Home » 20 Jenis Ikan Discus, Ciri-Ciri, dan Kisaran Harganya

20 Jenis Ikan Discus, Ciri-Ciri, dan Kisaran Harganya

oleh tukang konten
20 Jenis Ikan Discus, Ciri-Ciri, dan Kisaran Harganya

Ikan discus termasuk salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati. Jenis ikan discus banyak dipelihara karena memiliki bentuk yang unik dan warna yang menarik. Namun, ikan yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Secara alami, ikan discus memiliki 3 spesies. Namun, seiring banyaknya perkembangbiakan ikan ini, jenisnya juga semakin bertambah dengan banyak corak dan warna. Lalu, apa saja jenis ikan hias ini? Simak penjelasannya berikut ini:

Jenis Ikan Discus dan Harganya

Habitat asli ikan discus yakni sungai Amazon di Brazil. Ikan air tawar ini secara alami memiliki 3 spesies, yakni ikan Heckel Discus (Symphysodon discus), ikan green discus (S. aequifasciatus), serta ikan blue discus dan brown discus (S. haraldi).

Sejak berhasil dibudidayakan dan menjadi ikan hias, banyak varietas ikan discus yang berkembang. Masing-masing varietas ini memiliki corak warna yang berbeda. Corak-corak warna inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik dari ikan ini.

Berikut ini disajikan 20 jenis ikan discus disertai harga untuk masing-masing jenisnya:

1. Jenis Ikan Heckel Discus

Heckel Discus
Source: youtube.com

Ikan discus yang pertama ini memiliki corak yang khas. Tubuhnya diselimuti dengan corak berupa garis vertikal, dimana beberapa garis tampak lebih tebal. Garis pertamanya berada didekat mata, lalu membentang disekujur tubuhnya.

Garis kelima yang tampak lebih tebal dan menonjol berada di sekitar tengah tubuhnya. Sedangkan, garis kesembilan yang juga tampak lebih tebal, berada di sekitar sirip ekor.

Sesuai namanya, jenis discus yang satu ini berwarna merah terang dengan warna kuning yang sedikit lebih pucat di bagian kepalanya. Jenis ikan ini kemudian berkembang menjadi banyak varietas dengan beragam corak dan warna dasar merah.

Untuk harganya, ikan ini memiliki harga jual yang bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Variasi harga tergantung ukuran ikan itu sendiri.

2. Jenis Ikan Checkerboard Discus

Checkerboard Discus
Source: pinhome.id

Nama yang diberikan pada ikan discus yang satu ini sesuai dengan namanya. Corak pada tubuhnya menyerupai papan catur dengan putih sebagai warna dasar tubuhnya. Tubuhnya juga diselimuti dengan warna lain, di antaranya kuning, merah, serta biru kehijauan.

Corak pada tubuhnya berupa garis dengan warna merah. Sedangkan, pada bagian kepalanya berwarna kuning. Matanya berwarna merah, serupa dengan warna corak tubuhnya. Selain itu, ada juga ditemukan yang memiliki warna biru kehijauan sebagai warna dasar tubuhnya.

Ikan discus yang cantik ini memiliki harga jual mulai dari Rp75 ribu hingga Rp200 ribu. Harga tersebut bisa dipengaruhi oleh ukuran ikan discus tersebut.

3. Jenis Ikan Marlboro Red Discus

Jenis Ikan Marlboro Red Discus
Source: pinhome.id

Jenis ikan discus yang satu ini memiliki warna merah darah yang cerah. Namun, ekornya diselimuti warna hitam. Tidak hanya satu jenis saja, ikan Marlboro red discus ini memiliki beberapa varietas.

Beberapa varietas yang dimiliki Marlboro red discus, di antaranya berwarna merah secara keseluruhan, tubuh merah dengan wajah putih atau kuning, serta bertubuh merah dengan corak garis biru pada bagian punggungnya.

Selain itu, jenis discus yang satu ini memiliki mata merah pekat, yang menjadi ciri khas lainnya. Marlboro red discus memiliki harga mulai dari Rp60 ribu sampai Rp180 ribu.

4. Jenis Ikan Leopard Snakeskin Discus

Jenis Ikan Leopard Snakeskin Discus
Source: tokopedia.com

Jenis ikan snakeskin discus mengarah pada corak pada tubuh ikan discus, di mana coraknya menyerupai sisik ular. Jenis leopard snakeskin discus merupakan perpaduan varietas ikan leopard discus yang memiliki corak bintik-bintik, dengan ikan snakeskin discus.

Ikan discus yang satu ini berwarna biru dan kuning sebagai warna dasar. Corak leopardnya terlihat pada tubuhnya yang diselimuti bintik merah. Sedangkan, corak snakeskin terletak pada garis vertikal yang ada di sekitar matanya.

Kepala ikan discus ini berwarna kuning, begitu juga dengan warna ekornya. Namun, pada bagian ekor warna kuningnya terlihat lebih transparan. Discus dengan warna cerah ini mulai ditawarkan dengan harga Rp150 ribu hingga Rp650 ribu.

5. Jenis Ikan Red Melon Discus

Red Melon Discus
Source: shopee.co.id

Red melon discus adalah jenis ikan discus selanjutnya yang memiliki warna merah sebagai warna dasarnya. Berbeda dengan ikan discus sebelumnya, red melon tidak memiliki corak apapun pada tubuhnya.

Warna merah yang menutupi tubuhnya, bukan merah terang yang mencolok melainkan warna jingga yang hampir mendekati merah. Pada beberapa bagian tubuhnya, seperti kepala, ekor, serta siripnya, memiliki warna yang lebih pucat, yakni putih kekuning-kuningan.

Ikan discus yang satu ini bisa dikategorikan sebagai discus dengan harga mahal. Hal ini disebabkan karena kisaran harga red melon yakni mulai dari Rp150 ribu hingga Rp2 juta.

6. Jenis Ikan Blue Red Cover Discus

Jenis Ikan Blue Red Cover Discus
Source: youtube.com

Ikan discus selanjutnya didominasi dengan warna merah sebagai warna dasarnya. Tubuhnya tidak memiliki banyak corak, hanya garis melintang yang berada di sirip juga kepala ikan ini. Garis tersebut berwarna biru yang tampak jelas.

Perpaduan dua warna tersebut tampak menyatu dengan baik sehingga membuat ikan ini semakin terlihat mengesankan. Untuk harganya, ikan blue red cover discus bisa mencapai Rp300 ribu.

7. Jenis Ikan Pearl Pigeon Discus

Pearl Pigeon Discus
Source: discus.com

Pearl pigeon discus memiliki warna putih sebagai warna dasarnya. Tubuhnya dipenuhi dengan corak berbintik putih yang berada diatas garis merah. Garis-garis tersebut menutupi tubuhnya dengan bentuk yang tidak beraturan.

Selain itu, bagian kepala ikan ini memiliki warna yang berbeda, yakni berwarna jingga. Tubuhnya lebih besar, jika dibandingkan dengan varietas serupa bernama red ribbon discus. Harganya dimulai dari Rp75 ribu hingga Rp200 ribu.

8. Jenis Ikan Green Discus

Jenis Ikan Green Discus
Source: pinterest.com

Green discus termasuk dalam tiga spesies utama dari ikan discus. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan ikan discus yang lain, yakni berbentuk pipih. Sesuai namanya, ikan ini berwarna hijau dengan sedikit kesan warna biru yang menutupi seluruh tubuhnya.

Tubuhnya juga memiliki corak berupa garis cokelat gelap yang menghiasi tubuhnya mulai dari kepala hingga sirip ekor. Harganya terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp40 ribu hingga Rp120 ribu.

9. Jenis Ikan Blue Diamond Discus

Jenis Ikan Blue Diamond Discus
Source: exoticastore.it

Ditawarkan dengan harga Rp50 ribu hingga Rp140 ribu, ikan discus yang satu ini memiliki warna menarik. Sesuai namanya, jenis ikan discus yang satu ini diselimuti dengan warna biru. Tidak banyak corak yang menghiasi tubuhnya.

Hanya saja, pada bagian sirip dan ekornya memiliki corak hitam. Ikan ini diberi nama diamond karena warna biru pada tubuhnya tampak menyala. Kesan warna yang menyala inilah yang menjadi daya tarik dari jenis discus satu ini.

Jika membahas sifat alaminya, ikan discus ini memiliki karakter yang tidak berbeda dengan ikan discus yang lain, yakni cukup tenang. Namun, ikan jenis ini tidak terlalu banyak makan serta membutuhkan perawatan khusus, maka dari itu sistem filtrasi pada aquariumnya harus benar-benar diperhatikan.

10. Jenis Ikan Cobalt Blue Discus

Jenis Ikan Cobalt Blue Discus
Source: lazada.co.id

Ikan discus ini juga memiliki warna biru, sebagai warna dasarnya. Kemudian, terdapat beberapa corak yang menghiasi tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekor. Pertama, coraknya berwarna hitam yang membentang secara vertikal di tubuhnya.

Kedua, ada corak berwarna jingga yang terdapat disekitar sirip. Terakhir, ada corak hitam pada bagian ekornya. Harga jenis discus ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan jenis discus yang lain, yakni berkisar Rp300 ribu.

11. Jenis Ikan Golden Yellow Diamond Discus

Jenis Ikan Golden Yellow Diamond Discus
Source: lazada.co.id

Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna kuning keemasan yang tampak menyala. Kesan yang terdapat pada warnanya membuat jenis discus satu ini cukup menarik dan tampak mewah. Lebih menariknya lagi, ikan ini tidak memiliki corak apapun di tubuhnya.

Matanya juga berwarna kuning serta sedikit warna putih pada bagian sekitar matanya. Warna tubuhnya juga sedikit menyala sehingga semakin tampak mewah dan elegan. Harganya berkisar Rp75 ribu sampai Rp350 ribu.

12. Jenis Ikan Albino Gold Discus

Jenis Ikan Albino Gold Discus
Source: pinterest.com

Dari namanya sudah bisa ditebak, warna ikan discus satu ini memiliki kesan warna emas. Tubuhnya ditutupi oleh warna jingga kekuningan, merah, dan warna putih yang tampak menyala.

Ikan ini cocok dijadikan hiasan dengan latar belakang gelap pada aquarium. Tidak ada corak yang menutupi tubuh ikan discus yang satu ini. Harganya yakni berkisar Rp250 ribu.

13. Jenis Ikan Asian Dream Discus

Jenis Ikan Asian Dream Discus
Source: aquapedia.id

Corak pada tubuh ikan discus yang satu ini cukup menarik, sebab terdiri lebih dari satu warna. Kuning, biru, serta merah adalah warna-warna yang menghiasi corak pada tubuh ikan ini. Coraknya tidak beraturan, bukan berupa garis vertikal yang sering terlihat pada jenis discus yang lain.

Jenis ikan discus ini memiliki corak seperti akar serabut. Coraknya memenuhi seluruh bagian tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekor. Harganya berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.

14. Jenis Ikan Green Mamba Discus

Jenis Ikan Green Mamba Discus
Source: pixabay.com

Ikan discus yang satu ini memiliki nama lain, yakni green diamond discus. Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna hijau terang yang tampak mengkilap seperti diamond. Tubuhnya tidak dipenuhi corak apapun.

Namun, pada bagian punggungnya terdapat campuran warna biru muda dan biru tua. Warna tersebut membentuk garis yang terlihat pada bagian punggungnya. Untuk harga ikan green mamba discus di pasaran dimulai dari harga Rp75 ribu hingga Rp550 ribu.

15. Fine Line Green Snakeskin Discus

Jenis Ikan Fine Line Green Snakeskin Discus
Source: discus.com

Ikan discus yang satu ini sering dianggap unik. Sebab, corak pada tubuhnya mulai terlihat dengan sempurna saat berusia 6 bulan. Corak dan perpaduan warnanya membuat ikan discus satu ini sangat unik dan menarik perhatian.

Warna dasarnya adalah hijau tosca terang, lalu coraknya menyerupai kulit ular, seperti snakeskin discus lainnya. Corak tersebut terlihat di sekitar sirip dan kepala. Kemudian, pada sekujur tubuhnya dipenuhi corak bintik. Ikan ini dihargai mulai Rp300 ribu hingga Rp750 ribu.

16. Brilliant Turquoise Discus

Jenis Ikan Brilliant Turquoise Discus
Source: seahorseaquariums.com

Selanjutnya, ada brilliant turquoise discus yang dianggap langkah. Warna dasarnya adalah krem terang, sedangkan sirip dan ekornya dipenuhi warna biru. Terdapat corak berupa garis vertikal yang memenuhi tubuh bagian tengahnya.

Selain warna, bentuk punggungnya yang lebih tinggi dibandingkan jenis discus lain, juga menjadi ciri khasnya. Tidak heran ikan discus satu ini banyak diminati. Sama seperti jenis sebelumnya, ikan discus ini dihargai mulai Rp300 ribu sampai Rp750 ribu.

17. Blue Scorpion Discus

Jenis Ikan Blue Scorpion Discus
Source: youtube.com

Jenis ikan discus berikutnya merupakan varietas dari ikan snakeskin. Terdapat corak seperti kulit ular di tubuhnya, tetapi tidak menutupi seluruh bagian tubuhnya, hanya sebagian saja. Coraknya berupa bintik-bintik yang terlihat jelas di atas warna dasarnya.

Biru terang adalah warna dasar tubuh ikan ini. Warnanya yang terang membuat ikan ini seakan bercahaya. Harganya berkisar Rp250 ribu.

18.  Jenis Ikan Albino Bulldog Checkerboard Discus

Albino Bulldog Checkerboard Discus
Source: triyramadhani.blogspot.com

Jenis discus selanjutnya akan membuat banyak orang penasaran dengan harganya yang tinggi. Sebab, satu ekor anakan yang berukuran 2,5 inci saja, sudah dihargai sebesar Rp12 juta.

Tingginya harga untuk jenis discus ini disebabkan karena, jenis ini merupakan jenis discus yang baru dikembangkan. Bisa jadi, jumlah dan proses perkembangbiakannya tidak mudah sehingga harga yang ditawarkan cukup tinggi.

19. Jenis Ikan Bulldog Blue Diamond Discus

Jenis Ikan Bulldog Blue Diamond Discus
Source: hewanee.com

Discus yang satu ini termasuk jenis ikan discus termahal. Sama seperti discus sebelumnya, harganya bisa mencapai Rp12 juta untuk ukuran 2,5 inci. Warna putih kekuningan yang memenuhi tubuhnya dengan corak kebiruan pada sirip dan ekor menjadi daya tarik ikan ini.

20.  Jenis Ikan Bulldog Leopard Snake Discus

Bulldog Leopard Snake Discus
Source: tokopedia.com

Terakhir, ada bulldog leopard snake discus yang dihargai sebesar Rp10 juta untuk ukuran 2,5 inchi. Keunikannya terletak pada warna dan corak tubuhnya. Biru kekuningan adalah warna dasar ikan ini, sedangkan coraknya berupa bintik merah muda dengan garis hitam vertikal di bagian kepala.

Perawatan Ikan Discus

Perawatan Ikan Discus
Source: panenlele.eu.org

Ikan discus termasuk ikan hias yang mahal, maka dari itu perawatannya harus ekstra. Jangan sampai salah dan menyebabkan ikan mati sia-sia. Beberapa tips untuk merawat ikan ini di antaranya:

  • Beri makan secara teratur, berupa potongan udang atau hati sapi untuk menjaga kekuatan tubuhnya dan warna alami tubuh ikan discus.
  • Pastikan suhu dan pH air sesuai dengan habitatnya, yakni bersuhu 290 C hingga 340 C, dengan pH 4 sampai 5.
  • Ukuran aquarium disesuaikan dengan pertumbuhan discus yang bisa mencapai kurang lebih 20 cm. Jadi ukuran yang tepat adalah 60x60x60 cm.
  • Karena ikan discus memiliki banyak warna, latar belakang aquarium bisa disesuaikan dengan warna discus yang dipelihara.

Jenis ikan discus memiliki ciri khas berupa bentuk tubuh pipih dan beragam warna yang menyelimuti tubuhnya. Jenisnya pun beragam dengan harga yang cukup tinggi. Meskipun terbilang mahal, tetapi ikan ini tetap menjadi primadona pecinta ikan hias. 

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar