Home » 22 Jenis Ikan Channa yang Ada di Dunia

22 Jenis Ikan Channa yang Ada di Dunia

oleh tukang konten
22 Jenis Ikan Channa yang Ada di Dunia

Ikan channa atau dikenal juga dengan nama Snakehead merupakan ikan air tawar yang memiliki ciri kepala yang menyerupai ular. Ikan ini terkenal sebagai predator karena memang makanannya merupakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil. Ada berbagai jenis ikan channa ini.

Ciri-ciri lebih jauh mengenai ikan ini yaitu memiliki tubuh bulat memanjang, sirip perut dan ekor memanjang, memiliki ekor bulat, mulut besar disertai gigi yang juga besar dan tajam. Ikan air tawar ini dapat dijumpai di rawa, danau, dan sungai.

Jenis Ikan Channa

Jenis Ikan Channa
Source: wikipedia.org

Ikan channa memiliki keunikan mampu berjalan di darat jika persediaan air mulai menipis. Hal tersebut dikarenakan ikan channa memiliki organ pernapasan yang berbentuk seperti labirin yang memungkinkannya untuk bernapas di luar air.

Persebaran ikan channa ternyata cukup luas dari Asia hingga Afrika. Di Asia sendiri terdapat jenis ikan ini terbanyak di dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis ikan channa yang ada:

1. Ikan Channa Borna

Ikan channa borna dikenal juga sebagai Borna Snakehead, dan memiliki nama latin Channa Amphibeus. Spesies ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam kecoklatan dengan beberapa garis merah dan berwarna perak di bagian bawah. Ikan ini sanggup tumbuh hingga 25 cm dan dapat dijumpai di Asia.

2. Ikan Channa Orange Tutul

Ikan dengan nama latin Channa Aurantimaculata ini memiliki warna dasar coklat disertai bintik-bintik hitam dan garis-garis berwarna kuning di tubuhnya. Spesies yang bisa dijumpai di Asia ini dapat tumbuh hingga 40 cm.

3. Ikan Channa Baram

Ikan channa baram atau Channa Baramensis ini merupakan ikan channa yang tersebar di Asia. Ciri-cirinya adalah berwarna coklat sawo. Ikan ini dapat tumbuh hingga 22 cm.

4. Ikan Channa Barca

Ikan channa dengan nama latin Channa Barca ini tersebar di Asia. Channa Barca ini memiliki ciri-ciri berwarna kuning pada bagian dasarnya dan dipenuhi dengan bercak hitam. Ikan ini dapat tumbuh besar hingga mencapai 90 cm.

Bila melihat jenis-jenis ikan channa dan harganya, channa Barca menjadi yang paling mahal. Ikan ini dibanderol dengan harga Rp25 hingga Rp50 jutaan.

5. Ikan Channa Blackfinned

Ikan channa Blackfinned atau Channa Melanoptera merupakan ikan yang persebarannya ada di beberapa daerah di Asia. Spesies ini memiliki tubuh berwarna coklat bergaris di tengah dan sirip yang disertai garis-garis putih.

6. Ikan Channa Great

Ikan channa great atau Channa Marulius ini memiliki warna perak yang dominan dengan sedikit warna kuning menghiasi badannya.

Selain itu, terdapat bulatan-bulatan berwarna hitam di bagian tengah. Ikan channa great dapat tumbuh begitu besar hingga mencapai 180 cm, sedangkan persebarannya ada di daerah Asia.

7. Ikan Channa Biasa

Jenis ikan channa asli Indonesia yang biasa disebut ikan kutuk ini memiliki sebutan Channa Striata. Memiliki warna hitam kecoklatan dengan bagian perut yang berwarna coklat cerah. Ikan yang tersebar di Asia ini dapat tumbuh hingga 100 cm.

8. Ikan Channa Negro

Ikan channa yang memiliki nama latin Parachanna Obscura ini bisa dijumpai di Afrika. Spesies ini dapat dikenal dengan warna hitam bergaris coklat dan titik-titik hitam di bagian perut. Ikan ini dapat tumbuh hingga 32 cm.

9. Ikan Channa Afrika

Ikan channa dengan nama latin Parachanna Africana ini tentu saja berasal dari Afrika. Channa Afrika memiliki ciri warna coklat kemerahan dengan gumpalan warna hitam di bagian tengah tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh hingga 50 cm.

10. Ikan Channa Pseudomarulius

Channa Pseudomarulius berasal dari Semenanjung India. Channa Pseudomarulius memiliki corak yang ada di bagian punggung serta mempunyai warna coklat, hitam dan totol-totol. Untuk harganya sendiri, channa Pseudomarulius dibanderol dengan harga Rp500 ribuan per ekornya.

11. Channa Argus

Ikan gabus utara atau Channa Argus mempunyai ciri khas bercak berwarna hitam di bagian tubuhnya. Channa Argus ini dapat tumbuh mencapai 1 meter. Channa Argus dianggap sebagai salah satu spesies ikan invasif dari Tiongkok, Korea Selatan, Utara, dan Rusia.

Untuk habitatnya sendiri, habitat dari Channa Argus ini berada di Sungai Armur sampai Pulau Hainan.

12. Channa Bankanensis

Bila mencari peliharaan Channa yang berukuran kecil, Channa Bankanensis bisa dijadikan sebagai pilihan. Channa Bankanensis ini memiliki ukuran 20 cm hingga 24 cm saja.

Selain itu, Channa Bankanensis mempunyai tubuh dengan warna coklat serta mempunyai bercak hitam. Channa Bankanensis bisa dengan mudah ditemukan di perairan Malaysia dan perairan Indonesia.

13. Channa Andrao

Bila mencari ikan channa yang lebih kecil lagi, Channa Andrao bisa dijadikan sebagai pilihan. Jenis ikan channa ini termasuk jenis kecil karena ukurannya hanya 11 cm. 

Selain itu, Channa Andrao memiliki warna tubuh yang begitu unik. Channa Andrao mempunyai tubuh berwarna abu-abu coklat serta sirip dengan warna biru.

14. Channa Asiatica

Berikutnya ada Channa Asiatica. Channa Asiatica sebenarnya juga sering disebut dengan green snakehead. Spesies ini mempunyai habitat di sungai Chang Jiang serta sungai Xun di Guangdong.

Channa Asiatica mempunyai corak dengan warna red spot atau white spot. Spesies ini bisa tumbuh hingga mencapai 35 cm. bila ingin memeliharanya, harus berhati-hati karena Channa Asiatica begitu agresif dengan spesies ikan yang lain.

Sehingga, ketika melakukan proses pemijahan ikan disarankan mengeluarkan ikan di dalam akuarium.

15. Channa Bleheri

Bila ikan yang sebelumnya begitu agresif, Channa Bleheri menjadi jenis lain yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Channa Bleheri memiliki tingkah laku yang sangat damai bila dibandingkan dengan jenis channa yang lain.

Channa Bleheri memiliki ukuran yang mungil. Ukuran Channa Bleheri hanya 17 hingga 23 cm saja. Channa Bleheri menjadi salah satu ikan favorit karena memiliki warna yang cantik serta seperti pelangi bersirip oranye.

16. Channa Diplogramma

Kebanyakan ikan gabus berasal dari India. Channa Diplogramma juga berasal dari India. Channa Diplogramma mempunyai warna yang begitu menawan. Selain itu Channa Diplogramma juga memiliki 2 garis horizontal.

Dari atas kepala sampai ekor, Channa Diplogramma memiliki bintik dengan warna hitam di bagian punggung sehingga membuatnya menjadi semakin unik. Bila dari segi ukuran, Channa Diplogramma dapat tumbuh mencapai 44 cm.

17. Channa Gachua

Sebenarnya, Channa Gachua menjadi salah satu ikan yang menjadi primadona. Hal ini disebabkan karena Channa Gachua memiliki ukuran hanya 25 cm saja.

Selain itu, Channa Gachua juga memiliki warna yang begitu cantik. Channa Gachua memiliki warna putih hitam dengan sirip biru dan oranye sangat cantic.

18. Channa Burmanica

Bila mencari ikan channa yang damai dan berukuran mungil, Channa Burmanica menjadi salah satu rekomendasinya. Jenis ikan channa ini berasal dari Myanmar.

Channa Burmanica memiliki sifat yang damai serta tidak terlalu agresif. Channa Burmanica sebenarnya juga bisa disatukan dengan jenis ikan lain di dalam akuarium. Hal unik lainnya adalah Channa Burmanica memiliki ukuran maksimal 8 cm saja.

19. Channa Pleurophthalma

Bila mencari ikan channa yang unik, Channa Pleurophthalma menjadi jawabannya. Channa Pleurophthalma mempunyai badan dengan motif bulat-bulat hitam layaknya kelereng dengan jumlah 3 sampai 5 buah.

Channa Pleurophthalma memiliki beberapa variasi warna yakni biru cerah, serta coklat gelap. Jika tertarik memelihara Channa Pleurophthalma, akuarium yang disediakan harus berukuran besar.

Hal ini disebabkan karena Channa Pleuropthalma sangat aktif berenang. Selain itu, ukuran Channa Pleuropthalma dapat mencapai 40 cm. Channa Pleurophthalma memiliki marking titik hitam di tubuhnya.

20. Channa Marulioides

Memiliki tampilan yang begitu sangar, jenis ikan channa ini mempunyai warna dasar putih dan sedikit kekuningan. Channa Marulioides juga memiliki pola haris vertical warna hitam dari bagian kepala sampai ekor.

Warna biru terang yang berada di bagian sirip Channa Marulioides juga menambah keunikannya. Ikan Channa Marulioides ini dapat tumbuh mencapai 56 cm dan sering dipelihara di dalam akuarium.

21. Channa Melasoma

Jenis ikan lainnya ada Channa Melasoma. Channa Melasoma sebenarnya merupakan ikan yang masuk dalam kategori agresif. Ikan Channa Melasoma ini berukuran 30 cm.

Channa Melasoma mempunyai ciri khas warna kuning cokelat di semua bagian tubuhnya. Bukan hanya itu, Channa Melasoma juga mempunyai motif list dengan warna putih sehingga membuatnya terlihat lembut. Padahal, Channa Melasoma memiliki sikap yang garang.

22. Channa Singon

Channa Singon mempunyai perbedaan yang begitu mencolok dengan jenis yang lainnya. Salah satu perbedaan yang dimiliki Channa Singon dengan jenis lainnya adalah bagian sirip punggung, serta ekor yang dimilikinya.

Bila channa lainnya mempunyai warna sirip yang konsisten, Channa Singon mempunyai sirip dengan warna terpisah-pisah.

Tips Merawat Ikan Channa

Meskipun channa merupakan salah satu jenis ikan gabus, tetapi perawatannya tentu berbeda. Berikut langkah untuk merawat ikan channa, antara lain:

1. Satu Akuarium untuk Satu Ekor Ikan

Satu Akuarium Untuk Satu Ekor Ikan
Source: photo.sindonews.com

Perlu diketahui beberapa spesies dari channa dapat memiliki ukuran tubuh mencapai 40 cm. Contohnya saja seperti channa micropeltes, ukuran channa jenis ini bahkan bisa mencapai 1 meter.

Oleh sebab itu, ketika memelihara channa, perhatikan pula ukuran akuariumnya. Channa dapat memangsa atau menyerang sesama penghuninya di akuarium sehingga sediakan satu akuarium khusus untuk seekor channa.

2. Lakukan Penataan Akuarium dengan Baik

Lakukan Penataan Akuarium Dengan Baik
Source: aquainfo.org

Channa sebenarnya bukan merupakan perenang aktif serta cenderung bergerak di permukaan agar bisa mengambil udara dengan lebih banyak serta melayang di tengah air.

Selain itu, sebagai predator channa sangat suka ada di dasar akuarium. Dengan kebiasaan ini, pastikan mendekorasi akuarium dengan vegetasi dalam air serta gua persembunyian.

Channa kadangkala melakukan gerakan impulsif dan cepat sehingga bisa membuat benda di akuarium menjadi berantakan. Kemudian, hindari memberikan hiasan seperti bebatuan, pasir dan kerikil halus.

Hiasan-hiasan ini justru akan menyumbat filter akun ketika channa melakukan gerakan spontan. Kemudian, berikan penutup akuarium karena channa merupakan pelompat ulung. Beri lampu agar corak tubuhnya berkilau dan terlihat menonjol.

3. Makanan Channa

Makanan Channa
Source: petpintar.com

Beralih ke segi makanan. Channa biasanya mengkonsumsi cacing dan jangkrik. Ikan channa sebenarnya termasuk omnivora atau pemakan segala sehingga dapat melatih mereka mengkonsumsi daging, udang kecil dan kerang.

Jenis ikan channa memang sangat beragam. Jika ingin memeliharanya, pastikan melakukan persiapan dengan baik sehingga ikan mahal yang dipelihara tidak mati dengan sia-sia. Pastinya ikan bisa hidup lebih baik dan bertahan lama.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar