Home » Top 10 Ikan Paus Terbesar di Dunia

Top 10 Ikan Paus Terbesar di Dunia

oleh tukang konten
Top 10 Ikan Paus Terbesar di Dunia

Satu-satunya mamalia terbesar yang ada di darat dan laut dan masih hidup hingga saat ini adalah ikan paus. Sudah menjadi rahasia umum, ikan paus seringkali dianggap menjadi hewan terbesar. Namun tahukah, ternyata ada banyak jenis ikan paus terbesar di dunia yang perlu diketahui.

Paus banyak ditemukan di lautan samudra yang ada di bumi. Tak hanya di samudra, paus juga dapat ditemukan di perairan Indonesia. Ikan paus dapat ditemukan di 3 perairan di Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Bali.

 

Mengenal Ikan Paus

Mengenal Ikan Paus
Source: newatlas.com

Meski habitat paus di air, pada dasarnya paus bukanlah ikan, paus termasuk dalam kategori hewan mamalia. Namun masyarakat mengenal paus sebagai ikan dengan bobot tubuh besar. Beberapa hal yang perlu diketahui dari kehidupan paus adalah sebagai berikut:

1. Bobot Tubuh

Salah satu jenis paus berukuran besar yang akan banyak diulas adalah paus biru. Paus biru bisa mencapai bobot 130 ton dengan panjang bisa mencapai 35 meter. Variasi bobot paus mulai dari 1 ton hingga ratusan ton. Bobot terbesar dimiliki paus biru.

2. Organ Pernapasan

Seperti halnya hewan mamalia yang lain, paus bernapas menggunakan paru-paru. Hewan mamalia laut memiliki paru-paru yang lebih besar dari manusia dan harus membawa darah oksigen yang lebih banyak dari manusia.

Cara bernapas paus adalah dengan menahan nafas selama 60 sampai 130 menit dalam sekali penyelaman kemudian naik ke permukaan laut untuk menghirup oksigen dan bernapas kemudian menyelam kembali.

Saat menyelam, oksigen akan dialirkan kepada organ-organ tubuh yang penting seperti otak, otot dan jantung baru kemudian oksigen akan dialirkan ke organ tubuh yang lain.

Dalam sebuah sumber disebutkan seekor paus dalam hidupnya dapat menyerap 33 ton karbondioksida yang terakumulasi dalam tubuh paus. Kemampuan menyerap karbondioksida paus lebih baik sebatang pohon.

3. Cara Berkembangbiak

Sebagai hewan mamalia, paus betina berkembangbiak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Sebelum melakukan perkawinan, paus jantan akan mengeluarkan suara berirama seperti lagu untuk menarik paus betina.

Paus betina yang tertarik dengan paus jantan akan melakukan perkawinan dan mengandung anaknya selama 9 sampai 15 bulan. Kemudian setelah melahirkan, paus betina akan menyusui anaknya dengan kelenjar susu selama 1 tahun.

Sampai usia 6 bulan, selama berenang bayi paus akan mengikuti induk betina. Bayi paus yang baru saja dilahirkan dapat mencapai bobot tubuh seberat 2 ton dengan panjang tubuh hingga mencapai 7 meter.

Umumnya, paus betina akan melakukan perkawinan lebih dari 1 paus jantan dalan musim perkawinan. Musim perkawinan dimulai dari akhir musim gugur sampai periode akhir musim dingin.

4. Hewan Berdarah Panas

Paus termasuk ke dalam kategori hewan berdarah panas. Kelompok hewan berdarah panas adalah hewan yang memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh. Suhu tubuh dalam hewan berdarah panas cenderung stabil.

Paus berenang dan mencerna makanan yang ada di perutnya untuk menghasilkan panas. Keuntungan berdarah panas yang dimiliki paus adalah untuk dapat bermigrasi, berenang berpindah tempat dan mampu hidup di perairan banyak tempat dari kutub hingga tropis.

5. Hewan Migrasi

Puncak migrasi paus terjadi pada bulan Februari hingga Maret. Paus melakukan migrasi secara berkelompok dan melewati jalur migrasi yang sama. Jenis paus yang bermigrasi melewati perairan Indonesia adalah paus jenis paus pilot.

Kemampuan paus dalam mengingat jalur migrasi disebut biomagnititi. Tujuan migrasi paus adalah untuk bertahan hidup, berkembang biak dan mencari makan di daerah lain.

Biasanya paus akan melakukan migrasi saat masuk musim dingin untuk mencari perairan yang lebih hangat. Paus dengan jarak migrasi terjauh yaitu 22.6. 500 kilometer dipegang oleh paus abu.

6. Makanan Paus

Umumnya paus memakan hewan laut seperti ikan, cumi-cumi, zooplankton dan hewan laut lainnya.

Aktivitas makanan paus menguntungkan ekosistem laut. Aktivitas makan paus mendorong paus menghasilkan banyak nutrisi yang akan menghasilkan banyak plankton yang menguntungkan ekosistem bawah laut.

Top 10 Ikan Paus yang Terbesar di Dunia

Setelah mengenal paus, ketahui 10 ikan paus dengan bobot tubuh besar yang masuk dalam kategori paus terbesar di dunia. Berikut 10 daftar paus dengan bobot tubuh besar di dunia:

1. Paus Biru

Paus Biru ikan paus terbesar di dunia
Source: en.wikipedia.org

Urutan pertama paus dengan bobot tubuh terbesar di dunia ditempati oleh paus biru. Menyandang predikat hewan terbesar di dunia yang juga melebihi dinosaurus, habitat paus biru tersebar di seluruh perairan bumi kecuali perairan arktik.

Berat tubuh paus biru dapat mencapai 130 hingga 200 ton dan panjang tubuh lebih dari 30 meter. Paus biru termasuk kedalam kategori hewan yang terancam punah. Bayi paus biru saat lahir bobot tubuhnya mencapai 4 ton dengan panjang tubuh mencapai 8 meter.

Paus biru bermigrasi ke perairan tropis dan hangat saat musim kawin dan beranak. Saat musim mencari makan, mereka bermigrasi ke perairan yang lebih dingin.

2. Paus Sirip atau Fin Whale

Paus Sirip atau Fin Whale
Source: adrianabasques.com

Sebagai kerabat dekat paus biru yang tergabung dalam genus Balaenoptera, paus sirip sebagai ikan paus terbesar di dunia nomor 2 memiliki bobot tubuh yang dapat mencapai berat 80 ton dan panjang hingga 26 meter.

Ciri dari paus sirip ini adalah adanya sirip kecil yang mencuat di bagian belakang tubuhnya, selain dikenal sebagai paus sirip, paus ini juga dikenal sebagai paus punggung pisau.

Struktur tulang pada mulut paus yang berbentuk seperti sisir dan digunakan untuk menyaring makanannya membuat hewan raksasa pemakan hewan kecil ini tidak berbahaya bagi manusia. Hampir 2 ton makanan yang masuk ke dalam mulut paus ini setiap hari.

Habitat paus sirip ada di perairan dengan kedalaman minimal 200 meter. Meski paus melakukan migrasi setiap tahun dengan daya jelajah yang luas, paus sirip jarang ditemukan ada di perairan Indonesia.

Sempat masuk dalam kategori hewan mamalia laut yang terancam punah kini populasi paus sirip sudah mulai membaik. Usia paus sirip dapat mencapai usia panjang yaitu maksimal 150 tahun. Ancaman terbesar untuk paus sirip adalah paus orca atau paus pembunuh.

3. Paus Sei

Paus Sei
Source: antartica.gov.au

Paus yang masuk dalam kategori mamalia terancam punah ini menyukai perairan lepas pantai dan cenderung menghindari perairan dengan suhu dingin dan tropis.

4. Paus Sperma

Paus Sperma
Source: thoughtco.com

Menempati urutan keempat ikan paus terbesar di dunia, penyebab paus yang mendapat julukan paus sperma adalah karena terdapat organ spermaceti berwarna putih susu yang terdapat di bagian kepala yang awalnya dikira sebagai sperma.

Paus berkepala besar dan berbentuk kotak ini termasuk ke dalam kelompok paus bergigi besar. Pada paus sperma jantan, ukuran panjang kepala bisa mencapai sepertiga panjang badan.

Paus sperma dapat ditemukan di Indonesia di perairan Nusa Tenggara Timur tepatnya di Pulau Lembata. Paus sperma banyak diburu manusia karena organ spermaceti yang ada pada kepala paus tersebut.

Manusia menggunakan spermaceti sebagai bahan pembuat lilin, salep, parfum dan sebagainya dalam dunia kecantikan.

5. Paus Southern Right Whale

Paus Southern Right Whale
Source: australian.museum

Urutan paus terbesar kelima yang ada di dunia adalah paus sikat atau paus right whale. Paus sikat yang juga masuk dalam kategori hewan yang terancam punah, diperkirakan jumlah paus sikat yang ada di muka bumi sekitar 400 ekor paus.

Paus sikat memiliki panjang tubuh mencapai 18 meter dan bobot tubuh hingga 100 ton. Disebut paus sikat karena struktur tulang pada paus ini berderet seperti sikat.

6. Paus Gray atau Paus Kelabu (Paus Abu)

Paus Gray atau Paus Kelabu (Paus Abu) ikan paus terbesar di dunia
Source: nationalgeographic.com

Paus dengan jarak migrasi terjauh dinobatkan sebagai Raja Migrasi Mamalia Laut. populasi paus abu dibagi menjadi paus abu timur dan paus abu barat. Paus abu timur bermigrasi untuk mencari makan di daerah Alaska dan Rusia kemudian berkembang biak di sekitar perairan California.

Sempat dianggap telah punah, kemampuan migrasi menjelajah perairan bumi yang sangat jauh dan sempat tidak terlihat membuat peneliti menghapus paus abu dari daftar mamalia yang telah punah.

7. Paus Orca

Paus Orca
Source: livescience.com

Paus terbesar selanjutnya adalah paus pembunuh atau dikenal sebagai paus orca. Meski disebut sebagai paus pembunuh, paus ini tidak menyerang manusia. Paus orca disebut sebagai pembunuh paus yang lain.

Paus dengan panjang mencapai hampir 10 meter dan berat hampir 10 ton ini disebut-sebut sebagai predator puncak dalam rantai makanan ekosistem laut.

8. Paus Putih atau Paus Beluga

Paus Putih atau Paus Beluga ikan paus terbesar di dunia
Source: worldwildlife.org

Paus yang hidup di perairan antartika ini merupakan jenis paus yang ramah, cerdas dan lucu terhadap manusia. Memiliki bulatan di dahi yang merupakan organ berlemak untuk mengidentifikasi objek membuat paus beluga dijuluki sebagai paus kepala melon.

Julukan lain selain paus kepala melon dari paus beluga adalah kenari laut. Hal ini disebabkan paus beluga memiliki 11 suara yang berbeda. Masuk ke dalam kerabat paus bertanduk, paus unik ini juga mampu berenang secara terbalik.

9. Paus Bungkuk

Paus Bungkuk
Source: liputan6.com

Urutan paus terbesar selanjutnya adalah paus bungkuk. Meski dinamakan paus bungkuk, pada dasarnya tubuh paus ini tidaklah bungkuk. Penamaan bungkuk adalah karena adanya sirip kecil yang tumbuh di punggung paus yang menyerupai punuk sehingga dinamakan paus bungkuk.

Ciri lain dari paus bungkuk adalah paus yang memiliki sirip terpanjang diantara paus yang lain dan tidak memiliki gigi.

Keunikan dari paus bungkuk adalah karakter paus yang suka beratraksi melompat ke permukaan laut dan termasuk dalam kategori paus yang suka bernyanyi.

10. Paus Kepala Busur

Paus Kepala Busur ikan paus terbesar di dunia
Source: wwf.ca

Paus dengan ukuran besar yang hidup di perairan kutub utara ini hidup secara berkelompok. Memiliki kepala yang besar menyerupai busur dan lebar dimanfaatkan paus kepala busur untuk memecahkan es di kutub dengan ketebalan es hampir mencapai 18 cm.

Tidak seperti paus yang berenang di perairan hangat, paus kepala busur tidak memiliki sirip di punggungnya. Keuntungan tanpa sirip punggung adalah untuk mencegah hilangnya panas tubuh serta memudahkan paus kepala busur untuk berenang di bawah lapisan es.

Paus kepala busur juga memiliki lapisan lemak yang lebih tebal dibandingkan mamalia lainnya. Manfaat dari tebalnya lapisan lemak pada paus kepala busur adalah untuk mengatur suhu tubuh agar paus kepala busur tetap merasa hangat sekalipun hidup di perairan yang sangat dingin.

Paus sebagai ikan terbesar di dunia memiliki karakteristik habitat yang berbeda-beda sesuai bentuk tubuh masing-masing paus. Sebagai mamalia terbesar, paus tidak berbahaya dan tidak menyerang manusia. Keberadaan paus yang semakin langka dapat berdampak buruk bagi ekosistem laut.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar