Home » Tips Cara Merawat Anjing Agar Sehat dan Berumur Panjang

Tips Cara Merawat Anjing Agar Sehat dan Berumur Panjang

oleh tukang konten
12 Cara Merawat Anjing Agar Sehat dan Berumur Panjang

Selain dikenal karena kesetiaannya, anjing juga bisa menjadi hewan penjaga yang baik. Banyak orang percaya memelihara anjing dapat meredakan stres dan mengobati kesepian. Akan tetapi, saat memutuskan memelihara anjing di rumah tentu ada cara merawat anjing yang harus diperhatikan.

Merawat anjing agar tetap sehat memang tidak terlalu susah, namun bukan berarti bisa disepelekan. Para pemilik harus menyadari kebutuhan anjing peliharaannya dengan baik. Pemilik juga harus bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan anjing kesayangan.

Cara Merawat Anjing dengan Benar dan Baik untuk Kesehatannya

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan tanggung jawab sebagai pemilik. Untuk melakukan ini semua dibutuhkan waktu, kesabaran, dan kasih sayang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Berikut 12 cara merawat anjing agar selalu sehat:

1. Berikan Makanan dan Minuman Bernutrisi

Berikan Makanan dan Minuman Bernutrisi
Sumber: thedailymeal.com

Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar yang tidak boleh diabaikan. Meskipun hanya satu hari, anjing bisa sakit jika tidak mendapatkan pasokan makanan dan minuman yang cukup. Agar tetap sehat, anjing peliharaan perlu mendapatkan makanan dan minuman segar setiap harinya.

Pilihlah makanan yang tepat untuk anjing sesuai usia, ukuran, dan jenisnya. Pastikan memberi makanan yang berkualitas dan mengandung nutrisi tinggi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing di antaranya adalah protein, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tepat.

2. Perhatikan Asupan Makanannya

Perhatikan Asupan Makanannya
Sumber: canna-pet.com

Bila sebelumnya terkait nutrisi, maka kali ini perhatikan juga asupan makanannya. Jangan sampai makan yang terlalu berlebihan hingga menimbulkan lemak di tubuhnya dan membuat anjing kesayangan menjadi obesitas.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan beracun yang dapat membahayakan kesehatan anjing. Seperti kopi, kismis, jamur, dan kacang-kacangan. Jangan berikan anjing makanan manusia, terutama makanan cepat saji dengan kandungan gula dan garam yang tinggi.  

3. Berikan Anjing Tempat yang Nyaman untuk Beristirahat

Berikan Anjing Tempat yang Nyaman untuk Beristirahat
Sumber: thesprucepets.com

Jika sudah membawa anjing ke dalam rumah, artinya hewan tersebut sudah harus dipelihara dengan perawatan selayaknya penghuni rumah. Seperti halnya manusia, anjing juga memerlukan tempat yang bersih, kering dan hangat untuk beristirahat di malam hari.

Terlepas dari anjing tidur di dalam atau di luar rumah, pastikan anjing mendapat tempat beristirahat tertutup dengan suhu udara yang tepat. Jangan biarkan hewan ini berada di luar rumah saat kondisi cuaca buruk. Sebaliknya, pastikan kandang anjing mendapat cahaya matahari yang cukup.

4. Berikan Vaksin

Berikan Vaksin
Sumber: id.hutomosungkar.com

Pemilik anjing wajib memberikan vaksin kepada hewan peliharaannya. Sebab, ketika memasuki usia 3 bulan, antibodi pelindung yang diturunkan indukan secara alami telah habis. Untuk itu, anjing perlu divaksinasi untuk membantu mereka terlindung dari berbagai penyakit menular.

Bawa mereka ke dokter hewan, dokter biasanya akan merekomendasikan vaksinasi yang tepat sesuai kebutuhan anjing. Pemberian vaksin secara rutin akan melindungi anjing dan meningkatkan daya imunitas mereka.

5. Periksakan ke Dokter Secara Rutin

Periksakan ke Dokter Secara Rutin
Sumber: dailypaws.com

Berbeda dengan vaksin, kunjungan dokter kali ini bertujuan untuk memeriksa dan memastikan kesehatannya. Pemeriksaan rutinan biasanya dilakukan bulanan hingga tahunan untuk melakukan pencegahan dari berbagai penyakit hingga mendeteksi penyakit sejak awal.

Dari kunjungan rutin ini, dokter akan bertanya pada pemilik terkait perilaku anjingnya, asupan makanannya, kebiasaan aktivitas fisik, sambil memeriksa statistik vital. Periksakan anjing di klinik hewan yang memiliki fasilitas memadai dan dokter berlisensi.

6. Rutin Bersihkan Anjing dari Kutu

Rutin Bersihkan Anjing dari Kutu
Sumber: animalwised.com

Kutu dapat menjadi musuh kesehatan anjing. Parasit ini dapat menimbulkan kulit gata, sumber alergi, anemia, hingga cacing pita. Kini ada banyak produk pembunuh kutu yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, namun pemberian obat tetap harus memperhatikan kondisi dan berat anjing.

Sebelum mengobati, ada baiknya untuk melakukan pencegahan kutu sedini mungkin. Kutu menyukai tempat lembab dan terhindar dari cahaya matahari. Untuk itu, hindari hewan kesayangan dari tempat yang lembab dan pastikan lingkungan serta tempat tinggalnya selalu hangat.

7. Menjaga Kebersihan Anjing

Menjaga Kebersihan Anjing
Sumber: lacvets.com

Agar selalu sehat dan berumur panjang, tidak hanya asupan dalam tubuhnya saja yang harus dijaga tetapi kebersihannya juga. Oleh karena itu, jangan lupa menjaga selalu menjaga kebersihannya. Terutama untuk anjing yang gemar bermain di luar rumah, pastikan mereka selalu bersih dari kuman.

Saat selesai beraktivitas di luar rumah, ajak mereka mandi untuk membersihkan kotoran di tubuhnya. Sebaiknya mandikan anjing dua bulan sekali atau setidaknya tidak lebih dari seminggu sekali. Agar bulunya semakin mengkilap, bisa gunakan shampo khusus perawatan bulu anjing.

8. Bersihkan Gigi

Bersihkan Gigi
Sumber: dogs.lovetoknow.com

Bukan hanya bulu dan berat anjing, kesehatan gigi dan mulutnya menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Menyikat gigi anjing menjadi perawatan yang harus dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang mulut dan gigi.

Menyikat gigi menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anjing. Dengan menyikat gigi, penumpukan plak yang terdiri dari partikel makanan, air liur, dan bakteri yang menumpuk di gusi serta gigi dapat dihilangkan.

9. Sikat Bulunya

Sikat Bulunya
Sumber: marthastewart.com

Menyikat bulu anjing tidak akan memakan waktu lebih lama dari memandikannya. Selain hemat waktu, menyikat bulu hewan peliharaan ini dapat menghilangkan kotoran dan bau. Menyikat bulu secara teratur juga membuat bulu mereka lebih sehat dan berkilau.

Namun perlu diperhatikan, menyikat bulu anjing tidak boleh asal. Jika dilakukan sembarangan, tindakan ini dapat memicu masalah pada bulunya di masa mendatang. Oleh karena itu, teknik dan alat untuk merawat bulu anjing harus disesuaikan dengan bulunya.

10. Biarkan Anjing untuk Bergerak Fisik Secara Bebas

Biarkan Anjing untuk Bergerak Fisik Secara Bebas
Sumber: ruffinwranglers.com

Sebagai makhluk hidup sama seperti manusia, anjing pun perlu bergerak setiap harinya agar tetap sehat dan bugar. Beberapa jenis anjing perlu bergerak selama beberapa jam per hari, namun jenis lainnya cukup berjalan-jalan sebentar saja. Penting untuk memahami kebutuhan ‘olahraga’ anjing.

Jika anjing peliharaan di rumah termasuk jenis yang aktif dengan energi tinggi, pastikan mereka punya cukup ruang untuk dapat bergerak bebas. Bila kondisi rumah tidak memungkinkan, ajak mereka jalan-jalan keluar rumah seperti taman dan area lain agar mereka bebas berlari.

11. Ajak Bermain

Ajak Bermain
Sumber: youtube.com

Semua orang tahu bahwa anjing adalah hewan yang setia, mereka akan senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Pemilik anjing harus menyadari ini sehingga hewan kesayangannya itu dapat tumbuh dengan baik dan bahagia.

Luangkan waktu untuk mengajak mereka bermain, setidaknya mengelus mereka untuk memberikan kasih sayang. Sediakan juga mainan atau makanan yang disukai anjing dan ajak mereka berlarian agar terhindar dari stres dan merasa punya teman.

12. Jangan Latih Terlalu Keras

Jangan Latih Terlalu Keras
Sumber: bwpetcare.com

Anak anjing memang lebih mudah dilatih, namun berbeda dengan anjing dewasa. Melatih anjing yang sudah tua bisa meningkatkan cedera pada tulang dan sendi mereka. Selain itu, melatih secara berlebihan juga dapat membuat mereka kebingungan hingga bersikap agresif.

Sebagai hewan yang cerdas, pemilik dapat melatih mereka untuk mengikuti perintah kecil, seperti duduk, berdiri, bersikap tenang, hingga mengajarinya buang air di toilet. Terapkan metode pengajaran anjing yang tepat agar tidak terjadi kesalahan saat melatih.

Mungkin masih banyak informasi cara merawat anjing yang harus diperhatikan jika baru pertama kali memeliharanya, terutama mengenai perawatan fisik dan emosionalnya. Dengan cara yang benar, anjing bisa selalu tumbuh sehat dan hidup panjang umur bersama pemiliknya.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar