Home » 10 Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia

10 Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia

oleh tukang konten
10 Rekor Ikan Lele Terbesar di Dunia

Ikan lele besar merupakan jenis ikan yang berbadan besar, namun tentunya berbeda dengan ikan lele yang sering dijadikan bibit ikan lele, tidak dipungkiri lagi bahwa ikan lele akan termasuk dalam ikan yang dijual dipasaran yang memiliki banyak peminat. Tak heran jika banyak yang ternak ikan lele sampai sekarang.

Disebut lele dalam bahasa Inggris, ini adalah jenis ikan air tawar yang dikenal dengan tubuhnya yang licin dan kepalanya yang berkumis. Ada beberapa ikan lele terbesar di dunia sangat umum dan dikatakan dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya. Apa sajakah ikan lele terbesar di dunia tersebut?

10 Ikan Lele Terbesar di Dunia

1. Brachyplatystoma Filamentosum

Brachyplatystoma Filamentosum
Source: amazonwaters.org

Lele besar spesies ini mendiami negara-negara Amerika Selatan, salah satunya mendiami cekungan Amazon dan Orinoco. Hal ini karena secara alami mendiami air tawar dan air payau. Bahkan, Pariba menjadi ikan lele terbesar di dunia di sungai amazon.

Banyak orang menggunakan ikan jenis ini sebagai ikan hias dan sering dipelihara sebagai hiasan akuarium ketika masih muda. Saat dewasa, ia tumbuh hingga 3,6 meter dan beratnya sekitar 200 kg.

Jadi jika Anda memasukkannya ke dalam akuarium, Anda dapat menggunakannya dalam kisaran tertentu untuk memastikan keamanan. Apalagi mengingat ukurannya yang bisa mencapai 200 kg.

Ikan lele besar yang dulunya memiliki panjang sekitar 2 meter dan berat 155 kg ini merupakan tangkapan terbesar pada tahun 2009, namun kini pertama kali ditangkap pada tahun 2009 oleh seorang Brazil bernama Jorgemasullo de Agial, khususnya di Sungai Rio Solimoens.

2. Lele Ekor Merah

Lele Ekor Merah
Source: youtube.com

Lele terbesar berikutnya yang disebut Redtail Catfish memiliki ekor berwarna merah dan termasuk dalam jenis lele Pimelodidae atau berkumis panjang. Sekarang dia dikenal sebagai Camaro, terutama di Venezuela, dan di Brasil sendiri disebut Pilarara.

Lonjakan ini biasa terjadi di toko-toko ikan hias. Sering dijumpai di perdagangan ikan hias, jenis ini ternyata merupakan ikan predator yang sangat menakutkan bahkan bisa menjadi akuarium bersama ikan predator lainnya, menjadikannya ikan yang sangat rakus dengan berat hingga 80kg.

Pada tahun 2010, Gileberto Fernandes menangkap ikan lele besar ini, panjangnya sekitar 1,4 meter dan beratnya sekitar 56 kg, dan ternyata memiliki punggung kuning-cokelat, sisi dan sirip kuning, dan ekor oranye-merah.

3. Wels Catfish

Wels Catfish
Source: ftw.usatoday.com

Lele besar yang disebut Wels Catfish ini berasal dari benua Eropa (benua tengah, selatan, timur) dan biasanya mendiami danau-danau besar dengan air hangat dan juga di sungai-sungai yang berarus lambat, yang sangat umum dijumpai pada spesies ini. mulut besar.

Pada tahun 2015, di Po Delta atau lebih tepatnya di Italia, ikan lele berukuran besar dengan  panjang sekitar 2,67 meter dan berat 127 kg ini ditemukan dan dibuktikan.

Saat ini, lele juga diperkirakan mencapai panjang sekitar 5 meter. Dan berat maksimum lebih dari 300kg, yang sangat sulit ditemukan hari ini.

Lele ini merupakan ikan air tawar yang dapat dikenali dari kepalanya yang lebar, rata, dan mulutnya yang lebar. Musang lele dapat hidup setidaknya selama 50 tahun. Mulut lele memiliki banyak gigi kecil, dua barbel panjang di rahang atas dan empat barbel pendek di rahang bawah.

Ia memiliki sirip dubur panjang yang memanjang hingga sirip ekor dan sirip punggung kecil tajam yang relatif anterior.

Lele, seperti banyak lele lainnya, dicirikan oleh tapetum yang memberi mereka kepekaan di malam hari, tetapi ikan ini sangat bergantung pada pendengaran dan penciuman saat berburu mangsa yang paling aktif

4. Mekong Giant Catfish

Mekong Giant Catfish ikan lele terbesar di dunia
Source: nationalgeographic.com

Ikan lele mengko yang satu ini merupakan jenis ikan lele terbesar di dunia pada tahun 2005. Tentu saja, itu ditemukan di Sungai Mencius, terdaftar di Guinness World Records, dan terdaftar sebagai ikan air tawar terbesar, tetapi itu tidak salah.

Jika tumbuh sangat cepat, bahkan dalam 6 tahun, ia akan tumbuh dengan berat 150-200 kg. Ikan lele besar ini juga berhasil ditangkap dengan panjang sekitar 2,7 meter dan berat 293 kg

Dan tangkapan pertama dari spesies ini di utara, terutama Thailand, dan sekarang ikan itu juga betina, belum pernah sebelumnya, yang lain ditangkap dalam ukuran yang lebih besar.

5. Lele Biru

Lele Biru ikan lele terbesar di dunia
Source: travel.tempo.co

Lele biru adalah spesies lele terbesar yang ditemukan di Amerika Utara. Ikan ini tumbuh hingga  165 cm (rata-rata sekitar 64 cm hingga 117 cm) dan beratnya 68 kg.

Habitat utama ikan lele biru berada di Missouri, Ohio, Tennessee, Arkansas, Rio Grande, dan drainase Sungai Mississippi di sepanjang Teluk hingga Belize dan Guatemala. Rekor ikan lele biru terbesar ditangkap pada tahun 2011 oleh seorang pria bernama Richard Nicholas Anderson di Carlake, Virginia.

Lele biru besar ini memiliki berat 65 kilogram dan panjang 1,45 meter. Anderson kala itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menangkap ikan lele biru raksasa.

Selain itu, seorang pria di Amerika Serikat juga berhasil menangkap ikan lele raksasa seberat 59,4 kilogram di Sungai Mississippi dekat Natchez.

Seorang nelayan bernama Eugene Clonley harus berjuang selama 40 menit sebelum menangkap ikan lele raksasa yang disebut ikan seumur hidup.

6. Goonch Catfish

Goonch Catfish
Source: nytimes.com

Goonch Catfish adalah name ikan lele raksasa yang ditemukan di Negara Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera dan juga Kalimantan, nah banyak masyarakat yang menyebutnya seperti lele iblis raksasa atau Giant Devil Catfish Ini ditemukan di sungai-sungai besar di Anak Benua India.

Yaitu sungai dengan arus cepat, terutama di kolam yang lebih dalam dekat arus cepat, tetapi tidak pernah di sungai kecil. Biasanya, ikan ini bisa ditemukan di sungai gangga.

Sebelumnya, ikan ini dipercaya masyarakat luas di seluruh dunia memiliki dua populasi lainnya Asia Tenggara (satu populasi di cekungan Mekong-Chao Phraya dan yang lainnya dari Xe Bang Fai dari Laos selatan ke Indonesia).

Panjang pada tubuhnya bisa mencapai 2 meter dengan berat hingga 90 kg, yang pernah tercatat pada acara Warrior Fish dari National Geographic, yaitu pemilik rekor salah satu jenis ikan lele besar ini yang pernah ditangkap dengan bobot 75 kg dan panjang sekitar 1.57 meter.

7. Vundu Catfish

Vundu Catfish ikan lele terbesar di dunia
Source: youtube.com

Lele Vundu adalah spesies lele besar yang tersebar luas tidak hanya di Sungai Nil, tetapi juga di sungai dan habitat air tawar lainnya di Afrika sub-Sahara. Flycatcher adalah ikan air tawar sejati terbesar di Afrika bagian selatan, berukuran panjang hingga 1,5 m dan berat 55 kg.

Ikan lele ini juga ditemukan di Afrika selatan dan mencapai ukuran yang lebih besar, tetapi ditemukan di air tawar dan air asin. Beberapa lele lainnya memiliki sirip punggung kedua yang besar (sirip gemuk) atau dumbbell panjang seperti Vundu.

Bentuk barbel di tubuh lele ini hampir mencapai pangkal sirip perut. Warna Heterobranchus longifilis berkisar dari coklat muda sampai coklat tua di bagian belakang dan coklat muda sampai coklat muda di tengah. Perutnya putih. Sirip biasanya berwarna coklat muda.

Lele ini adalah ikan lele nokturnal yang memakan makanan yang tersedia seperti invertebrata dan serangga ketika mereka kecil, dan ikan dan vertebrata kecil lainnya ketika mereka besar.

Saking besarnya, lele ini bisa memakan hewan dari tepi sungai. Selain itu, lele ini dapat hidup lebih dari 12 tahun. Ikan lele jenggot bisa bertahan lama di air. Makanan lele ini berpengaruh pada aspek kehidupan, pertumbuhan mereka, efisiensi nutrisi, dan komposisi mineral tubuh

8. Lele Lumpur (Flathead Catfish)

Lele Lumpur (Flathead Catfish)
Source: jsonline.com

Flathead catfish (juga dikenal dengan beberapa nama umum, termasuk mudcat dan scoophead catfish) adalah spesies besar ikan lele air tawar Amerika Utara dalam keluarga Ictalurids. Ini adalah satu-satunya spesies lele saluran.

Ini secara luas diperkenalkan di Meksiko dari hilir Great Lakes ke utara, dan merupakan spesies invasif di beberapa daerah. Kerabat terdekat dari Flat Head Catfish adalah kucing buta putih yang jauh lebih kecil.

Lele kepala pipih memiliki panjang 155 cm dan berat 56 kg. Ini menjadikannya ikan lele terbesar kedua di Amerika Utara setelah ikan lele biru. Usia maksimal yang tercatat adalah 24 tahun.

Pada tanggal 14 Mei 1998, seekor ikan lele kepala datar yang memecahkan rekor dunia ditangkap di Elk City Reservoir, Kansas.

Namun, menurut catatan 1982 yang ditangkap dengan cara lain, lele flathead adalah spesies lele terpanjang di Amerika Utara, dengan spesimen yang diambil dari Sungai Arkansas berukuran 175 cm dan berat 63,45 kg.

9. Jau Catfish

Jau Catfish ikan lele terbesar di dunia
Source: amazonwaters.org

Jau Catfish atau Zungaro merupakan salah satu ikan lele yang ditemukan di Amerika Selatan. Ikan ini juga dikenal sebagai Mangleyu atau Black Mangleyu. Mereka dewasa secara seksual dari berat 10 kg.

Ikan ini tumbuh secara alami di daerah aliran sungai Orinoco dan Amazon. Di Amazon, ikan ini ditemukan di hulu dasar utama, anak sungai besar dengan dasar berlumpur. Panjang total ikan ini mencapai 140 cm, ukuran spesimen 130 cm, dan berat 50 kg.

Ikan ini terutama piscivora, berburu di malam hari dan terkadang menyerang daerah yang rawan banjir sungai. Beberapa migrasi telah dilaporkan untuk melacak migrasi Triportheus dan Anodus. Taman kanak-kanak terletak di muara sungai.

10. Lele Raksasa Mekong

Lele Raksasa Mekong
Source: reddit.com

Lele raksasa Mekong adalah Juara Kelas Berat Air Tawar Dunia resmi dan dijuluki sebagai ikan lele yang terbesar di dunia.

Menurut Guinness Book of Records, ikan lele raksasa Mekong sepanjang 2,6 meter yang ditangkap di Thailand utara pada tahun 2005 memiliki berat 293 kg yang mencengangkan, menjadikannya ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap.

Meskipun ukurannya sangat besar, ikan lele raksasa hidup di perairan berlumpur di sungai asal mereka, tempat asal Sungai Mekong di Asia Tenggara, yang populasinya telah menurun secara signifikan sehingga spesiesnya terancam punah.

Lele raksasa Mekong adalah salah satu ikan yang tumbuh paling cepat di dunia. Pertumbuhannya bisa mencapai 200 kg hanya dalam waktu 6 tahun. Mereka bisa hidup hingga 60 tahun.

Lele raksasa Mekong bergerak dan membutuhkan sungai yang panjang dan kondisi lingkungan yang sangat khusus untuk pemijahan musiman dan perjalanan berkembang biak.

Demikian informasi singkat tentang berbagai jenis ikan lele terbesar di dunia berdasarkan bobotnya yang begitu dahsyat sehingga ikan lele di atas mungkin bisa memakan manusia.

Saat ini lele ini bisa melebihi ukuran tubuh manusia, hewan iini tidak bisa sembarangan dikembangbiakkan. Jika masih ingin memeliharanya, sangat disarankan untuk memilih salah satu jenis ikan lele hias saja.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar