Home ยป 6 Harga Tokek Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia!

6 Harga Tokek Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia!

oleh tukang konten
6 Harga Tokek Termahal di Dunia

Tokek adalah salah satu jenis hewan reptil yang tidak sulit ditemukan di Indonesia. Hewan ini kerap dianggap sebagai pengganggu, padahal jika dijual bisa memiliki nilai yang sangat fantastis. Harga tokek bahkan mencapai ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Tanpa disangka-sangka, tokek menjadi hewan yang dijual dengan harga mahal. Walaupun begitu, memang ada jenis yang dijual dengan harga biasa saja. Tapi, beberapa jenis dijual dengan harga yang sangat mahal.

Nyatanya, banyak pecinta reptil yang tertarik menjadikan hewan ini sebagai koleksi peliharaan, bahkan rela membayar untuk harga yang mahal. Lalu, berapa harga reptil tokek termahal? Pastinya, hal ini tergantung dengan jenisnya dan keunikan dari tokek tersebut.

Harga Tokek Termahal

Perlu diketahui bahwa tidak semua tokek bisa dijual dengan harga yang mahal. Hanya beberapa jenis tokek yang memiliki keunikan dan daya tarik yang bisa dibandrol dengan harga tinggi. Berikut adalah beberapa jenis tokek termahal yang pernah ada:

1. Tokek Batu (Stone Gecko)

Tokek Batu (Stone Gecko)
Source: adventuringinaustralia.weebly.com

Tokek termahal yang pertama yaitu tokek batu atau stone gecko. Bentuknya menyerupai kadal dan memiliki keunikan dari segi fisiknya.

Tokek batu diklasifikasikan menjadi tiga golongan, yakni tokek batu berdada belang, tokek batu bintik hitam dan putih, dan tokek batu berdada kemerahan.

Beberapa jenis tokek batu memiliki lidah tunggal. Adapun jenis yang lainnya mempunyai lidah bercabang. Tekstur dari kulit tokek batu cenderung licin dan tidak jauh berbeda dengan kulit kadal secara umum. Harga tokek ini cukup fantastis, yakni mencapai Rp500.000.000 untuk setiap ekornya.

2. Tokek Hutan

Tokek Hutan
Source: wikipedia.org

Tokek hutan merupakan jenis tokek yang mudah dijumpai di kawasan hutan. Karakteristik dari tokek ini adalah tidak mempunyai penghisap di kakinya, sehingga tidak bisa menempel di dinding. Meskipun demikian, tokek hutan dapat memanjat pohon dengan memanfaatkan kukunya.

Tokek hutan juga kerap disebut dengan tokek mata hijau. Tokek ini merupakan jenis tokek yang mempunyai fisik besar dibandingkan marga Gekko lain yang habitatnya berada di Semenanjung Malaya dan kepulauan Sunda Besar.

Dalam bahasa Inggris, nama umumnya adalah Smith’s Green-eyed Gecko atau Large Forest Gecko yang maknanya memiliki warna mata yang kehijauan.

Tokek hutan memiliki kulit berwarna hitam dan sedikit abu-abu. Harga tokek ini tidak sefantastis tokek batu, yakni hanya sekitar Rp50.000.000 saja.

3. Giant Day Gecko

Giant Day Gecko
Source: allanspetcenter.com

Jenis tokek mahal yang berikutnya adalah giant day gecko yang berasal dari Madagaskar. Tokek yang satu ini cukup istimewa karena termasuk salah satu jenis tokek hias yang memiliki warna yang cerah.

Umumnya, tokek ini lebih aktif di malam hari atau yang lebih dikenal dengan sebutan hewan nokturnal.

Giant day gecko memiliki kemampuan yang lebih dalam mengonsumsi buah-buahan dan serangga. Tidak seperti jenis tokek pada umumnya, tokek ini mempunyai masa hidup cukup lama, yakni bisa menyentuh angka 30 tahun.

Meskipun demikian, harganya sangat ramah di kantong para pecinta reptil, yakni sekitar Rp1.000.000-Rp2.000.000.

4. Central American Banded Gecko

Central American Banded Gecko
Source: austinreptileconnection.com

Central American Banded atau yang juga akrab disebut dengan tokek CAB ini adalah salah satu tokek termahal yang suka menghabiskan banyak waktunya di tanah. Tokek CAB cukup unik karena menyukai habitat di akuarium kaca. 

Jika tidak memiliki akuarium kaca, maka alternatif yang bisa digunakan yakni kotak sepatu dari bahan plastik. Supaya bisa berkembangbiak dengan nyaman, siapkan pipa PVC atau galon bekas untuk tokek. Harga tokek ini cukup terjangkau, yakni mulai Rp50.000-Rp300.000.

5. Gargoyle Gecko

Gargoyle Gecko
Source: kidadl.com

Jenis tokek dengan harga mahal yang berikutnya adalah gargoyle gecko. Jika dilihat sekilas, tokek yang satu ini memang tampak tidak berbeda jauh dengan jenis tokek yang lainnya.

Apalagi jika dibandingkan dengan leopard gecko, mungkin beberapa orang akan kesulitan untuk membedakannya. Salah satu hal yang membedakan gargoyle gecko dengan  leopard gecko ialah warnanya yang tampak lebih garang dan seram.

Selain itu, gargoyle gecko juga memiliki mata yang terlihat lebih gahar dibanding leopard gecko. Walaupun penampilannya cukup seram, namun gargoyle gecko termasuk jenis tokek yang tidak sulit dirawat. 

Masa hidup tokek ini cukup panjang, yakni dapat mencapai 20 tahun. Harga gargoyle gecko umumnya adalah Rp50.000-Rp1.000.000.

6. White Lined Gecko

White Lined Gecko
Source: morphmarket.com

Jenis tokek termahal yang terakhir adalah white lined gecko. Meskipun namanya white, namun warna tokek ini adalah krem, coklat, atau hitam yang memiliki garis putih di punggungnya.

Warna kulit pada  white lined gecko mendasari pemberian nama white lined pada jenis tokek yang satu ini. White lined gecko adalah spesies tokek yang cukup penurut dan tidak akan menggigit.

Ekor dari tokek ini dihiasi dengan garis putih lebar yang selang-seling. White lined gecko juga mempunyai bantalan jari kaki yang bersifat khusus. Bantalan ini memungkinkan mereka untuk melakukan mobilitas dengan mudah meskipun area permukaan yang dilewatinya vertikal.

White lined gecko dewasa umumnya bisa tumbuh hingga panjang 22-25 cm. Ukuran ini sudah termasuk dengan ekornya. Mereka memiliki angka harapan hidup 10-20 tahun.

Namun, tokek jenis ini cukup baru di dunia reptil hias sehingga umurnya cukup sulit diprediksi dengan pasti. Tokek yang bergaris putih ini asalnya dari Indonesia dan Australia. Adapun harga tokek ini sekitar Rp50.000-Rp400.000.

Fakta menarik yang diketahui setelah membaca pemaparan di atas adalah ternyata harga tokek cukup fantastis, yakni mulai ratusan ribu hingga puluhan juta. Meskipun demikian, hal ini bukan menjadi masalah besar bagi pecinta reptil yang benar-benar menyukainya.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar