Home » Seputar Kucing Anggora Asli Harga, Ciri, dan Cara Merawatnya

Seputar Kucing Anggora Asli Harga, Ciri, dan Cara Merawatnya

oleh tukang konten
Seputar Kucing Anggora Asli Harga, Ciri, dan Cara Merawatnya

Kucing anggora merupakan jenis kucing yang bulunya indah dan juga elegan. Pesonanya memang sangat memikat, karakteristiknya aktif, dan senang mencari perhatian pemiliknya. Ketahui bagaimana ciri kucing anggora asli agar tidak salah saat akan mengadopsinya.

Kucing anggora dianggap sangat menawan karena memiliki bulu yang teksturnya halus dan lapisannya tunggal. Bulunya juga merupakan jenis bulu yang mudah dirapikan apalagi jika sering disisir secara rutin. Tapi sifatnya yang sangat aktif memerlukan kesabaran lebih untuk pemiliknya.

Mengenal Kucing Anggora

Kucing Anggora
Source: katadata.co.id

Mengapa tampilan kucing anggora ini sangat elegan? Penyebabnya adalah rasnya yang alami dan berasal dari Negara Turki tepatnya di abad ke-15. Kucing ini biasanya memiliki warna yang dominan putih, dengan warna mata yang hijau atau biru, dan rambutnya panjang.

Kucing anggora mudah beradaptasi dengan lingkungan apa saja, kucing ini juga merupakan tipe hewan yang penuh perhatian dan penuh cinta. Anggora tak suka dibiarkan sendiri dan lebih suka ditemani. Mereka juga sangat enerjik dan jika sedang bosan akan menjatuhkan barang apa saja di sekitarnya.

Penampilan kucing ini juga halus, sangat lucu, menyayangi pemiliknya, dan senang bersahabat dengan hewan peliharaan lain atau anak-anak. Jika sudah dekat dengan hewan lainnya, maka akan menunjukkan siapa bosnya diantara mereka.

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

Salah satu keunggulan dari kucing anggora adalah warna matanya yang sangat memikat seperti misalnya warna emas, biru, kuning, hijau atau ganjil. Maksudnya ganjil yaitu kanan biru kiri hijau dan sejenisnya.

Supaya tidak tertukar dengan jenis kucing anggora lainnya, maka ketahui beberapa ciri dari kucing anggora asli berikut ini:

1. Bentuk Kepalanya Segitiga

Bentuk Kepalanya Segitiga
Source: 99.co

Wajah dari kucing anggora bentuknya mirip dengan bentuk segitiga, karena bagian atasnya lebih lebar lalu akan semakin mengerucut ke arah dagu. Terdapat lekukan juga di wajahnya karena hidungnya yang mancung.

Selain itu, corak mata kucing ini terlihat lebih tajam tapi sekaligus juga lebih sangar. Ukuran telinga lebih runcing dan terkadang terdapat bulu di bagian ujungnya.

2. Tubuh yang Panjang dan Langsing

Tubuh yang Panjang dan Langsing
Source: petpintar.com

Bentuk tubuh anggora lebih panjang dan lebih ramping. Kucing jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kucing betina.

Tapi yang paling tampak jelas adalah bagian ekornya karena selain panjang, juga dibalut oleh bulu yang lebih tebal bahkan lebih lebat lagi dari bagian tubuh yang lainnya.

3. Bulu Panjang

Bulu Panjang
Source: hewan.id

Lapisan bulu pada kucing anggora asli juga tunggal, beda dengan kucing persia yang memiliki lapisan bulu lebih tebal di bagian bawah sehingga memerlukan perawatan lebih. Bulu di bagian wajah anggora tidak tebal/panjang, bahkan lebih sedikit dari kucing lokal.

Selama cuaca dingin maka bulunya akan semakin tebal dan panjang khususnya di bagian dada, surai dan juga ekornya.

4. Mata Seperti Almond

Mata Seperti Almond
Source: ibnudin.net

Bentuk matanya juga mirip almond yang membuat anggora menjadi semakin menggemaskan. Tak hanya bentuknya saja, tapi secara umum warna matanya juga unik seperti kuning misalnya.

Untuk anggora berbulu putih biasanya warna matanya adalah biru, tapi ada juga anggora yang memiliki warna mata kanan biru dan kiri kuning. Namun, hal itu disebut-sebut sebagai kelainan genetik pada kucing anggora.

5. Hidungnya Mancung

Hidungnya Mancung
Source: hewanesia.com

Bentuk hidung anggora mancung seperti kucing lokal pada umumnya. Ditambah lagi dengan telinganya yang lebih memanjang dan lebih runcing.

Harga Kucing Anggora Asli

Ketahui juga berapa harga dari kucing anggora ini di pasaran. Biasanya harganya cukup beragam, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Range harganya yaitu antara Rp150.000 hingga Rp2 juta. Berikut ini daftar harga dari kucing anggora sesuai dengan umur dan jenisnya:

Jenis Kucing AnggoraHargaUsia
Kucing Anggora Campuran KampungRp350.000,-11 bulan
Kucing Anggora Kecil PutihRp400.000,-2,5 bulan
Kucing Anggora Kitten JantanRp500.000,-3 bulan
Kucing Anggora Peaknose TermurahRp1.500.000,-6 bulan
Kucing Anggora AnakanRp450.000,-3 bulan
Kucing Anggora Kecil dan PersiaRp2.500.000,-9 bulan
Kucing Anggora KecilRp700.000,-2 bulan
Kucing Anggora Murah 2016Rp600.000,-4 – 5 bulan
Kucing Anggora DewasaRp900.000,-9 bulan
Kucing Anggora Calico BetinaRp750.000,-6 bulan
Kucing Anggora Medium JantanRp650.000,-1 tahun
Kucing Anggora Grey BrownRp600.000,-7 bulan
Kucing Anggora Kecil Mix Himalaya Betina HitamRp300.000,-2,5 bulan
Kucing Anggora Mix DomeRp300.000,-4 bulan
Kucing Anggora SepasangRp900.000,-3,5 bulan
Kucing Anggora ShorthairRp550.000,-1,5 bulan
Kucing Anggora Kecil Odd EyeRp1.500.000,-2 bulan
Kucing Anggora Asli BetinaRp1.500.000,-1 tahun
Kucing Anggora Betina Ekor BugelRp400.000,-6 bulan
Kucing Anggora Kitten Mix DomesticRp150.000,-3 bulan
Kucing Anggora HibahRp500.000,-3 bulan

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora
Source: zetizen.radarcirebon.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kucing anggora adalah jenis kucing yang mudah bersosialisasi dan juga aktif. Jenis ini juga memiliki sifat yang penyayang sekaligus lembut tapi jika pemiliknya kurang memperhatikannya maka akan menjadi agak nakal.

Agar kucing anggora di rumah menjadi semakin lengket dengan pemiliknya, lakukan cara perawatan berikut ini:

1. Menyisir Bulunya

Cara perawatan yang pertama yang bisa dilakukan pada kucing anggora adalah dengan menyisir bulunya secara rutin. Pakai sikat logam yang giginya panjang untuk bulu kucing yang lebih panjang.

Ada banyak jenis sikat logam untuk menyisir bulu kucing anggora ini di pet shop.

2. Membersihkan Telinganya

Pastikan juga telinganya selalu dibersihkan beberapa minggu sekali agar semua kotorannya tidak menumpuk di telinga. Kucing memang terbiasa membersihkan telinganya sendiri tapi tidak semua kucing begitu.

Maka untuk mengetahui apakah telinganya sudah bersih atau belum bisa dicek langsung ke dalamnya, perlu dibersihkan atau tidak. Telinga kucing yang bersih tidak akan berbau dan warnanya menjadi agak merah muda.

Sedangkan untuk telinga yang kotor akan tampak lebih gelap karena dipenuhi dengan kotoran.

3. Memberinya Pakan Berkualitas

Pastikan juga kucing anggora ini tidak mengalami obesitas, caranya yaitu dengan memberinya jenis makanan kucing yang berbasis daging. Cek dulu bahan pembuatan makanannya saat membeli makanan kucing di pet shop.

Bahan dasar daging harus berada di 2-3 bahan paling atas dari seluruh komposisi yang ada. Jangan juga beri jenis makanan yang kandungan proteinnya kurang dari 40%.

4. Memotong Kukunya

Pangkas juga bagian kuku kucing setiap beberapa minggu/bulan sekali. Bisa dipotong sendiri di rumah atau jika sulit bisa juga membawanya ke dokter hewan untuk memangkas kukunya yang sudah panjang.

5. Menyikat Gigi Kucing

Jangan lupakan bagian giginya yang juga harus disikat secara rutin. Sikat giginya dengan rutin menggunakan sikat gigi khusus kucing yang berbulu lembut. Gunakan juga pasta gigi khusus kucing, jangan memberi pasta gigi manusia pada kucing karena beracun untuk kucing.

Dari harganya di atas, bisa diketahui bahwa kucing anggora asli bukan kucing yang murah. Pastikan juga sudah tahu apa saja ciri fisiknya dan bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar