Home » 12+ Jenis Burung Kutilang Populer yang Bersuara Merdu

12+ Jenis Burung Kutilang Populer yang Bersuara Merdu

oleh tukang konten
12+ Jenis Burung Kutilang Populer yang Bersuara Merdu

Apa saja jenis burung kicau? Salah satu jenis burung kicau dengan suara merdu adalah burung kutilang. Jenis burung kutilang pun sangat beragam dan dapat ditemui di berbagai tempat. Masing-masing burung kutilang juga memiliki karakteristik atau ciri khas berbeda-beda.

Memangnya, apa saja jenis burung kutilang suara merdu? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap tentang macam-macam burung kutilang beserta karakteristiknya masing-masing. Simak langsung informasi ragam burung kutilang di bawah ini!

Sekilas Tentang Burung Kutilang

Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung yang digemari banyak orang dan dijadikan burung peliharaan karena suara kicauannya yang merdu. Ukuran tubuh jenis burung yang satu ini relatif kecil dengan warna bulu yang beragam sesuai jenisnya.

Di mana habitat burung kutilang? Habitat asli burung kutilang berada di daerah dengan ketinggian hingga 1.600. Burung kutilang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan di daerah Tiongkok Selatan. Di Indonesia, jenis burung ini banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Di habitat aslinya, burung kutilang suka hidup berkelompok. Apa saja makanan burung kutilang? Jenis burung yang satu ini sangat suka makan buah-buahan, seperti pepaya, pisang, dan berbagai buah lainnya.

Selain makan buah-buahan, sesekali mereka juga memakan serangga, seperti belalang, kupu-kupu, ulat, dan serangga lainnya.

12+ Ragam Jenis Burung Kutilang Populer

Jenis burung yang memiliki suara atau kicauan merdu ini sangat beragam. Berikut ini beragam jenis burung kutilang yang harus diketahui, yaitu:

1. Jenis Burung Kutilang Jawa

Jenis Burung Kutilang Jawa
Source: hewany.com

Burung kutilang sangat sering ditemukan di Pulau Jawa. Salah satu jenis burung yang ada di daerah ini dikenal dengan nama Kutilang Jawa. Burung kutilang Jawa memiliki penampilan kecil dan bulu yang cukup cantik.

Bagian kepala, ekor, dan punggung berwarna abu-abu. Sementara itu, dada dan perut Kutilang Jawa memiliki warna bulu abu kecokelatan. Pipi jenis burung yang satu ini berwarna putih.

Kutilang Jawa termasuk jenis yang pendiam, tetapi mudah bersosialisasi dengan manusia. Burung ini bahkan dapat dilatih agar tidak takut dipegang oleh manusia sebagai pemiliknya. Kutilang Jawa memang lebih mudah dipelihara karena cepat beradaptasi dan mudah jinak.

Burung kutilang Jawa dapat bertahan hidup sekitar 10 tahun jika mendapat perawatan yang baik. Harga Kutilang Jawa kurang lebih sekitar Rp90.000 hingga Rp150.000.

2. Burung Kutilang Sutra

Burung Kutilang Sutra
Source: omkicau.com

Kutilang Sutra merupakan salah satu burung kutilang yang dijadikan sebagai burung masteran karena suara kicauannya yang merdu.

Ciri khas Kutilang Sutra memiliki bulu berwarna hijau yang cantik. Selain itu, terdapat juga bulu yang berwarna hitam mengkilap pada bagian kepalanya. Semakin mengkilap warna hitam pada bagian kepala, biasanya semakin tinggi pula harga jual Kutilang Sutra.

Kutilang Sutra suka hidup berkelompok. Di dalam satu kelompok terdapat burung yang bertugas sebagai pemimpin. Umumnya, burung pemimpin merupakan burung kutilang yang memiliki suara paling menonjol di antara burung lainnya.

Selain suka hidup berkelompok, Kutilang Sutra ternyata juga suka bertarung dengan burung lainnya ketika berada di alam liar. Jenis burung yang satu ini memang memiliki mental kuat.

Jika ingin memelihara burung kutilang Sutra, maka harus mempersiapkan uang yang cukup. Hal ini karena burung kutilang Sutra termasuk jenis burung yang dijual dengan harga cukup mahal.

Harga burung kutilang Sutra di pasaran kurang lebih Rp150.000 hingga Rp500.000. Beberapa burung kutilang Sutra dijual dengan harga yang lebih tinggi. Hal tersebut tergantung kualitas suara kicauan dan warna bulu hitam mengkilap pada bagian kepala Kutilang Sutra.

3. Burung Kutilang Zebra

Burung Kutilang Zebra
Source: pixabay.com

Selain burung kutilang Jawa dan Sutra, ada juga burung kutilang Zebra. Seperti namanya, jenis burung yang satu ini memiliki ciri khas utama bulu yang berwarna motif seperti zebra pada bagian leher hingga dada.

Corak tubuh Kutilang Zebra lebih terlihat mencolok untuk jenis kutilang jantan. Sementara Kutilang Zebra betina memiliki corak yang terlihat lebih samar. Namun, kutilang jantan maupun betina memiliki paruh yang sama-sama berwarna pirang kemerahan.

Ciri khas lainnya yang dimiliki Kutilang Zebra adalah suara kicauannya yang cukup bervariasi dengan banyak celotehan. Namun, pada umumnya kicauan Kutilang Zebra terdengar riang dan gembira.

burung kutilang Zebra dapat bertahan hidup selama 3 hingga 15 tahun. Jika tertarik memelihara Kutilang Zebra, maka bisa membelinya di pasaran dengan harga kurang lebih Rp200.000.

4. Jenis Burung Kutilang Emas

Jenis Burung Kutilang Emas
Source: youtube.com

Salah satu burung kutilang yang paling populer di kalangan pecinta burung adalah Kutilang Emas. Terdapat dua alasan burung ini menjadi sangat populer dan banyak digemari yaitu warna bulunya yang cantik dan suara kicauannya yang terdengar merdu.

Seperti namanya, Kutilang Emas memiliki bulu badan yang berwarna kuning keemasan dengan bagian atas berwarna hijau zaitun. Pada bagian kepaknya terdapat bulu yang berwarna hitam sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

Paruh dan kaki Kutilang Emas memiliki warna hitam. Kutilang yang satu ini juga memiliki jambul pada bagian atas, sehingga tampilannya lebih menawan.

Suara kicauannya yang khas dan indah menjadi salah satu faktor yang membuat Kutilang Emas seringkali dijadikan sebagai burung masteran.

Ciri khas Kutilang Emas adalah hidup bersama dalam satu kelompok yang terdiri lebih dari 3 ekor burung. Mereka suka menetap pada daerah dengan banyak pohon. Selain menetap secara bersama-sama, jenis burung yang satu ini juga sering terlihat terbang bersama dalam satu kelompok.

Berapa harga jenis burung kutilang yang satu ini? Rata-rata burung kutilang Emas dijual dengan harga sekitar Rp75.000 hingga Rp100.000. Namun, harganya bisa lebih tinggi jika Kutilang Emas memang memiliki kualitas kicauan merdu dan indah.

5. Burung Kutilang Lesser Goldfinch

Burung Kutilang Lesser Goldfinch
Source: pixabay.com

Burung kutilang apa yang paling kecil di dunia? Lesser Goldfinch merupakan burung kutilang yang memiliki ukuran tubuh paling kecil dibandingkan dengan Kutilang jenis lainnya.

Tubuhnya hanya berukuran 3.5 hingga 4.7 inch. Berat badannya juga sangat ringan yaitu sekitar 0.28 hingga 0.41 ons. Burung berukuran kecil ini berasal dari Amerika Utara.

Kutilang Lesser Goldfinch termasuk jenis burung kutilang termahal. Harga Kutilang Lesser Goldfinch mencapai Rp1.000.000 bahkan ada juga yang menjualnya dengan harga lebih mahal.

6. Burung Kutilang Trucukan

Burung Kutilang Trucukan
Source: jalaksuren.net

Kutilang Trucukan merupakan jenis burung yang mudah ditemukan di area pemukiman. Burung ini memiliki suara kicauan yang cukup baik, tetapi perlu lebih rutin dilatih agar suara kicauannya lebih bagus dan bervariasi.

Harganya di pasaran cukup terjangkau sehingga sangat cocok untuk pecinta burung pemula yang ingin memelihara burung kutilang.

7. Jenis Burung Kutilang Wilis

Jenis Burung Kutilang Wilis
Source: jalaksuren.net

Kutilang Wilis juga dikenal dengan nama Burung Cucak Rengganis, Cucak Wilis, dan Burung Cucak Gunung. Jenis burung yang satu ini dapat hidup di daerah dengan ketinggian 800 hingga 3000 mdpl dan termasuk jenis burung endemik.

Burung kutilang Wilis termasuk jenis burung yang populasinya mulai menurun. Hal ini karena habitat aslinya mulai rusak karena faktor tertentu. Tidak heran jika Kutilang Wilis merupakan salah satu jenis kutilang yang dilindungi agar populasinya tidak semakin berkurang.

Sebenarnya, minat masyarakat untuk memelihara Kutilang Wilis juga semakin berkurang sehingga upaya untuk membudidayakannya juga berkurang.

8. Burung Kutilang Gacor

Burung Kutilang Gacor
Source: hewanesia.com

Burung dengan suara kicauan merdu lainnya adalah burung kutilang Gacor. Gacor sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti berisik. Nama tersebut memang cocok dimiliki oleh jenis burung yang satu ini karena memang memiliki suara kicauan yang berisik, tetapi indah didengar.

Suara kicauannya yang indah membuat burung ini sering kali dijadikan sebagai burung jagoan dalam kontes-kontes kicauan suara burung. Pada umumnya, Kutilang Gacor dijual dengan harga kurang lebih Rp100.000.

9. Burung Kutilang Jambul

Burung Kutilang Jambul
Source: youtube.com

Jenis burung kutilang yang satu ini cukup mudah dikenali karena memiliki jambul berwarna hitam di atas kepalanya. Selain itu, Kutilang Jambul juga memiliki warna bulu merah pada bagian dekat tenggorokannya. Sementara itu, pada bagian dadanya memiliki bulu berwarna putih.

Corak warna bulu Kutilang Jambul yang menarik membuat jenis burung ini cukup diminati sebagai burung peliharaan. Kutilang Jambul yang disebut juga dengan Merbah Jambul memiliki panjang tubuh kurang lebih 20 cm.

Kutilang Jambul sebenarnya merupakan spesies yang berasal dari Thailand, tetapi dapat juga ditemukan di Pulau Sumatera Indonesia terutama pada sekitar hutan. Di Indonesia, Kutilang Jambul dapat dibeli dengan harga kurang lebih mulai dari Rp90.000 hingga Rp200.000.

10. Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah

Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah
Source: hewany.com

Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah merupakan salah satu jenis Kutilang yang paling unik. Keunikan yang dimilikinya terletak pada warna pipi burung. Warna burung kutilang pada bagian pipinya adalah merah dan berbentuk bulat.

Tidak hanya bagian pipi yang memiliki warna unik, badan burung kutilang ini juga memiliki warna kombinasi biru langit dan cokelat. Perpaduan warna bulu Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah ini membuat tampilannya begitu cantik.

Burung mungil yang juga bersuara merdu ini memiliki berat 35 ons dengan panjangnya hanya sekitar 5 inch. Habitat asli dari burung ini berasal dari Afrika Tengah dan Afrika Timur. Namun, kini Kutilang Cordon-Bleu Pipi Merah dapat ditemukan di berbagai wilayah karena sudah diperjualbelikan.

11. Kutilang Diamond Firetail

Kutilang Diamond Firetail
Source: property145.com

Kutilang Diamond Firetail merupakan burung yang berasal dari Australia bagian Tenggara. Kutilang tersebut biasanya dapat ditemukan dengan mudah di padang rumput maupun hutan. Jenis burung yang satu ini pun hidup secara berkelompok.

Para pecinta burung kutilang menyukai jenis Diamond Firetail karen suara kicauannya yang merdu. Selain itu, tampilan Kutilang Diamond Firetail juga sangat cantik. Pada bagian ekornya berwarna merah tua terang. Warna ekor inilah yang menjadi ciri khas Kutilang Diamond Firetail.

Selain memiliki warna bulu ekor yang cantik, burung ini juga memiliki pola atau corak putih bulat pada bagian samping di kedua sisi tubuhnya.

Keunikan yang dimiliki Kutilang Diamond Firetail membuat jenis burung ini termasuk Kutilang dengan harga cukup tinggi. Kutilang Diamond Firetail biasa diperjualbelikan dengan harga mulai dari Rp750.000 hingga Rp2.000.000. Ada juga Kutilang Firetail berkualitas yang dijual dengan harga lebih tinggi.

12. Burung Kutilang Gouldian

Burung Kutilang Gouldian
Source: hmnwiki.com

Burung kutilang apa yang memiliki warna bulu paling cantik? Kutilang Gouldian merupakan burung kutilang yang dikenal karena kecantikan warna bulu yang ada pada tubuhnya. Jenis burung yang satu ini memang memiliki bulu yang berwarna-warni, sehingga terlihat mempesona.

Keindahan kombinasi warna bulu Kutilang Gouldian bahkan membuat jenis burung ini disebut dengan istilah Kutilang Lukisan. Keindahan bulunya memang sangat cocok untuk dipandangi karena menciptakan kepuasan tersendiri bagi pecinta burung indah.

Tidak heran jika banyak pecinta burung yang memilih Kutilang Gouldian sebagai burung peliharaan. Kutilang Gouldian sebenarnya berasal dari Australia, tetapi kini dapat ditemukan di berbagai daerah lainnya.

Ukuran tubuh Kutilang Gouldian dari paruh hingga ekornya ketika dewasa kurang lebih 5 hingga 6 inch.

Pecinta burung kutilang dapat memelihara jenis burung kutilang ini di dalam sangkar dan mengisinya dengan beberapa ekor burung. Namun, pastikan sangkar burung memang memiliki ruang yang cukup karena Kutilang Gouldian suka terbang.

Jika dirawat dengan baik, maka Kutilang Gouldian dapat hidup lebih lama kurang lebih sekitar 6 hingga 8 tahun. Harga burung kutilang yang banyak digemari ini dapat dibeli dengan harga kurang lebih sekitar Rp170.000 hingga Rp500.000.

13. Burung Kutilang Kapur

Burung Kutilang Kapur
Source: petpintar.com

Kutilang Kapur merupakan burung kutilang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Tubuhnya yang besar membuat suara kicauan Kutilang Kapur terdengar lebih kuat dan lantang.

Burung kutilang Kapur biasanya dijual dengan harga sekitar Rp140.000 atau lebih tergantung kualitas suara kicauan yang dimilikinya.

14. Burung Kutilang Biasa

Burung Kutilang Biasa
Source: bahashewan.id

Kutilang yang satu ini merupakan jenis burung yang paling mudah ditemukan di lingkungan sekitar maupun diperjualbelikan di pasar. Kutilang biasa banyak dipelihara masyarakat Indonesia karena suara kicauannya cukup merdu.

Ciri khas jenis burung yang satu ini adalah memiliki bulu berwarna cokelat kelabu di bagian atas. Sementara itu, tubuh bagian bawahnya lebih didominasi oleh bulu berwarna putih keabu-abuan. Bagian kepala kutilang biasa memiliki warna bulu hitam.

Berapa harga kutilang biasa di pasaran? Burung kutilang biasa jantan yang memiliki suara biasa atau belum terlalu merdu biasanya dijual dengan harga kurang lebih Rp50.000. Sementara itu, kutilang biasa jantan yang memiliki kicauan cukup baik dan merdu biasanya dijual dengan harga Rp100.000.

Burung kutilang biasa betina juga biasanya diperjualbelikan di pasar. Harganya tergantung tingkat kesuburan yang dimiliki kutilang biasa.

Cara Merawat Berbagai Jenis burung kutilang

Cara Merawat Berbagai Jenis Burung Kutilang
Source: hewanpeliharaan.org

Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung yang paling sering dijadikan sebagai burung peliharaan. Hal tersebut karena kutilang memiliki suara kicauan yang indah, cocok untuk hiburan di rumah maupun diikutsertakan dalam perlombaan.

Beberapa jenis kutilang memiliki bulu yang indah sehingga dapat dipandangi sambil bersantai. Para pecinta burung kutilang pastinya harus melakukan perawatan yang tepat agar burung merasa nyaman dan tidak stres.

Jangan menyamakan perawatan satu jenis burung dengan burung lainnya. Pasalnya, beberapa jenis burung memiliki cara perawatan yang berbeda. Berikut ini cara perawatan berbagai jenis burung kutilang dengan tepat, yaitu:

1. Memberikan Sangkar Burung yang Cukup Luas dan Terawat

Burung kutilang yang dijadikan sebagai burung peliharaan harus ditempatkan pada sangkar yang cukup luas. Tujuannya agar burung tetap dapat bergerak dengan bebas. Sebaiknya dalam satu kandang diisi lebih dari satu burung kutilang karena di habitat aslinya mereka suka hidup berkelompok.

Selain luas, pastikan juga sangkar burung selalu dalam keadaan bersih dengan membersihkannya setiap hari. Sangkar yang jarang dibersihkan akan terlihat kotor dan bisa menjadi sarang penyakit bagi burung kutilang.

2. Memandikan dan Menjemur Burung Secara Rutin

Bukan hanya kebersihan sangkar yang harus diperhatikan, tetapi kebersihan dari burung kutilang peliharaan juga harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya, burung kutilang rutin dimandikan setiap pagi dengan air bersih.

Setelah memandikannya, jangan lupa untuk menjemur burung kutilang di bawah sinar matahari pagi yang hangat. Burung kutilang yang dijemur pagi hari akan lebih sehat karena sinar matahari dapat membantu penyerapan vitamin D di dalam tubuh burung.

3. Memberikan Makanan dan Minuman Secara Teratur

Sama seperti makhluk hidup lainnya, burung kutilang juga harus dirawat dengan baik. Salah satu cara merawat burung kutilang yang tepat adalah memberinya makanan bergizi secara rutin. Burung kutilang dapat diberi makanan berupa buah-buahan segar dengan tekstur yang lembut.

Selain itu, sesekali burung kutilang dapat diberi makan berupa serangga berukuran kecil. Makanan yang diberikan pada burung kutilang juga dapat ditambahkan dengan vitamin khusus.

Selain itu, pastikan juga wadah minum di dalam sangkar kutilang selalu terisi air bersih. Minum untuk burung kutilang dapat berupa air mineral biasa maupun air mineral yang sudah ditambah vitamin khusus untuk burung.

4. Jangan Lupa Melatih Suara Kicauan Burung

Burung kutilang memang jenis burung yang suka berkicau. Jika ingin kicauan burung semakin indah, maka sebaiknya burung dilatih dengan tepat. Salah satu caranya adalah mengikutsertakan burung dalam berbagai kompetisi atau perlombaan kicauan burung.

Burung kutilang juga bisa dilatih dengan menggunakan suara pancingan yang diputar melalui smartphone atau perangkat lainnya. Perlahan burung kutilang akan mulai terpancing dan mengikuti suara kicauan pancingan tersebut.

Latihan kicauan burung kutilang sebaiknya dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari. Tujuannya agar burung kutilang peliharaan terbiasa berkicau dan akhirnya memiliki suara kicauan yang merdu.

Jenis burung kutilang sangat beragam dengan karakteristik dan ciri khas tertentu, seperti suara, warna bulu, dan lain sebagainya. Apa pun burung kutilang yang dipelihara, sebaiknya pastikan untuk selalu melatih, menjaga kebersihan, dan memberikan makanan bergizi agar kicauannya semakin merdu.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar