Home » Cara Merawat Kura Kura Brazil Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Kura Kura Brazil Agar Tetap Sehat

oleh tukang konten
Cara Merawat Kura Kura Brazil Agar Tetap Sehat

Kura-kura Brazil atau Trachemys scripta elegans merupakan salah satu jenis kura-kura peliharaan favorit masyarakat yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Cara merawat kura kura Brazil atau yang dikenal juga dengan kura-kura telinga merah ini terbilang mudah.

Kura-kura dengan tubuh berwarna hijau tua dan garis tubuh berwarna kuning ini memang memiliki bercak warna merah yang ada di bagian telinga. Untuk mengetahui cara merawat kura-kura yang benar dan tepat bagi pemula, mari simak ulasan berikut ini.

Karakteristik Kura-Kura Brazil

Karakteristik Kura-Kura Brazil
Source: vecteezt.com

Kura-kura Brazil menjadi salah satu hewan peliharaan favorit karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hewan ini memiliki usia yang sangat panjang dibandingkan hewan peliharaan lainnya yaitu bisa mencapai usia 20-40 tahun.

Spesies ini juga memiliki bercak warna merah di bagian kanan dan kiri kepala dan memiliki telinga. Pada kura-kura Brazil jantan, corak merah ini lebih sedikit dibandingkan kura-kura betina. Selain itu, cakar pada kura-kura jantan juga lebih panjang dibandingkan kura-kura betina.

Pada umumnya, kura-kura Brazil memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm. Proses perkembangbiakan kura-kura Brazil juga terbilang mudah tergantung tingkat kesuburan dan cuaca. Bila kondisinya sedang baik, kura-kura ini bisa menghasilkan telur sebanyak 20-45 butir dalam sekali perkembangbiakan.

Cara Merawat Kura Kura Brazil Agar Tetap Sehat

Setelah mengetahui karakteristik kura-kura Brazil secara garis besar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat kura-kura Brazil agar tetap sehat. Berikut ini langkah-langkah perawatan kura-kura Brazil yang tepat bagi pemula:

1. Siapkan Akuarium Sesuai Ukuran Kura-kura

Siapkan Akuarium Sesuai Ukuran Kura-kura
Source: youtube.com

Cara pertama merawat kura-kura Brazil yang tepat adalah menyiapkan tempat seperti akuarium atau wadah yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh kura-kura. Kura-kura membutuhkan space atau ruangan yang cukup luas untuk dijelajahi.

Dengan menggunakan akuarium atau wadah ukuran besar, kura-kura Brazil bisa leluasa bergerak dan tumbuh dengan baik.

2. Perhatikan Suhu Air

Perhatikan Suhu Air
Source: vecteezy.com

Langkah selanjutnya setelah mempersiapkan akuarium atau wadah untuk memelihara kura-kura Brazil yaitu memperhatikan suhu air. Suhu air yang tepat untuk memelihara kura-kura Brazil yaitu sekitar 20 sampai 28° Celcius atau suhu ruang normal.

Apabila suhu airnya terlalu dingin, maka kura-kura Brazil bisa terkena penyakit paru-paru. Padahal, penyakit paru-paru pada kura-kura sangat berbahaya dan sulit untuk diobati.

3. Perhatikan Kebersihan Air

Perhatikan Kebersihan Air
Source: youtube.com

Cara merawat kura kura Brazil selanjutnya yaitu memperhatikan kebersihan air pada akuarium atau wadah yang digunakan untuk memelihara kura-kura. Penyakit kura-kura yang paling umum yaitu salmonella yang dapat menular ke manusia.

Penyakit ini bisa menyebabkan kondisi yang serius terutama saat manusia sedang dalam imun yang lemah. Agar kura-kura bisa tumbuh dengan baik dan kesehatan pemiliknya tetap terjaga, maka sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kualitas air pada akuarium atau wadah yang digunakan.

Untuk menjaga kebersihan air pada akuarium atau wadah, bisa menggunakan filter pada akuarium. Apabila tidak ingin menggunakan filter air, maka sering-seringlah untuk mengganti dan membersihkan air di dalam akuarium.

4. Berikan Beberapa Jenis Makanan

Berikan Beberapa Jenis Makanan
Source: freepik.com

Selain menjaga kebersihan air pada akuarium, coba juga memberikan beberapa jenis makanan untuk kura-kura Brazil. Berikan kura-kura Brazil makanan seperti pelet, sayuran, buah-buahan, dan hewan lunak seperti cacing tanah dan ikan kecil.

Sebelum memberikan pakan, pastikan untuk membersihkan pakan terlebih dahulu. Khusus untuk kura-kura Brazil yang masih kecil, sebaiknya berikan pakan yang sudah dipotong kecil-kecil untuk memudahkan kura-kura dalam mencerna makanan.

Berikan pakan dalam jumlah yang tepat dan sesuai kebutuhan. Apabila terlalu banyak, maka kura-kura akan mengalami kegemukan atau gangguan pencernaan. Waktu yang tepat untuk memberikan pakan pada kura-kura Brazil yaitu 2 kali sehari.

5. Beri Suplemen

Beri Suplemen
Source: turtlepets.com

Selain memberikan pakan sesuai porsi yang tepat, cara merawat kura kura Brazil selanjutnya yaitu memberikan suplemen khusus. Pemberian suplemen ini bertujuan agar imun tubuh kura-kura lebih kebal, tidak mudah sakit, dan memiliki umur yang panjang.

6. Beri Pencahayaan yang Cukup

Beri Pecahayaan yang Cukup
Source: istock.com

Tips lain untuk menjaga kura-kura Brazil tetap sehat yaitu dengan menempatkan kura-kura di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup. Letakkan akuarium atau wadah yang digunakan untuk memelihara kura-kura di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

Apabila tidak memungkingkan, bisa menggunakan bantuan lampu reflektor. Hal ini bertujuan agar kura-kura Brazil yang dipelihara bisa mendapatkan sinar UV A dan UV B yang cukup.

Dilansir dari lama Turtleholic, kura-kura juga membutuhkan sinar UV B yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan dan mempertahankan produksi vitamin D. Tanpa adanya sinar UV B, kura-kura tidak akan bisa memproses kalsium di dalam tubuh.

7. Bersihkan Cangkang

Bersihkan Cangkang
Source: pngtree.com

Sebagai salah satu hewan yang memiliki cangkang, cangkang kura-kura ini wajib dibersihkan secara rutin. Hal ini dikarenakan peran cangkang dalam melindungi tubuh kura-kura.

Cara membersihkan cangkang kura-kura bisa dilakukan dengan menyikat secara halus minimal 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan lumut pada cangkang kura-kura.

8. Ajak Kura-kura Bermain

Ajak Kura-kura Bermain
Source: hoo-zoo.com

Ketika memutuskan untuk memelihara kura-kura, jangan fokus pada pemberian pakan dan tempat tinggal kura-kura saja. Pemelihara juga perlu mengajak kura-kura peliharaan bermain untuk membantu membangun ikatan batin antara hewan peliharaan dengan pemilik.

Cara mengajak interaksi kura-kura Brazil bisa dilakukan dengan mengelus atau menggaruk tempurung secara lembut. Pastikan untuk melakukannya secara hari-hati karena ada beberapa ujung saraf kura-kura yang terletak di bagian tempurungnya.

Beberapa cara merawat kura kura Brazil di atas bisa dilakukan agar kesehatan kura-kura tetap terjaga. Pastikan juga untuk memberikan pakan yang sesuai dan selalu menjaga kebersihan kandangnya agar kura-kura tidak mudah terkena penyakit dan bisa berumur panjang.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar