Home » Jamur Pada Kucing? Ini Cara Mengobati & Sebabnya!

Jamur Pada Kucing? Ini Cara Mengobati & Sebabnya!

oleh tukang konten
Penyebab Jamur pada Kucing, Cara Menghilangkan, dan Cara Mengobati

Untuk menghilangkan jamur pada kucing, bisa dengan menggunakan obat kimia atau bahan alami. Untuk diagnosis yang tepat sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter hewan. Jika sudah jelas jamur, maka tugas selanjutnya adalah menghilangkannya.

Penyakit jamur yang menerpa kucing biasanya akan membuat gatal yang berlebih. Penyebab utama jamur ini biasanya adalah infeksi jamur yang menghirup dan menelan melalui kulit kucing itu sendiri. Jamur kucing menjadi organisme parasit yang akhirnya menghasilkan spora.

Penyebab Jamur pada Kucing

Penyebab Jamur pada Kucing
Source: hewanesia.com

Sebelum mengatasi dan menghilangkan jamur pada kucing, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu apa saja hal yang menyebabkan munculnya jamur tersebut. Penyebab paling mendasar dari munculnya jamur ini biasanya adalah karena penularan dari kucing lainnya.

Penularan bisa terjadi pada saat kucing tersebut melakukan kontak fisik dengan kucing yang lainnya yang sudah terlebih dulu terinfeksi. Penyebab lainnya yang mungkin terjadi munculnya jamur kucing adalah faktor lingkungan.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari munculnya fungi ini bisa dengan melihat tempat kucing tersebut beristirahat dan tempat si kucing bermain.

Sebaiknya kebersihan kedua tempat tersebut lebih diperhatikan lagi karena jika kotor di sana, maka bisa tumbuh jamur yang menyerang kucing. Bahkan tempat ia beristirahat dan bermain bisa menjadi sarangnya bakteri dan juga virus, jika kebersihannya tidak dijaga.

Akhirnya akan muncul beragam jenis jamur yang mengganggu kesehatan kucing seperti misalnya Scabies dan juga Ringworm. Faktor lainnya penyebab kucing yang berjamur adalah kucing yang tak pernah di grooming.

Walaupun kucing adalah hewan yang bersih karena bisa mandi sendiri, tetapi sebaiknya mandikan kucing minimal sebulan sekali. Apalagi untuk kucing yang memiliki bulu tebal, harus lebih sering dimandikan karena bisa menjadi sarang jamur.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kini langkah selanjutnya adalah dengan menghilangkan jamur itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam hal menghilangkan jamur kucing, yaitu dengan cara berikut:

1. Mengkarantina Kucing

Mengkarantina Kucing
Source: petpintar.com

Jika di rumah ada lebih dari satu kucing dan salah satunya ada yang terkena jamur, maka kucing yang belum kena harus segera dikarantina. Jamur kucing ini bisa ditularkan pada kucing lainnya bahkan bisa juga pada manusia.

Maka, sediakan saja kandang kucing dengan ukuran medium lalu pilih kandang yang transparan dan ukurannya cukup luas. Supaya di masa penyembuhan kucing-kucing itu juga tidak akan mudah stres.

Bersihkan kandang-kandang kucing ini dengan rutin dan semua peralatan pup atau makan/minumnya. Khususnya di masa-masa karantina tersebut agar kucing lain tidak ikut tertular.

2. Menggunakan Bedak Anti Jamur

Menggunakan Bedak Anti Jamur
Source: cartpk.com

Cara lainnya dalam menghilangkan jamur pada kucing adalah dengan menggunakan bedak anti jamur khusus kucing. Obat ini banyak dijual di toko-toko makanan hewan atau di dokter hewan.

Caranya juga mudah, taburkan bedak di area tubuh kucing yang terkena jamur maka jamur tidak akan merambah ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, pasang juga tabung kepala pada kucing supaya ia tidak menjilat tubuhnya yang sudah ditaburi bedak.

3. Beri Antibiotik

Beri Antibiotik
Source: ovrs.com

Memberi obat antibiotik pada kucing yang terkena jamur memang tidak akan membasmi jamur sepenuhnya. Tapi obat antibiotik ini bisa menjadi obat pelindung untuk kucing tersebut.

Hal ini juga akan membantu menghentikan pertumbuhan jamur di bagian tubuh yang lainnya. Kucing yang diberi obat antibiotik juga nantinya akan tahan jamur dibanding kucing lain yang tak diberi antibiotik.

4. Mencukur Bulunya

Mencukur Bulunya
Source: thehappycatsite.com

Cara berikutnya dalam menghilangkan jamur di tubuh kucing adalah dengan mencukur bulunya. Biasanya jamur yang tumbuh pada tubuh kucing dimulai dari lapisan yang paling luar yang dalam hal ini adalah bulunya.

Maka sebelum memandikannya dan memberinya sampo sebaiknya cukur terlebih dulu bulunya. Sehingga sampo anti jamur akan langsung membasmi jamur yang memenuhi tubuh kucing.

Bulu kucing yang terlalu banyak/tebal juga bisa menghambat proses kesembuhannya. Ruam yang diakibatkan oleh jamur itu juga akan bertambah banyak dan dalam keadaan basah jika bulunya tidak dicukur.

5. Gunakan Sampo Ketoconazole dan Anti Jamur

Gunakan Sampo Ketoconazole dan Anti Jamur jamur pada kucing
Source: sehatq.com

Memandikan kucing dengan menggunakan sampo Ketoconazole juga menjadi cara paling ampuh dalam mengobati atau menghilangkan jamur yang menyerang tubuh kucing. Kandungan Ketoconazole dalam sampo akan memberantas jamur sampai ke akar-akarnya.

Sebaiknya mandikan kucing lebih sering saat ia sedang terkena jamur, minimal dua kali dalam seminggu.

6. Menggunakan Belerang

Menggunakan Belerang jamur pada kucing
Source: wikipedia.org

Penggunaan belerang juga bisa menjadi salah satu cara mengobati jamur pada kucing dengan mudah. Cara ini merupakan cara yang alami tapi cukup ampuh. Coba gunakan belerang sekitar 0,5-5%.

Cara penggunaannya adalah sama dengan saat kucing dimandikan dengan sampo. Mandikan kucing dengan belerang ini setiap 2 kali seminggu. Tapi sayangnya, penggunaan belerang ini bisa menimbulkan efek samping.

Efek sampingnya yaitu nafsu makan kucing akan menurun secara perlahan. Jika nafsu makannya berkurang sebaiknya lakukan spoon feeding agar ia mau makan kembali.

7. Obat Cair Anti Jamur

Obat Cair Anti Jamur
Source: merkbagus.id

Selain belerang, bisa juga gunakan obat cair anti jamur yang juga cukup ampuh dalam menghilangkan jamur dari tubuh kucing. Biasanya untuk obat anti jamur cair ini pemakaiannya adalah dengan menyemprotkannya ke tubuh kucing yang terkena jamur.

Selain memberantas jamur obat cair ini juga akan memberantas kutu pada kucing.

8. Memerhatikan Reaksi Kucing

Memerhatikan Reaksi Kucing jamur pada kucing
Source: rd.com

Pada masa-masa pengobatannya, reaksi kucing tentu tidak akan sama. Bagi kucing yang memang karakternya aktif maka mereka akan malas bermain baik dengan kucing lain atau keluarga di rumah dan juga menjadi lebih murung.

Tanda ini menjadi mudah dilihat oleh pemilik kucing, karena awalnya kucing tersebut memang aktif. Dengan begitu, ketika si kucing mulai aktif kembali dapat dipastikan obatnya sudah bekerja dengan baik.

Namun, lain halnya dengan kucing yang karakternya pendiam. Reaksi obat pada kucing ini hanya bisa dilihat pada mulut dan gusi kucing yang sudah tidak pucat. Kupingnya menjadi lebih hangat dan berat badannya terlihat naik.

9. Membawanya ke Dokter

Membawanya ke Dokter
Source: catcare.com

Jika semua cara di atas masih tidak mempan, maka langkah terakhir adalah membawa kucing ke dokter hewan.

Mengatasi, mengobati, dan menghilangkan jamur pada kucing memang tidak mudah, tapi cobalah satu per satu cara di atas sebelum membawanya ke dokter hewan sebagai langkah terakhir. Dengan membawa ke dokter, pastinya penanganan akan sesuai. 

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar