Home » Mengenal Kucing Belang Tiga: Ciri Khas, Keistimewaan, dan Harganya

Mengenal Kucing Belang Tiga: Ciri Khas, Keistimewaan, dan Harganya

oleh tukang konten
Mengenal Kucing Belang Tiga Ciri Khas, Keistimewaan, dan Harganya

Kucing merupakan hewan yang mudah ditemukan, baik itu sebagai hewan peliharaan maupun kucing liar di jalanan. Kucing yang memiliki satu atau dua warna rambut mungkin lebih sering ditemukan daripada kucing belang tiga berjenis kelamin jantan.

Hewan menggemaskan yang satu ini memang dianggap memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki tiga warna rambut. Selain itu, kucing ini juga memiliki berbagai keistimewaan lainnya. Penasaran? Langsung saja baca artikel tentang kucing di bawah ini!

Ciri-Ciri Kucing dengan Tiga Warna Belang

Ciri-ciri Kucing dengan Tiga Warna Belang
Source: liputan6.com

Seperti apa rupa kucing jantan yang memiliki tiga warna rambut? Berikut ini ciri-ciri kucing belang tiga jantan yang menjadi ciri khas mereka, yaitu:

  • Memiliki jenis kelamin jantan.
  • Memiliki tiga warna rambut pada tubuhnya, misalnya kombinasi warna dasar putih dengan corak hitam dan orange.
  • Terdapat tanda belang atau bintik-bintik pada coraknya.
  • Jarang sekali ditemukan.
  • Memiliki kelainan kromosom atau biasa disebut abnormalitas kelebihan kromosom sex X.
  • Biasanya mati saat berada di dalam kandungan atau mati sesaat setelah dilahirkan.
  • Disebut kucing kembang telon.

Keistimewaan dan Fakta Menarik Kucing Belang Tiga

Keberadaan kucing dengan tiga warna rambut atau belang tiga dianggap sangat istimewa dan unik. Memangnya, apa saja keistimewaan atau fakta menarik yang dimiliki kucing ini? Berikut ini beberapa keistimewaan dan fakta menarik dari hewan menggemaskan tersebut, yaitu:

1. Mengalami Abnormalitas Jumlah Kromosom X

Mengalami Abnormalitas Jumlah Kromosom X
Source: dailypaws.com

Sangat jarang bahkan memiliki kemungkinan kecil kucing jantan memiliki tiga warna rambut pada tubuhnya. Kucing seperti ini dengan jenis kelamin jantan juga dianggap sangat langka.

Jika ditemukan kucing jantan seperti itu, maka kucing jantang tersebut mengalami abnormalitas jumlah kromosom X. Kucing jantan dengan abnormalitas jumlah kromosom X akan memiliki kromosom XXY yang sangat jarang terjadi.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan kucing jantan bisa memiliki tiga warna rambut pada tubuhnya. Penentuan warna atau munculnya warna pada rambut kucing memang sangat ditentukan oleh genetik atau kromosom X di dalam tubuhnya.

2. Lebih Sering Ditemukan Kucing Betina

Lebih Sering Ditemukan Kucing Betina
Source: news18.com

Kucing dengan tiga warna rambut pada tubuhnya memang lebih sering ditemukan pada kucing betina. Kucing betina yang memiliki karakteristik seperti ini bukanlah kucing yang mengalami abnormalitas jumlah kromosom, tetapi kucing betina memang sangat mungkin memiliki tiga warna bulu.

Mengapa demikian? Hal ini karena kucing betina memiliki dua kromosom X (XX). Selain itu, kucing betina juga memiliki gen pengontrol warna merah (orange, kucing, dan cream). Ada juga gen pengontrol warna hitam (cokelat, tabby, dan biru) pada kromosom X yang dimiliki kucing betina.

3. Memiliki Beberapa Nama Lain

Memiliki Beberapa Nama Lain
Source: pexels.com

Kucing yang memiliki tiga warna rambut ternyata bukan hanya disebut belang tiga, tetapi memiliki sebutan nama atau istilah lainnya. Masyarakat Jawa sering menyebut kucing seperti ini dengan istilah kucing kembang telon.

Sementara itu, masyarakat Spanyol menyebut kucing ini dengan sebutan chatte d’Espagne. Masyarakat Jepang juga memiliki nama unik untuk kucing seperti ini yaitu mi-ke.

Selain itu, beberapa nama lokal atau nama lain untuk menyebut kucing dengan karakteristik unik ini adalah kucing belacu, kucing kaliko, dan berbagai istilah lainnya.

4. Dianggap Berkaitan dengan Mitos Tertentu

Dianggap Berkaitan dengan Mitos Tertentu
Source: thesprucepets.com

Kucing jantan yang memiliki tiga warna rambut atau belang tiga warna selalu dikaitkan dengan mitos tertentu. Mitos kucing belang tiga yang beredar di masyarakat Jawa yaitu dianggap memiliki kekuatan supranatural atau mistis yang sangat kuat.

5. Kucing Jantan yang Mandul

Kucing Jantan yang Mandul
Source: treehugger.com

Selain memiliki kelainan kromosom, sebagian besar kucing jantan dengan tiga warna belang ternyata juga memiliki kelainan vitalitas di dalam tubuhnya. Artinya, kucing jantan dengan karakteristik seperti ini memiliki kemungkinan besar tidak bisa menghasilkan keturunan atau mandul.

Kemungkinan kelamin jantan tersebut bisa menghasilkan keturunan hanya 1 dari 10.000 kucing jantan dengan tiga warna belang pada tubuhnya.

6. Dianggap Membawa Keberuntungan

Dianggap Membawa Keberuntungan
Source: thesprucepets.com

Kucing jantan seperti ini sering kali dicari oleh banyak orang karena keunikannya. Selain itu, alasan lain orang-orang ingin memelihara kucing belang tiga adalah dianggap dapat memberikan keberuntungan finansial bagi pemiliknya.

Bagi orang-orang yang mempercayai hal tersebut, mereka bahkan rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar agar dapat membeli kucing jantan dengan ciri khas unik ini.

7. Bukan Merupakan Ras Kucing

Bukan Merupakan Ras Kucing
Source: thediscerningcat.com

Sebagian orang masih menganggap kucing dengan tiga warna rambut seperti ini merupakan kucing ras yang berdiri sendiri. Sebenarnya, kucing seperti ini bukan termasuk salah satu jenis ras kucing tertentu.

Buktinya banyak ras kucing yang bisa memiliki rambut tiga warna. Misalnya, kucing anggora, persia, bahkan kucing domestik.

Istilah kucing dengan tiga warna sebenarnya hanya menunjuk pada warna rambut kucing yang terdiri dari tiga warna. Biasanya warna rambut tersebut adalah kombinasi dari warna orange, hitam, dan putih.

8. Kucing dengan Tiga Warna Rambut Sering Dimakan Induknya

Kucing dengan Tiga Warna Rambut Sering Dimakan Induknya
Source: thediscerningcat.com

Banyak orang yang menganggap bahwa kucing jantan seperti ini sangat jarang ditemukan karena dimakan oleh induk betina atau induk jantan. Padahal hal tersebut hanya sebuah anggapan atau pendapat saja.

Kenyataannya kucing jantan yang memiliki tiga warna pada tubuhnya memang jarang terjadi sehingga keberadaannya jarang ditemukan. Ketika memang ada kucing jantan seperti ini, maka kebanyakan kucing tersebut akan mati sebelum dilahirkan atau bahkan mati sesaat setelah lahir.

9. Asal Mula Kucing Belang Tiga Warna

Asal Mula Kucing Belang Tiga Warna
Source: bubblypet.com

Bagaimana sejarah munculnya kucing dengan tiga warna rambut atau bulu? Sebenarnya belum ada sejarah atau asal mula yang pasti tentang dari mana atau bagaimana munculnya kucing dengan karakteristik seperti ini.

Namun, Neil Todd seorang peneliti menyatakan bahwa kucing seperti ini kemungkinan berasal dari perdagangan yang terjadi di sepanjang rute Eropa dan juga Afrika Utara. Kemungkinan terjadi karena adanya mutasi dari perkawinan antar satu ras kucing dengan ras kucing lainnya.

10. Sering Kali Dianggap Sama dengan Kucing Torti

Sering Kali Dianggap Sama dengan Kucing Torti
Source: rawznaturalpetfood.com

Kucing Torti merupakan jenis kucing yang memiliki warna rambut gabungan dari dua warna solid. Penampilan kucing dengan tiga warna belang memang cukup mirip dengan kucing Torti, tetapi keduanya merupakan kucing yang berbeda.

Perbedaannya tampak jelas bahwa kucing Torti tidak memiliki warna rambut putih, melainkan memiliki warna rambut dasar hitam. Sementara itu, kucing dengan tiga warna memiliki corak putih pada rambut di tubuhnya.

Harga Kucing dengan Warna Belang Tiga

Harga Kucing dengan Warna Belang Tiga
Source: bubblypet.com

Keunikan, fakta menarik, dan keberadaannya yang langka membuat harga kucing belang tiga jantan sangat tinggi. Memangnya berapa harga kucing seperti ini?

Di internet pernah ada yang menjual kucing seperti ini dengan harga fantastik! Kucing tiga warna dijual dengan harga $2.000 atau kurang lebih nilainya sama dengan 28 juta rupiah!

Kucing belang tiga yang memiliki jenis kelamin jantan dianggap memiliki keunikan istimewa, tetapi keberadaannya sangat sulit untuk ditemukan. Jika kucing jantan dengan ciri seperti ini ditemukan, maka harganya pun akan sangat tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar