Home » 7 Jenis Musang Jinak & Pintar, Cocok Untuk Peliharaan

7 Jenis Musang Jinak & Pintar, Cocok Untuk Peliharaan

oleh tukang konten
7 Jenis Musang Jinak & Pintar, Cocok Untuk Peliharaan

Bagi para petani dan peternak, musang seringkali dianggap sebagai hama karena merusak tanaman maupun memburu hewan ternak. Namun ternyata ada beberapa jenis musang yang memiliki kecantikan lebih sehingga banyak yang berminat memelihara mereka.

Walaupun termasuk hewan yang sukar dijinakkan, namun bukan berarti hewan yang satu ini tidak dapat dipelihara. Dengan perawatan yang benar, hewan satu ini juga dapat menjadi hewan yang lucu seperti kucing dan anjing yang lebih populer sebagai hewan peliharaan.

7 Jenis Musang yang Ramah Untuk Pemula

Musang sejatinya memang hewan liar dengan insting predator yang masih kentara. Walau demikian, ada jenis yang cukup aman untuk dijadikan sebagai hewan kesayangan.

1. Musang Pandan

Musang Pandan
Source: artikel.rumah123.com

Indonesia terkenal sebagai produsen kopi paling mahal dan enak di dunia, yaitu kopi luwak. Siapa sangka jika kopi yang harganya bisa mencapai jutaan tiap kilogramnya tersebut merupakan hasil dari pencernaan seekor musang.

Dialah Musang Pandan atau Musang Luwak yang berjasa melahirkan jenis kopi yang termasuk kopi paling nikmat tersebut. Karena hal itu pula, musang yang satu ini merupakan musang yang terpopuler dengan harga paling mahal.

Ada alasan dibalik penggunaan nama pandan sebagai nama hewan berbulu abu-abu kecoklatan di bagian punggung ini. Penamaan tersebut dilakukan karena kelenjar di bagian bawah ekor mereka mengeluarkan aroma seperti daun pandan.

Tidak semua musang mengeluarkan aroma seperti ini, melainkan hanya musang jantan. Selain berwarna abu-abu kecoklatan, ada pula musang pandan bulunya berwarna coklat kemerahan dan perpaduan lainnya.

Namun yang jelas, warna wajah, kaki dan ekor cenderung lebih gelap dibandingkan dengan warna badannya. Musang ini merupakan hewan omnivora yang bisa memakan buah-buahan, biji-bijian hingga serangga kecil. 

Musang pandan dijual berdasarkan jenis dan juga ukuran tubuhnya. Biasanya jenis musang di Indonesia ini dijual mulai harga 250ribuan. Namun, untuk musang dengan ekor putih, dijual dengan harga yang lebih mahal yaitu mulai 700ribuan.

2. Musang Rase

Musang Rase
Source: petpintar.com

Musang yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara ini juga merupakan contoh musang yang populer. Jika dibandingkan dengan musang pandan, musang rase memang lebih kecil. Bahkan jika dihitung bersama panjang ekornya, ukuran tubuh musang satu ini tidak lebih dari 1 meter.

Musang yang memiliki nama ilmiah Viverricula Malaccensis merupakan hewan pemakan daging. Maka tidak heran jika ada musang jenis ini di sekitar ternak ayam dan hewan sejenisnya, maka pemilik ternak akan cukup waspada.

Warna keseluruhan badan musang rase adalah kecoklatan. Setiap spesies musang rase juga memiliki corak bintik hitam di tubuh mereka. Untuk bagian ekor, terdapat warna belang abu-abu kecoklatan maupun hitam.

Warna putih selalu menjadi ciri khas dari ujung ekor musang rase. Hal ini juga yang membedakan musang satu ini dengan yang lain. Berbeda jenis terkadang juga berbeda corak bulu, contohnya adalah pada musang rase yang memiliki garis hitam di bagian punggung hingga ekor.

Harga musang rase hampir sama dengan musang pandan. Untuk ukuran terkecil, biasanya musang rase dihargai dengan 250 ribuan. 

3. Musang Bulan

Musang Bulan
Source: hot.liputan6

Sama seperti musang pandan, musang bulan juga merupakan musang penghasil kopi luwak, terutama di daerah Lampung. Sedangkan untuk persebarannya, jenis musang ini bisa ditemukan di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara.

Selain memakan buah kopi, musang dengan berat sekitar 4 atau 5 kilogram ini juga menyantap buah pepaya dan jenis buah-buahan lainnya. Ada dua motif musang bulan yang paling banyak diminati pecinta musang.

Motif pertama yang paling banyak digemari dan mudah ditemukan adalah musang dengan motif. hitam dengan ujung ekor yang memiliki corak putih. Sedangkan motif yang kedua adalah musang dengan bulu berwarna oranye dengan kombinasi warna coklat maupun hitam pekat.

Jika dibandingkan dengan musang pandan, musang bulan memiliki harga yang jauh lebih mahal. Untuk anakan musang bulan saja dibanderol dengan harga mulai dari 1, 3 jutaan. Padahal, panjang badan musang ini hanya berkisar antara 60 – 75 cm.

Musang bulan merupakan musang berekor panjang yang bisa mencapai 64 cm. Selain di Lampung,. musang yang satu ini juga bisa ditemukan di daerah Kalimantan, Jawa, dan Sumatera lainnya. 

4. Musang Akar

Musang Akar
Source: lifestyle.kompas.com

Ada banyak jenis jenis musang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun untuk daerah Kalimantan dan Jawa, musang akar merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Musang dengan nama ilmiah Arctogalidia Trivirgata ini memiliki berat tubuh minimal 1,5 kg dan maksimal 3 kg.

Untuk ukuran tubuhnya, musang yang juga dikenal dengan nama Small Toothed Palm Civet atau Three Striped Civet ini memiliki panjang sekitar 50 cm hingga 60 cm. Musang satu ini banyak digemari karena memiliki sifat yang lembut dan tidak agresif.

Pada bagian tubuh, kebanyakan musang akar memiliki warna coklat. Sedangkan untuk bagian kepala, ada dua jenis warna yang menonjol yaitu warna abu-abu dan ada pula yang berwarna coklat gelap.

Warna yang berbeda juga terdapat di bagian mulut. Pada bagian ini, biasanya warna yang menonjol adalah warna coklat. Sedangkan di bagian hidung hingga ke dahi, terdapat garis warna putih yang memanjang. 

Belum cukup di situ, ada pula variasi bulu lain yang terdapat pada bagian belakang tubuh mereka. Di bagian tubuh tersebut, terdapat tiga gradasi garis coklat. Untuk urusan harga, musang akar dibanderol mulai dari harga 500ribuan. 

5. Musang Lombok

Musang Lombok
Source: lifestyle.kompas.com

Satu lagi jenis luwak yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia, terkhusus Lombok, yaitu musang Lombok. Musang jenis ini tidak dapat ditemukan di wilayah lain selain di daerah Lombok. Hal itulah yang membuat jenis luwak satu ini berharga mahal.

Musang yang juga kerap disebut dengan nama musang rinjani ini dijual dengan harga mulai dari 900 ribuan. Namun ada pula yang menjualnya dengan harga 1,5 jutaan. Hal ini dikarenakan ukuran tubuh dan corak di badannya.

Musang lombok memiliki ciri bulu yang sangat khas. Jika dibandingkan dengan kebanyakan jenis luwak yang lebih banyak berwarna abu-abu, musang satu ini memiliki warna hitam pekat di seluruh bagian tubuhnya. 

6. Musang Biul

Musang Biul
Source: petpintar.com

Jika dibandingkan dengan jenis musang lainnya, musang biul merupakan musang dengan karakter dan wajah paling lucu. kelucuan ini terdapat pada bagian hidung yang memiliki warna coklat kemerahan. 

Hal ini membuatnya tampak seperti sedang flu. Selain itu, bagian kepala dari musang biul memiliki warna putih yang membuatnya tampak seperti topi kecil. Bukan hanya itu, ukuran tubuhnya pun lebih kecil dan lebih ramping jika dibandingkan dengan luwak lainnya. 

Itulah alasan musang yang banyak berkembang biak di daerah Jawa dan Bali ini terkesan imut dan lucu. Namun, walaupun memang selucu itu, tidak jarang orang menolak untuk memelihara hewan satu ini. 

Alasannya tentu tidak lain karena musang ini memiliki aroma tubuh yang tidak enak. Tentunya hal ini membuat enggan banyak orang yang ingin memelihara mereka. Solusi terbaik bagi mereka yang tetap ingin memelihara hewan satu ini adalah dengan memeliharanya di luar ruangan.

Selain itu, kandang musang biul juga harus kerap dibersihkan. Walau terbilang jarang terjual karena sepi peminat, namun harga jual musang biul masih termasuk mahal. Musang dengan ukuran kecil saja dijual mulai dari harga 300 ribuan.

7. Musang Bali

Musang Bali
Source: tvonenews.com

Musang terakhir yang juga merupakan musang paling mahal dan juga paling populer jatuh kepada musang bali. Musang khas dari pulau dewata ini memiliki warna bulu putih kusam di sekujur tubuhnya. 

Hal ini tentu membedakan musang bali dengan musang lain pada umumnya. Namun, ukuran tubuhnya tidak jauh berbeda dengan ukuran tubuh musang lainnya. Karena berwarna unik dan hanya bisa ditemukan di Bali, maka tidak heran jika musang bali berharga mahal.

Untuk musang dengan ukuran kecil, harga dibuka dari 500 ribuan. Namun untuk musang dengan ukuran yang lebih besar, harga bahkan bisa mencapai 1,5 jutaan untuk tiap ekornya. 

Musang memang bukan termasuk hewan yang dilindungi. Maka tidak heran jika ada banyak jenis musang yang dijual di e-commerce dengan harga bervariasi. Walau demikian, perawatan dan kesejahteraan musang harus senantiasa diperhatikan agar mereka selalu sehat dan lincah.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar