Home ยป Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contohnya Lengkap!

Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contohnya Lengkap!

oleh tukang konten
Hewan Mamalia Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contohnya Lengkap!

Ada berbagai macam jenis hewan yang ada di dunia. Salah satu jenis tersebut adalah hewan mamalia. Hewan ini mempunyai kemampuan menyusui. Mamalia sendiri masuk dalam filum chordata.

Mungkin banyak yang mengira jika semua mamalia berada di darat. Padahal, ada juga mamalia yang hidup di laut. Lantas, apa saja hewan tersebut? Simak artikel berikut ini.

Pengertian Hewan Mamalia

Pengertian Hewan Mamalia
Source: scientificamerican.com

Mamalia merupakan hewan menyusui yang berada di filum vertebrata, atau memiliki tulang belakang. Tentu saja, karena mamalia adalah hewan yang menyusui, mamalia mempunyai kelenjar susu yang menjadi sumber makanan untuk anaknya.

Mamalia mempunyai ciri unik. Salah satu ciri khas yang dimiliki mamalia adalah memiliki rambut. Beda dengan kelompok hewan lain, bila jenis hewan lain mempunyai bulu, mamalia memiliki rambut.

Ciri Mamalia

Ciri Mamalia
Source: worldatlas.com

Bukan hanya memiliki ciri berkelenjar susu, ciri hewan mamalia adalah, berikut selengkapnya:

  • Mempunyai otak yang besar serta berkembang dengan sangat baik
  • Dalam satu individu, alat kelamin jantan dan betina terpisah
  • Mempunyai alat indera seperti hidung, kulit, telinga, mata dan lidah
  • Bernafas dengan menggunakan paru-paru
  • Mempunyai rambut
  • Mempunyai glandula mamae yang berguna sebagai sumber energi anaknya
  • Tubuhnya mempunyai sistem organ lengkap dan dapat dibedakan
  • Merupakan hewan dengan tulang belakang
  • Merupakan jenis hewan berdarah panas.

Klasifikasi Hewan Mamalia

Klasifikasi Hewan Mamalia
Source: noaa.gov

Setelah mengenal seperti apa mamalia, dan ciri yang dimilikinya, berikutnya adalah klasifikasi yang dimilikinya. Berikut klasifikasi dari hewan ini, antara lain:

1. Artiodactyla

Ordo yang pertama adalah Artiodactyla. Artiodactyla umumnya memiliki anggota yang memakan tumbuh-tumbuhan serta mempunyai kuku berjumlah genap. Bukan hanya itu, Artiodactyla juga mempunyai perut berukuran besar serta kompleks.

2. Proboscidea

Ordo berikutnya adalah Proboscidea. Proboscidea memiliki anggota dan ditandai dengan belalai serta mempunyai 2 lubang hidung. Dengan menyebut cirinya saja, pasti sudah terbayang seperti apa hewan yang masuk dalam ordo Proboscidea.

3. Carnivora

Carnivora adalah ordo dengan anggota yang memakan daging. Cukup banyak hewan yang masuk ke dalam ordo Carnivora ini.

4. Rodentia

Ordo Rodentia merupakan jenis hewan yang mempunyai gigi bagian depan yang aktif serta selalu tumbuh. Agar bisa mengasahnya, hewan yang masuk dalam ordo Rodentia ini harus selalu menggerogoti sesuatu.

5. Perissodactyla

Berikutnya adalah Perissodactyla. Hewan yang berada dalam ordo Perissodactyla mempunyai ukuran besar. Namun, biasanya hewan dengan ordo Perissodactyla ini mempunyai kuku dengan jumlah yang ganjil.

Umumnya, Perissodactyla akan mencerna selulosa tumbuhan di organ usus, bukan di lambung. Karena, seperti yang diketahui, biasanya pencernaan makanan akan berada di lambung, tetapi Perissodactyla tidak demikian.

6. Cetacea

Ordo hewan mamalia yang anggotanya merupakan spesies laut berukuran besar adalah Cetacea. Cetacea merupakan bahasa latin. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biasanya mamalia memiliki rambut. Namun, rambut di tubuh Cetacea menghilang.

7. Lagomorpha

Ordo Lagomorpha ini berasal dari bahasa Yunani, dan berasal dari kata lagos dan morphe. Lagos memiliki arti arnab sedangkan morphe memiliki arti bentuk. Lagomorpha sering dianggap sebagai Rodentia karena memiliki penampilan yang mirip.

8. Chiroptera

Hidup nocturnal, Chiroptera mempunyai selaput terbang. Tidak heran jika Chiroptera adalah satu-satunya ordo mamalia yang dapat terbang. Chiroptera juga termasuk hewan mamalia yang mempunyai kemampuan khusus menemukan sesuatu dengan jarak jauh.

9. Sirenia

Mempunyai ukuran tubuh yang besar, Sirenia umumnya tidak memiliki kaki belakang. Bukan hanya itu, ekor yang dimiliki Sirenia juga mempunyai bentuk pipih seperti daun. Sirenia juga merupakan jenis hewan mamalia herbivora akuatik karena memakan tumbuhan.

10. Monotremata

Berasal dari bahasa latin, Monotremata memiliki arti tunggal dan lubang. Anggota dari Monotremata adalah mamalia yang dapat menghasilkan anak dengan cara bertelur tetapi tetap menyusui.

Anggota dari ordo Monotremata ini juga sama dengan mamalia lainnya yaitu memiliki rambut, berdarah panas serta mempunyai tulang tunggal yang ada di bagian rahang bawah.

11. Primata

Ordo mamalia yang satu ini mungkin sudah sering di dengar. Apalagi jika bukan Primata. Bila secara bahasa Primata memiliki arti mulia, terbaik, pertama. Primata mempunyai jari dengan jumlah 5.

Contoh Hewan Mamalia

Di seluruh dunia, diperkirakan terdapat 130 miliar hewan mamalia. Berikut sejumlah contohnya, antara lain:

1. Anjing

Anjing
Source: detik.com

Berasal dari keturunan serigala, anjing juga merupakan mamalia. Anjing adalah keturunan serigala dan menjadi hewan rumahan yang sangat disukai oleh manusia. Dapat dikatakan jika anjing adalah peliharaan yang sangat hebat karena mempunyai kecerdasan tinggi.

2. Dugong

Dugong
Source: Mongabay.com

Mamalia yang satu ini mempunyai nama latin dugong dan menjadi satu-satunya spesies dugongidae di bumi yang masih tersisa. Duyung atau dugong hidup di sejumlah perairan tropis seperti Indo Pasifik dan Afrika.

Dugong merupakan hewan herbivora yang sering menghabiskan waktu hanya untuk makan. Umumnya, dugong menemukan makanan dengan mengandalkan indera penciuman.

Hal ini disebabkan karena penglihatan mereka yang tidak begitu baik. Biasanya, saat berada di dasar laut, dugong menggunakan sirip dada untuk berjalan.

3. Lembu laut

Lembu laut
Source: voi.id

Contoh dari hewan mamalia lainnya adalah lembu laut. Lembu laut juga menjadi mamalia yang memakan tumbuhan. Habitat dari lembu laut ini berada di pesisir laut dangkal, dan sungai. Lembu laut mudah ditemukan di daerah Sungai Amazon, Teluk Meksiko serta Afrika Barat.

Terdapat 3 spesies lembu laut yang dapat ditemukan sekarang ini. masing-masing spesies tersebut ada di di wilayah berbeda. Lembu Laut Amazonian berada di di Sungai Amazon. Sedangkan Trichechus Senegalensis ada di Afrika Barat.

Sedangkan Manatee West Indian berada di Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Sehingga, Anda mungkin hanya dapat melihat lembu laut ini dari gambarnya saja.

4. Rakun

Rakun
Source: grid.id

Perlu diketahui, rakun merupakan salah satu hewan mamalia yang cerdas. Hewan dengan bulu kecil ini juga sangat menggemaskan serta bisa mengeluarkan suara menggeram ketika gelisah.

5. Rusa

Rusa
Source: Wikipedia.com

Mamalia yang satu ini banyak ditemukan di Asia, Eropa Utara, Amerika Utara dan juga Kanada.

6. Paus Biru

Paus Biru
Source: detik.com

Memang, banyak yang menganggap jika mamalia merupakan hewan darat. Padahal tidak sedikit mamalia yang hidup di laut. Selain beberapa hewan laut di atas, paus biru juga merupakan mamalia. Paus biru adalah mamalia yang paling besar di dunia.

7. Kuda Nil

Kuda Nil
Source: Wikipedia.com

Dapat dikatakan jika kuda nil adalah mamalia yang berbahaya. Mengapa bisa demikian? Hewan mamalia ini mempunyai temperamen yang sangat keras dan tidak sabaran ketika menghadapi orang yang dekat dengan mereka. Biasanya kuda nil ditemukan di dekat sungai Afrika.

8. Singa

Singa
Source: liputan6.com

Singa terkenal sebagai predator puncak. Hewan ini dapat mengejar mangsanya dengan sangat mudah. Menariknya, sebagian perburuan biasanya dilakukan oleh singa betina. Biasanya, singa bisa dengan mudah ditemukan di Benua Afrika.

9. Berang-berang

Berang-berang
Source: detik.com

Terdapat 2 jenis berang-berang yang bisa ditemukan di perairan laut yaitu marine otter dan sea otter. Marine otter merupakan spesies bernama lontra felina. Sedangkan sea otter mempunyai nama ilmiah enhydra lutris.

Kedua jenis berang-berang ini adalah anggota dari mustelidae. Jenis sea otter adalah mamalia yang berasal dari timur Samura Pasifik bagian utara. Berang-berang ini mempunyai ukuran paling besar.

Sedangkan jenis marine otter biasanya hidup di daerah daratan, dan mencari makanan di pantai berbatu. Jenis berang-berang ini lebih dekat dan berkerabat dengan spesies lain dibandingkan dengan sea otter.

10. Paus

Paus
Source: liputan6.com

Jika dilihat dari klasifikasi ilmiah, paus adalah mamalia yang tidak termasuk dalam jenis ikan. paus adalah kerabat lumba-lumba karena menjadi kelompok cetacean. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cetacean adalah binatang laut yang besar.

Hewan ini terbagi dalam 2 kelompok besar yaitu paus yang tidak bergigi dan paus bergigi. Paus bergigi mempunyai satu lubang pernapasan. Namun, paus tidak bergigi mempunyai 2 lubang pernapasan.

Untuk jenis paus tidak bergigi, mereka memiliki struktur khusus yang memiliki nama balin untuk menyaring makanan dan plankton dari dalam air. Contoh paus tidak bergigi seperti paus berparuh, paus sperma, paus abu-abu dan paus bungkuk.

11. Lumba-lumba

Lumba-lumba
Source: liputan6.com

Meskipun kadang kala hewan ini disebut sebagai ikan, tetapi seluruh jenis lumba-lumba merupakan mamalia. Lumba-lumba yang berada di laut merupakan anggota family delphinidae. Ukuran tubuh dari lumba-lumba sangat bervariasi.

Biasanya, yang mempengaruhi ukuran tubuh lumba-lumba adalah spesies yang dimilikinya. Lumba-lumba merupakan mamalia yang hidup serta mencari makan secara berkelompok. Lumba-lumba akan saling berkomunikasi menggunakan suara seperti siulan serta lengkingan.

Bukan hanya itu, lumba-lumba juga mempergunakan sistem sonar agar bisa mendeteksi objek yang ada di sekitarnya. Sehingga, lumba-lumba akan mengetahui jika objek di sekitarnya melakukan pergerakan.

12. Orca

Orca
Source: inakoran.com

Hewan mamalia lainnya adalah orca. Hewan ini juga sering disebut dengan paus pembunuh. Namun, hewan ini sebenarnya adalah family dari lumba-lumba. Hewan ini mempunyai nama ilmiah orcinus orca.

Wujud hewan ini mudah dikenali karena mempunyai warna tubuh sangat khas. Biasanya, orca dewasa mempunyai tubuh hitam putih. Warna hitam ada di bagian atas, sedangkan tubuhnya memiliki warna putih. Warna putih ini juga membentuk oval di atas matanya.

13. Gajah

Gajah
Source: detik.com

Hewan yang terancam punah ini juga merupakan mamalia. Punahnya gajah disebabkan oleh hilangnya habitat yang dimilikinya. Biasanya gajah hidup bersama dengan kawanannya. Gajah juga menjadi salah satu hewan yang protektif pada kawanannya.

14. Koala

Koala
Source: nationalgeographic.com

Hewan mamalia yang sangat lucu ini bisa dengan mudah ditemukan di Australia. Koala juga disebut sebagai hewan pemalas, karena bisa tidur hingga mencapai 20 jam per harinya.

15. Badak Putih

Badak Putih
Source: detik.com

Rhino atau badak putih merupakan spesies badak yang paling besar. Biasanya, hewan ini bisa kita temukan di Afrika, tepatnya di ujung selatan.

16. Sloth

Sloth
Source: kids.nationalgeographic.com

Mamalia arboreal satu ini bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Biasanya sloth akan ditemukan di hutan tropis. Hewan mamalia ini bergerak dengan lambat serta menghabiskan waktunya di atas pohon.

17. Beruang Kutub

Beruang Kutub
Source: detik.com

Hewan lain yang tidak boleh ketinggalan adalah beruang kutub. Beruang kutub menjadi spesies beruang besar serta terkenal karena dapat bertahan hidup sangat lama di lingkungan yang dingin. Beruang kutub mempunyai bulu putih dan memungkinkan mereka berbaur dengan  salju.

18. Harimau

Harimau
Source: langgam.id

Selain singa, harimau juga menjadi mamalia yang ganas. Biasanya, harimau mudah ditemukan di hutan Asia Tenggara dan India. Harimau mempunyai ciri khas garis hitam dan mempunyai bulu oranye yang terang.

19. Platypus

Platypus
Source: britannica.com

Saat membicarakan  mamalia dan menyebutkan platypus, hewan ini mungkin yang terlihat paling aneh. Platypus mempunyai paruh yang mirip dengan bebek dan bertelur. Hewan ini biasanya ditemukan badan air Australia.

20. Beluga

Beluga
Source: nationalgeographic.com

Disebut dengan paus putih, beluga mempunyai nama ilmiah delphinapterus leucas. Mamalia ini adalah spesies yang menjadi anggota dari monodontidae. Sebagian besar dari hewan ini hidup di perairan laut yang tidak jauh dari kutub utara dan laut di Greenland, Amerika Utara dan Rusia.

Hewan ini biasanya mencari makan dengan gerombolannya, dan berkomunikasi dengan menggunakan lengkingan suara. Menariknya, suara yang dihasilkan oleh hewan ini mirip dengan burung kenari.

Inilah alasan mengapa beluga juga sering disebut dengan kenari laut. Mamalia ini hidup dengan cara memangsa hewan, tergantung dari musim dan lokasi.

21. Narwhal

Narwhal
Source: nationalgeographic.com

Mungkin nama hewan mamalia ini tidak pernah didengar sebelumnya. Narwhal adalah spesies dari Monodontidae. Narwhal bisa ditemukan di Arktik area, tepatnya di perairan Rusia, Kanada dan Greenland.

Salah satu ciri yang menonjol dari hewan narwhal adalah mempunyai tanduk di bagian kepalanya. Namun, tanduk narwhal tidak seperti mamalia darat, tanduk dari narwhal ini berasal dari gigi yang tumbuh. Tanduk narwhal berbentuk spiral sehingga sering disebut unicorn laut.

22. Anjing Laut

Anjing Laut
Source: detik.com

Termasuk dalam anggota family phocidae, anjing laut adalah mamalia yang hidup dengan cara menyelam ketika mencari mangsa. Biasanya anjing laut memakan cumi, ikan, dan berbagai hewan laut lain.

Tubuh dari anjing laut ini cukup licin dan besar. Biasanya, anjing laut mempunyai alat gerak dengan bentuk mirip sirip sebagai sarana pergerakan di dalam air. Terkadang, mamalia ini juga sering disebut dengan crawling karena mereka merangkak dengan perut saat di darat.

23. Singa Laut

Singa Laut
Source: liputan6.com

Ketika melihatnya sekilas, mungkin akan sulit membedakan antara singa laut dan anjing laut. Namun, singa laut mempunyai cara gerak, suara dan ciri tubuh berbeda. Bukan hanya itu, singa laut juga hidup secara kelompok.

Satu kelompok singa laut bisa mencapai 1500 ekor. Singa laut merupakan mamalia yang berasal dari family otariidae dan disebut dengan eared seal. Mamalia ini mempunyai daun telinga berukuran kecil.

Tidak hanya itu, singa laut mempunyai tungkai yang berukuran lebih panjang dibanding anjing laut. Di daratan, singa laut akan bergerak dengan menggunakan tungkainya.

24. Walrus

Walrus
Source: nationalgeographic.com

Hewan mamalia ini merupakan satu kerabat dengan singa laut serta anjing laut. Namun, hewan ini adalah anggota dari odobenidae. Mempunyai nama odobenus rosmarus, walrus hidup di Laut Sub Arktik dan Samudra Arktik.

Ciri khusus yang dimiliki walrus adalah mudah dikenal. Selain itu mamalia ini juga mempunyai 2 gigi memanjang ke luar sehingga bentuknya mirip dengan gading.

25. Vaquita

Vaquita
Source: detik.com

Sudah pernah mendengar namanya? Vaquita merupakan spesies yang sangat mirip dengan lumba-lumba. Hewan ini berasal dari Teluk California yang berada di Meksiko.

Mamalia ini adalah spesies lumba-lumba yang mempunyai ukuran kecil. Bahkan, ukurannya paling kecil diantara lumba-lumba lainnya. menurut jurnal, ukuran maksimal dari hewan ini hanya mencapai 150 cm. hewan ini juga jarang ditemukan karena sudah hampir punah.

26. Tupai

Tupai
Source: rimbakita.com

Mamalia berukuran kecil ini bisa ditemukan di Kanada Selatan dan Amerika Serikat bagian Timur. Biasanya tupai tinggal di hutan tetapi juga bisa bertahan hidup di perkotaan.

Ternyata banyak jenis hewan mamalia. Sejumlah kelompok hewan di atas bahkan masih terdiri dari berbagai spesies. Contohnya saja seperti lumba-lumba, ada spesies lumba-lumba risso, botol, berbintik dan lainnya.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar