubuhnya bulat namun perawakannya kekar. Kepalanya juga tampak bulat namun ukurannya lebih besar dibandingkan kepala kucing yang lainnya. Tulang pipinya sedikit menonjol dengan leher yang terkesan tebal serta pendek.

Selain karena wajahnya, kucing Persia juga tampak mempesona dengan bulunya. Bulunya ini panjangnya sekitar 5-10 cm dan terdiri atas beberapa warna yang cantik dan membuatnya terlihat elegan dan menawan.

Di antara warna yang umum ditemukan pada bulu kucing Persia adalah warna emas, silver, coklat, biru, hitam, krem, putih serta beberapa warna lainnya. Warna ini juga ada yang polos dan ada yang terdiri atas kombinasi.

Sesuai dengan perawakan dan penampilannya yang manis, kucing Persia juga mempunyai karakter yang manis. Selain manis, kucing ini juga lembut serta mudah berbaur dengan manusia. Ia juga mudah beradaptasi, makanya tidak heran jika kucing Persia termasuk yang populer dipelihara.

Kucing Persia sangat manja dengan pemiliknya. Sifatnya yang satu ini sangat didukung oleh suaranya yang lembut yang bahkan hampir tidak terdengar. Makanya, saat berkomunikasi dengan pemiliknya, kucing ini lebih menunjukkan perilaku dibandingkan suara.

5. Kucing Peterbald

Kucing Peterbald
Source: dailypaws.com

Kalau suka dengan kucing termahal yang tidak berbulu, ada Peterbald yang bisa dijadikan pilihan yang sudah bisa dibawa pulang dengan dana sekitar Rp70 jutaan. Ya, kucing ini termasuk dalam golongan kucing yang tidak memiliki bulu secara kasat mata.

Namun, jika diperhatikan lebih dekat, Peterbald bukannya tidak memiliki bulu. Bulunya tetap ada, hanya saja sangat lembut dan tipis. Peterbald juga merupakan hasil silang kucing Oriental Shorthair dengan kucing Donskoy.

Spesies kucing ini mempunyai tubuh yang berukuran sedang dengan berat mencapai 6 kg kalau sudah dewasa. Peterbald jantan tentunya lebih berat dibandingkan dengan Peterbald betina. Dengan bobot tubuh seperti itu, bisa terbayang bahwa Peterbald ini sangat ramping bukan?

Kepalanya tampak berbentuk segitiga dengan telinga yang juga berbentuk demikian. Peterbald sangat cocok dipelihara oleh keluarga karena kucing ini sangat suka bermain dengan anak-anak. Mereka adalah hewan peliharaan yang aktif, suka bermain, atletis serta mudah untuk dilatih.

Kucing ini juga tidak berisik namun memiliki kemampuan bersosialisasi yang bagus. Selain itu, Peterbald juga sangat manja dan cerdas serta setia kepada tuannya.

6. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
Source: wikipedia.org

Sudah pernah mendengar nama jenis kucing satu ini bukan? Ya, Sphynx merupakan salah satu jenis kucing termahal di dunia yang untuk mendapatkannya diperlukan dana sekitar Rp40 jutaan. Layaknya Peterbald, Sphynx juga termasuk kucing yang tidak memiliki bulu.

Bulunya ini sangat pendek sehingga tidak terlihat secara langsung. Bulu yang ada pada bagian wajahnya juga disebut-sebut seperti beludru. Kondisi bulu yang sangat pendek ini tak urung membuat penampilan Sphynx terlihat menyeramkan.

Apalagi dengan tubuhnya yang ramping dan telinganya yang berbentuk segitiga. Kulit yang ada di bagian keningnya juga tampak berkerut dan ada beberapa diantaranya yang tidak mempunyai kumis. Walaupun terlihat menyeramkan, Sphynx justru merupakan kucing yang sangat menyenangkan.

Sphynx juga termasuk hewan yang penyayang serta bisa tinggal di dalam rumah bersama dengan hewan peliharaan lainnya. Pemilik Sphynx juga tidak perlu membuatnya tetap merasa sejuk, sebab hewan ini merupakan satu-satunya kucing yang mempunyai kelenjar keringat.

Namun pastikan untuk memandikannya secara rutin supaya bulunya tetap sehat. Jangan kaget juga kalau sewaktu-waktu kulitnya terlihat menghitam. Itu adalah efek dari pengelupasan kulit karena adanya kelenjar keringat ini.

Walaupun bulunya sangat pendek, tubuh Sphynx ternyata hangat serta lembut saat disentuh. Mereka tidak akan bersikap jahat karena termasuk kucing yang mudah ditangani.

7. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue
Source: rawznaturalpetfood.com

Sesuai dengan namanya, jenis kucing yang satu ini berasal dari Rusia. Russian Blue juga termasuk kucing yang harganya mahal. Sebab, untuk mendapatkannya, dana yang harus disiapkan sekitar Rp24 juta. Selain kucing Persia, Russian Blue juga sangat populer karena sifatnya yang loyal pada pemiliknya.

Russian Blue memiliki wajah yang agak tirus dengan mata berwarna hijau. Sesuai dengan namanya pula, warna bulu kucing ini berwarna biru keabu-abuan. Bulu ini secara kasat mata saja sudah terlihat padat namun juga mengkilap sehingga terkesan licin namun juga mewah.

Di bawah bulu yang tebal itu masih ada lemak yang cukup banyak. Sehingga, walaupun Russian Blue nampak ramping, sebenarnya mereka sangat kuat. Kondisi tubuh yang demikian bahkan membantu gerakan mereka menjadi lebih ringan dan juga cepat.

Secara karakter, Russian Blue sangat cerdas. Selain setia, ia juga mudah beradaptasi. Sayangnya, Russian Blue termasuk hewan yang agak malu dengan orang asing. Meskipun demikian, hewan satu ini masih bisa diandalkan untuk menjadi teman bermain sang buah hati.

Russian Blue juga biasa dikenal dengan sebutan The Archangel Cat atau kucing malaikat tertinggi. Hal ini dikarenakan asal-usul Russian Blue bisa ditelusuri ke kota Archangel yang ada di Rusia.

8. Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Source: scottishfoldcatterybc.com

Sudah bisa dibawa pulang dengan dana sekitar Rp42 jutaan, kucing Scottish Fold sangat menggemaskan saat dipandang. Seperti kata yang tersemat pada namanya, kucing ini mempunyai telinga yang terlipat ke arah depan lalu ke bawah.

Dengan kondisi telinga yang seperti itu, Scottish Fold jadi tampak seperti burung hantu atau teddy bear, dan telinga ini juga yang menjadi ciri khasnya. Kondisi telinga Scottish Fold terjadi karena merupakan hasil dari gen yang mempengaruhi tulang rawan yang ada di seluruh tubuhnya.

Selain memiliki bentuk telinga yang unik, kucing Scottish Fold juga diketahui mempunyai kebiasaan unik. Salah satu kebiasaan tersebut ialah posisi saat dia duduk dan duduknya ini dua kaki belakangnya akan ke depan sedangkan dua kaki depannya akan ada di atas perutnya.

Posisi yang seperti ini biasa disebut dengan posisi Buddha. Selain posisi duduk yang unik, Scottish Fold juga memiliki hobi tidur dengan posisi tubuh terlentang. Kalau dari segi ekspresi, kucing ini lebih sering menampilkan ekspresi yang sedih atau murung.

Namun, ternyata kepribadian yang dimiliki kucing ini berkebalikan dengan ekspresinya tersebut. Hal ini dikarenakan Scottish Fold adalah kucing yang aktif, ramah, serta cerdas. Mereka sangat enerjik serta mudah bersosialisasi dan sangat suka saat diperhatikan.

9. Kucing American Curl

Kucing American Curl
Source: thesprucepets.com

American Curl adalah kucing yang bisa dibawa pulang dengan dana sekitar Rp17 jutaan. Kucing ini memiliki ciri khas yang juga ada pada telinganya yaitu telinga yang melengkung. Sebenarnya telinga ini lurus saat baru dilahirkan. Namun, setelah 48 jam telinga akan mulai menggulung.

American Curl termasuk kucing yang berotot walaupun ukuran tubuhnya sedang. Mata kucing ini berbentuk seperti kenari dan merupakan mata yang ekspresif. Bulunya begitu halus sehingga nyaman saat dielus.

American Curl juga termasuk salah satu kucing yang sangat ramah. Mereka penuh dengan kasih sayang dan jinak terhadap pemiliknya. Meskipun demikian, American Curl ini bukanlah kucing yang sangat suka disentuh.

Mereka hanya suka saat berdekatan dengan pemiliknya serta bersantai bersama atau sekedar bermain dengan mainan milik mereka. Terlepas dari hal itu, American Curl ini bisa kok diajak hidup bersama anak-anak serta hewan peliharaan yang lainnya.

American Curl juga termasuk hewan yang enerjik. Mereka sangat suka berlarian serta memanjat di ketinggian. Dilihat dari berbagai sisi, American Curl memiliki tubuh yang proporsional. Tubuh ini berukuran sedang dan beberapa diantaranya ada juga yang ukurannya sedikit besar.

Ukuran kepalanya tampak seimbang dengan tubuhnya. Hewan ini memiliki dagu kokoh dan moncong yang membulat. Bagian kakinya sendiri tidak terlalu panjang tetapi masih proporsional juga dengan tubuhnya.

10. Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair
Source: thediscerningcat.com

Kucing yang berasal dari Inggris ini sudah bisa dijadikan teman di rumah dengan dana yang besarnya sekitar Rp14 jutaan. Disebutkan juga bahwa kucing ini adalah kucing domestik yang bahkan sudah ada sejak masa kekaisaran Romawi.

Kucing ini memiliki penampilan lucu dan imut dengan pipinya yang tampak chubby dan bulat. Tubuhnya dipenuhi oleh bulu yang berwarna abu-abu kebiruan yang sangat kontras dengan bola matanya yang berwarna tembaga.

Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki bulu-bulu yang pendek namun lebat. Bulu tersebut selain berwarna abu-abu kebiruan, ada juga yang berwarna biru, silver, krem dan coklat. Kalau hendak digolongkan, British Shorthair bisa dikategorikan sebagai kucing yang pendiam.

Meskipun demikian, kucing ini termasuk manja. Namun, saat British Shorthair ditinggal sendirian, mereka tidak akan membiarkan dirinya terlantar. British Shorthair juga termasuk kucing yang suka bermain dan aktif bergerak.

Mereka juga termasuk hewan yang bisa diajak hidup dengan anak-anak serta hewan peliharaan lainnya dalam satu tempat. Namun, jika kucing ini tertekan, mereka lebih memilih menyingkir dari situasi yang membuatnya tidak nyaman tersebut.

Usahakan pula agar British Shorthair ini berada di lingkungan yang nyaman serta tidak membahayakan untuknya. Kalau ada anak-anak, upayakan pula agar anak-anak tersebut tidak menyakiti si bulu pendek ini supaya British Shorthair tidak merasa trauma.

Bagaimana? Tertarik untuk memiliki salah satu kucing termahal di atas? Kalau iya, siapkan dana untuk mengadopsinya sekaligus dana untuk merawatnya. Ketika memelihara, penting untuk jaga berat badan anabul supaya tetap ideal karena akan berbahaya kalau mereka sampai obesitas

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar