Home ยป Pengertian, Jenis Hingga Contoh Hewan Karnivora, Ada yang Unik!

Pengertian, Jenis Hingga Contoh Hewan Karnivora, Ada yang Unik!

oleh tukang konten
Pengertian Jenis Hingga Contoh Hewan Karnivora Ada yang Unik

Ada berbagai macam jenis hewan yang tersebar di semua penjuru dunia. Berbagai macam jenis hewan tersebut dapat dikelompokkan menjadi berbagai kategori. Salah satunya berdasarkan jenis makanannya. Jika dibedakan sesuai dengan jenis makanan, ada golongan yang masuk dalam jenis hewan karnivora.

Karnivora merupakan hewan yang memakan daging, sedangkan herbivora adalah hewan yang memakan tumbuhan. Terakhir, omnivora adalah hewan pemakan segala. Dari ketiga jenis tersebut, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah karnivora.

Mengenal Hewan Karnivora

Mengenal Hewan Karnivora
Source: kidadi.com

Karnivora adalah hewan yang memakan daging-dagingan. Asal muasal kata karnivora sendiri dari bahasa Latin yaitu caro dan vorare. Caro mempunyai arti daging sedangkan vorare mempunyai arti makanan.

Sehingga, karnivora merupakan hewan yang memerlukan nutrisi dari daging. Biasanya nutrisi tersebut berasal dari hewan lain, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Oleh sebab itu hewan yang termasuk dalam golongan karnivora juga disebut sebagai predator.

Sebutan ini diberikan karena karnivora memburu sesame hewan agar dapat bertahan hidup. Bahkan karnivora juga dapat memangsa manusia.

Ciri Karnivora

Ciri Karnivora
Source: wired.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya karnivora adalah hewan pemangsa daging. Karnivora diidentifikasi sesuai ciri yang dimilikinya, ciri fisik yang dimiliki karnivora adalah:

  • Mempunyai penglihatan tajam
  • Biasanya hidup liar di dalam hutan
  • Untuk beberapa jenis karnivora, mereka mempunyai racun yang digunakan untuk menyerang mangsa
  • Sedangkan untuk beberapa jenis burung karnivora, umumnya mereka mempunyai paruh tajam yang digunakan untuk memangsa hewan lain
  • Sistem pencernaan yang dimiliki karnivora jauh lebih pendek bila dibandingkan dengan herbivora. Hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi karnivora mudah dicerna dan dihancurkan
  • Biasanya, karnivora adalah mamalia yang mempunyai kelenjar susu
  • Karnivora umumnya mempunyai kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi ini digunakan untuk memburu mangsa
  • Mempunyai kuku tajam yang sering disebut dengan cakar. Kuku tajam ini digunakan untuk melumpuhkan dan menyerang mangsanya
  • Karnivora mempunyai gigi tajam serta kuat, karnivora juga mempunyai gigi taring yang dapat digunakan untuk merobek daging mangsa.

Jenis Hewan Karnivora

Jenis Hewan Karnivora
Source: liputan6.com

Selain memiliki ciri khusus, karnivora juga terbagi dalam beberapa jenis. Berikut 4 jenis karnivora, antara lain:

1. Hypo Karnivora

Jenis yang pertama adalah hypo karnivora, jenis ini memerlukan daging paling rendah jika dibandingkan dengan jenis lain. Makanan hypo karnivora yang berupa daging hanya 30% saja. kemudian 70% sisanya merupakan buah-buahan, ikan dan kacang.

Dengan persentase konsumsi dagingnya yang rendah, hypo karnivora lebih mirip pada hewan pemakan segala atau yang disebut dengan omnivora, hal ini disebabkan karena omnivora memakan berbagai macam jenis makanan.

2. Meso Karnivora

Beda dengan hypo karnivora, meso karnivora merupakan hewan yang memakan 50 hingga 70 persen makanan berbentuk daging. Sisanya adalah serangga, buah, jamur dan berbagai jenis tumbuhan.

Karnivora dengan jenis meso ini mempunyai fisik yang kecil. Selain itu umumnya meso karnivora juga hidup di sekitar lingkup manusia.

3. Hypercarnivore

Jenis ketiga adalah hypercarnivore. Hypercarnivore merupakan hewan karnivora tetapi tidak seutuhnya menjadi karnivora. Hypercarnivore memakan daging hingga 70 persen setiap harinya.

Biasanya, hypercarnivore mempunyai karakteristik otot wajah yang sangat kuat agar dapat mencengkram mangsa. Selain mengkonsumsi daging, hewan yang termasuk dalam hypercarnivore ini juga mengkonsumsi jamur dan tanaman.

4. Karnivora Obligat

Dapat dikatakan jika karnivora obligat merupakan jenis karnivora sejati. Hewan yang termasuk dalam golongan karnivora obligat hanya mengkonsumsi daging.

Sehingga, mereka hanya bergantung pada hewan lain agar dapat bertahan hidup. Hal ini disebabkan karena karnivora obligat tidak mempunyai pencernaan yang dapat mencerna tumbuhan.

Karena tumbuh-tumbuhan tidak dapat dicerna oleh karnivora obligat, tumbuhan tersebut tidak memberikan nutrisi untuk mereka. Sehingga hewan ini hanya mengkonsumsi daging saja.

Contoh Hewan Karnivora

Hal lain yang tidak boleh luput dibahas adalah contoh dari karnivora. Berikut beberapa jenis karnivora antara lain:

1. Penguin

Penguin
Source: kids.nationalgeographic.com

Dengan bentuknya yang lucu serta menggemaskan, siapa yang mengira jika penguin juga termasuk dalam jenis karnivora. Penguin hidup di wilayah dingin seperti di kutub.

Mengapa penguin disebut dengan karnivora? Hal ini disebabkan karena penguin memakan ikan-ikan kecil di batuan es. Dengan daging ikan sebagai makanannya, hewan ini disebut sebagai karnivora.

2. Burung Hantu

Burung Hantu
Source: liputan6.com

Ketika mendengar nama burung hantu, mungkin pikiran akan langsung mengaitkannya ke berbagai macam hal mistis. Hal ini disebabkan karena burung hantu hidup di  malam hari. Burung hantu adalah hewan dengan jenis karnivora karena mereka adalah predator tikus.

3. Kucing

Kucing
Source: purina.co.id

Melihat tingkahnya yang lucu, mungkin tidak terbayang jika ternyata kucing termasuk dalam hewan karnivora. Kebanyakan kucing mengkonsumsi daging, meskipun terkadang kucing juga makan rumput.

Biasanya, kucing makan rumput karena untuk menenangkan saluran pencernaan agar tidak terkena iritasi usus besar. Tetapi, tetap saja makanan utama dari kucing adalah daging.

4. Serigala

Serigala
Source: bola.com

Memiliki bentuk fisik mirip anjing, serigala juga termasuk ke dalam jenis karnivora. Namun, beda dengan anjing, jika anjing mudah dipelihara, serigala tidak demikian.

Serigala jauh lebih ganas dibandingkan dengan anjing. Umumnya, mangsa dari serigala adalah hewan lain yang ukuran tubuhnya jauh lebih kecil.

5. Ikan Hiu

Ikan Hiu
Source: brillio.net

Seperti yang diketahui, kebanyakan jenis ikan hiu adalah karnivora. Bahkan, hiu bisa disebut sebagai parasite untuk biota laut lain. Hal tersebut disebabkan karena hiu memangsa ikan kecil yang berada di lautan.

Hiu bisa merobek daging karena mempunyai struktur gigi yang sangat tajam. Keunikan yang dimiliki hiu adalah mereka bisa mencium darah meskipun berada di dalam laut.

6. Elang

Elang
Source: kompasiana.com

Elang menjadi salah satu jenis burung pemakan daging. Walaupun hidup di udara, elang malah memakan hewan yang berada di daratan contohnya seperti cacing, ungags, serangga hingga daging ikan.

Sesuai dengan ciri yang dimilikinya, elang mempunyai cakar serta paruh yang sangat tajam. Cakar dan paruh elang ini digunakan untuk melumpuhkan mangsa-mangsanya.

7. Komodo

Komodo
Source: detik.com

Hewan endemic satu ini juga termasuk karnivora. Komodo biasanya ditemukan di Pulau Komodo, tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan hewan kaki empat yang dapat melumpuhkan mangsa hanya dengan racun.

Bukan hanya itu, komodo juga mempunyai berbagai kelebihan menonjol bila dibandingkan dengan hewan lain. Contohnya, komodo dapat melihat sampai jarak 300 meter, selain itu komodo juga bisa mendeteksi keberadaan bangkai hingga 9.5 km jauhnya.

Menariknya, komodo dapat mendeteksi adanya bangkai hanya dengan menoleh ke kanan dan ke kiri. Biasanya, komodo berburu dengan cara mengendap perlahan, jika waktunya sudah tepat, komodo akan menyerang mangsa dengan tiba-tiba.

8. Ular

Ular
Source: klikdokter.com

Jenis karnivora lain yang tidak boleh luput adalah ular. Ular merupakan hewan yang sangat berbahaya untuk manusia, karena cara bertahan hidup hewan ini bisa mengancam hidup manusia.

Bukan hanya mempunyai gigi taring, tetapi ular juga memiliki racun yang dapat melumpuhkan mangsa. Tidak hanya itu, ular juga dapat melumpuhkan mangsa hanya dengan mencengkram tumbuh mereka.

Keunikan ular dalam memburu mangsa yang dimilikinya adalah, ular dapat memakan mangsa bahkan dengan ukuran 3 kali jauh lebih besar darinya. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena rahang bawah dan rahang atas ular terpisah.

9. Singa

Singa
Source: fimela.com

Salah satu jenis hewan karnivora yang sering disebutkan adalah singa. Sebenarnya, singa ini mirip harimau. Ciri fisik yang dimiliki singa telah mencerminkan karnivora lainnya. Bukan hanya itu, singa juga berada dalam kategori hewan mamalia.

Keunikan yang dimiliki singa dibandingkan dengan hewan lain adalah, singa betina sangat aktif mencari makanan jika dibandingkan dengan singa  jantan. Bahkan singa betina terkenal lebih buas.

10. Harimau

Harimau
Source: balisafarimarinepark.com

Ketika membicarakan masalah karnivora, mungkin harimau dapat dikatakan sebagai hewan pertama yang langsung ada di pikiran kita. Hal ini disebabkan karena harimau bertahan hidup dengan mengkonsumsi daging-dagingan.

Tidak hanya itu, karnivora memiliki ciri yang semuanya ada pada hewan ini mulai dari kuku yang tajam, gigi taring, hingga kecepatan untuk menerkam mangsanya.

11. Macan Tutul

Macan Tutul
Source: brilio.net

Macan tutul merupakan hewan yang termasuk di dalam keluarga kucing. Bila dilihat dengan seksama, macan tutul mempunyai ukuran tubuh yang mirip dengan harimau.

Namun, perbedaan diantara keduanya adalah, corak bintik dari macan tutul. Selain itu habitat asli dari hewan ini berada di hutan.

12. Cheetah

Cheetah
Source: britannica.com

Mungkin sudah sering terdengar jika cheetah mempunyai kemampuan berlari yang sangat cepat. Bahkan cheetah dapat berlari dengan kecepatan yang mencapai 110 km per jam.

Jika dilihat sekilas, cheetah mirip dengan macan tutul. Tetapi keduanya mempunyai corak atau bintik berbeda-beda. Cheetah biasanya berada di hutan liar dan memangsa herbivora yang ada di sekitarnya mulai dari zebra, rusa, kijang dan lainnya.

13. Buaya

Buaya
Source: detik.com

Hewan reptil yang memiliki tubuh besar ini juga merupakan karnivora. Biasanya, buaya hidup di sungai, rawa maupun berbagai lahan basah yang lain.

Terkadang, buaya juga hidup di air payau, contohnya seperti buaya muara. Buaya muara merupakan spesies buaya yang paling besar di Asia Tenggara sampai Australia. Makanan utama dari hewan ini adalah ayam, dan sejumlah mamalia lain.

14. Musang

Musang
Source: jagadtani.com

Memang, musang memiliki tampang yang terlihat lucu. Tetapi, siapa yang mengira jika hewan ini merupakan pemakan daging. Musang terkenal sebagai hewan pemanjat yang sangat baik dan nocturnal.

Hewan ini dapat hidup di berbagai daerah, baik di perkotaan atau di pedesaan. Jangan salah, musang memang memiliki tubuh yang kecil tetapi hewan ini dapat menipu musuhnya dengan sangat baik.

15. Laba-laba

Laba-laba
Source: indonesiawindow.com

Ketika mendengar laba-laba masuk ke dalam golongan karnivora, mungkin akan sedikit mengagetkan. Laba-laba adalah karnivora yang cukup unik karena tidak mengunyah dan mencabik mangsa yang mereka miliki.

Tetapi, laba-laba dapat memakan daging dari mangsanya hanya dengan satu gigitan saja. mereka akan memangsa dari racun berbahaya yang berada di mulutnya.

16. Setan Tasmania

Setan Tasmania
Source: voi.id

Ketika mendengar nama hewan ini, mungkin akan terkesan sedikit aneh. Setan Tasmania atau yang juga sering disebut dengan Tasmanian devil adalah marsupialia. Karnivora ini merupakan karnivora yang paling besar di dunia.

Hewan ini memiliki hitam dan mengeluarkan aroma kuat menakutkan. Hewan ini terkenal sebagai pemburu dan pemakan kangguru. Walaupun hidup soliter, tetapi hewan ini terkadang memakan bangkai dengan sangat rakus bersama dengan kawanannya.

Ternyata, ada banyak jenis hewan yang termasuk dalam golongan hewan karnivora. Mungkin, beberapa hewan di atas juga sering ditemukan di sekitar kita.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar