Home » 7 Hewan Terseram di Dunia, Penampilannya Seperti Alien!

7 Hewan Terseram di Dunia, Penampilannya Seperti Alien!

oleh tukang konten
7 Hewan Terseram di Dunia, Penampilannya Seperti Alien!

Di antara sekian banyak hewan yang lucu dan menggemaskan, ternyata ada kumpulan hewan terseram di dunia. Seram bukan hanya bicara masalah penampilan. Ada beberapa hewan yang terlihat lucu namun ternyata sangat mematikan.

Hewan seperti ini umumnya hidup di alam liar. Dengan melihat ciiri-ciri mereka, maka predator akan enggan mendekat. Walau demikian, tampilan seram mereka jugalah yang membuat mereka tampak sangat unik.

Daftar 7 Hewan Terseram di Dunia yang Wajib Diketahui

Kehidupan fauna di seluruh dunia memang sangat unik. Di antara hewan-hewan tersebut, terselip beberapa hewan aneh dan menyeramkan. 

1. Japanese Spider Crab

Japanese Spider Crab
Source: youtube.com

Hewan invertebrata yang memiliki nama ilmiah Macrocheira kaempferi ini merupakan jenis serangga yang sangat besar. Bahkan kepiting laba-laba dewasa bisa memiliki bobot hingga 21 kg. Bahkan dari semua krustasea, kepiting  laba-laba ini merupakan yang terbesar di dunia.

Kesan seram terlihat dari beberapa bagian tubuhnya yang bergerigi, selain itu juga karena tubuhnya yang besar dengan kaki yang panjang. Walau demikian, sebenarnya kepiting laba-laba ini merupakan hewan yang lembut.

Wilayah sisi Pasifik Jepang dan juga Taiwan merupakan daerah berkembangnya kepiting laba-laba. Hewan ini sangat mudah dikenali dari bintik oranye dan putih yang ada di seluruh badannya. Namun jika dibalik, di bagian perut mereka berwarna krem.

Beda kepiting jantan dan betina terletak pada perut dan kaki mereka. Kepiting jantan berukuran lebih besar dengan kaki yang lebih panjang. Sedangkan kepiting betina berukuran lebih kecil namun dengan perut yang lebih lebar guna menahan telur.

2. Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish
Source: dailyadvent.com

Nominasi hewan terseram di dunia selanjutnya jatuh kepada ikan asal Afrika yaitu Goliath Tigerfish. Salah satu ikan predator ini memiliki mulut yang lebar dengan gigi-gigi yang tajam. Sekali menggigit mangsa, mereka akan susah melepaskannya.

Walaupun menyeramkan, tetapi ikan yang memiliki nama ilmiah  Hydrocynus goliath ini menjadi primadona di kalangan para kolektor ikan predator. Bukan hanya karena sisiknya yang mengkilap, ukuran ikan ini juga sangat menawan sehingga bisa dijual dengan harga mahal. 

Ikan ini hampir mirip dengan ikan payara, tetapi gigi ikan goliath lebih berderet rapi dan tidak menjulang. Walaupun dikenal sebagai predator, tapi ikan ini sangat sensitif dan kagetan. Mereka juga termasuk perenang yang aktif terlebih saat memangsa ikan-ikan kecil. 

3. Lion’s Mane Jellyfish

Lion’s Mane Jellyfish
Source: americanoceans.org

Di lautan memang hidup banyak binatang tak terduga. Salah satu hewan terseram di dunia juga ada di lautan, yaitu Ubur-ubur surai singa. Hewan dari kelas Scyphozoa ini memiliki ukuran beragam mulai dari yang terkecil 2 cm hingga yang terbesar adalah 40 cm. 

Menjadi salah satu binatang yang mengisi lautan luas, ubur-ubur merupakan sejenis hewan tak bertulang belakang dari kelas 

Umumnya ubur-ubur berukuran 2 hingga 40 cm, namun ubur-ubur yang lebih besar bisa mencapai 1-2 m, misalnya spesies terbesarnya yaitu ubur-ubur surai singa.

Hewan ini dinamakan dengan ubur-ubur surai singa karena ribuan tentakelnya yang menyerupai surai singa. Organisme terbesar ini dapat ditemukan di Australia dan Selandia Baru serta perairan artik. Tentakel mereka dilengkapi dengan senjata pertahanan diri yang disebut nematocysts.

Salah satu kemampuan unik dari ubur-ubur satu ini adalah kemampuannya untuk mengeluarkan cahaya sendiri atau yang disebut dengan bioluminescent. Kemampuan ini membantu mereka melihat saat berada di air yang dalam dan gelap. 

4. Tarantula Hawk

Tarantula Hawk
Source: gosanangelo.com

Meskipun dinamakan tarantula, namun sebenarnya Tarantula Hawk masuk ke dalam spesies lebah. Walaupun panjangnya tidak ada 3 cm tetapi hewan ini memiliki sengatan yang sangat beracun dan berbahaya.

Namun, mereka hanya menyerang jika merasa terganggu saja. Saat seseorang tersengat tarantula hawk, awalnya mereka akan mengalami kesemutan hingga akhirnya pingsan. makanan utama dari hewan ini adalah tarantula.

Jadi tentu bisa dibayangkan betapa kuat racun dari sengatan lebah ini. Lebah satu ini berbeda dengan lebah pada umumnya, sebab mereka tidak hidup dalam koloni. Mereka lebih suka berburu sendirian. 

Lebah tarantula dapat ditemukan di hampir seluruh dunia, namun kebanyakan mereka hidup di wilayah India dan Asia Tenggara. beberapa jenis lainnya juga ditemukan di Afrika, Australia hingga Amerika. 

5. Kalajengking Emperor

Kalajengking Emperor
Source: klikdokter.com

Hewan dari keluarga Scorpionida ini banyak ditemukan di hutan hujan Afrika. Hewan ini merupakan jenis kalajengking terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang tubuh 20 centimeter. Walaupun terlihat seram, namun sebenarnya kalajengking satu ini tidak agresif dan jarang menyerang.

Warna dominan kalajengking emperor adalah hitam dan mampu hidup hingga 8 tahun saat ditangkarkan. Hewan ini juga merupakan hewan peliharaan yang banyak diperjualbelikan di e-commerce dengan harga cukup mahal.

Racun dari sengatan kalajengking ini juga cukup ringan, bahkan tidak lebih berbahaya dari sengatan lebah. pada bagian capit dan ekor, terdapat bulu yang merupakan sensor untuk bisa mendeteksi mangsanya. 

6. Asian Giant Hornet

Asian Giant Hornet
Source: nhm.ac.uk

Di antara spesies lebah yang ada di dunia, Asian Giant Hornet menjadi lebah dengan ukuran paling besar. Lebah raksasa ini biasa ditemukan di Asia Selatan dan Timur. Namun, keberadaan mereka sempat ditemukan juga di daerah Amerika Utara.

Penyebabnya diyakini adalah faktor ketidaksengajaan karena terbawa oleh kontainer. Keberadaan lebah dengan warna oranye dan berahang besar ini sudah ditemukan di Nanaimo. Walaupun keseluruhan badan berwarna oranye, tapi pada bagian dada terdapat warna coklat tua.

Warna senada juga didapatkan di bagian sayap. Ukuran lebah raksasa berbeda-beda tergantung dari kasta mereka. Semakin tinggi kastanya maka ukurannya pun semakin besar. Ratu lebah raksasa ini bisa berukuran lebih dari 5 cm.

Lebah ini merupakan musuh utama lebah madu. Bagian tanah yang berongga maupun tunggul pohon yang membusuk merupakan tempat bersarang Lebah raksasa Asia.

7. African Giant Millipede

African Giant Millipede
Source: a-z-animals.com

Hewan yang memiliki nama ilmiah Archispirostreptus gigas ini adalah jenis kaki seribu raksasa yang bisa berukuran hingga 30 cm. Warna tubuh kaki seribu ini didominasi warna coklat tua kehitaman dengan bentuk badan bulat dan besar.

Hutan hujan subtropis Afrika barat merupakan habitat asli dari kaki seribu yang dapat hidup selama tujuh tahun di alam liar ini. Hewan ini disebut kaki seribu bukan karena memiliki 1000 kaki, melainkan hanya ada sekitar 160 kaki.

Jumlah ini didapatkan dari mengalikan tiap segmen dengan jumlah kaki. Kaki seribu Afrika memiliki sekitar 40 segmen di tubuhnya dan tiap segmen memiliki empat kaki. hewan nokturnal ini merupakan hewan detritivora.

Mereka memakan bahan organik yang sudah mati dan membusuk di alam. jadi sebenarnya, kaki seribu memiliki fungsi yang besar sebagai pengurai. Mereka hanya seram di penampilannya saja namun hidupnya berguna untuk lingkungan. 

Saat merasa terancam, kaki seribu akan mengeluarkan cairan repugnatorial yang mengeluarkan bau busuk. Untuk bergerak mereka mengandalkan indera peraba karena indera penglihatan mereka yang buruk.

Pengetahuan tentang fauna tidak pernah berhenti memberikan kejutan. Di luar sana bisa saja masih ada lagi hewan terseram di dunia yang belum diidentifikasi. Kekayaan hayati ini harus terus dijaga sebagai aset terbaik dunia.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar