Home » 16 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Alami, Aman dan Efektif!

16 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Alami, Aman dan Efektif!

oleh tukang konten
16 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Alami, Aman dan Efektif!

Kucing memang menjadi hewan peliharaan yang banyak disukai karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Meski begitu, kucing sangat rentan terkena kutu karena bulunya yang terbilang lebat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu kucing yang tepat dan efektif?

Meskipun terdengar sepele, kutu pada kucing ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kulit manusia dan kucing itu sendiri. Untuk mengetahui cara menghilangkan kutu pada kucing secara alami dan aman, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Alami dan Efektif

Kutu kucing memang sangat mengganggu kucing dan manusia, terutama yang memiliki kulit sensitif. Namun, tidak perlu khawatir karena kutu kucing bisa dihilangkan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Berikut ini cara-cara mengatasi dan menghilangkan kutu pada kucing.

1. Gunakan Obat Kutu Kucing

Gunakan Obat Kutu Kucing
Source: bhinneka.com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu kucing yaitu dengan mengaplikasikan kutu kucing. Obat kutu ini bisa berbentuk spray, bedak, atau tetes yang dapat disemprotkan, ditaburkan, atau diteteskan pada tubuh kucing.

Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu kucing dan melindungi kucing dari serangan kutu yang mengganggu. Untuk obat kutu dalam bentuk tetes, pemilik kucing bisa meneteskannya ke bagian kulit belakang leher kucing, tepatnya di dasar tengkorak.

Obat tetes pembasmi kutu kucing ini akan melepaskan bahan aktif yang akan meresap dan menyebar ke seluruh permukaan kulit kucing. Bahan aktif ini akan melindungi tubuh kucing mulai dari hidung hingga ekor kucing sampai 28 hari.

Menurut studi Pub Meds, obat tetes kutu kucing ini dapat mengatasi iritasi yang terjadi pada kucing akibat gigitan kutu dan meredakan dermatitis alergi kutu (FAD) akibat air liur kutu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan tetes kutu setiap 4 minggu sekali.

Pemberian obat kutu ini juga tidak boleh sembarangan dan wajib memperhatikan usia, serta berat badan kucing. Untuk penanganan dan pemberian dosis obat kutu yang tepat, sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan.

2. Oleskan Minyak Zaitun

Oleskan Minyak Zaitun
Source: indonesian.alibaba.com

Selain obat kutu, cara menghilangkan kutu kucing juga bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak zaitun. Cara menghilangkan kutu menggunakan minyak zaitun juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya ke bulu kucing.

Diamkan sekitar 15 menit agar minyak zaitun meresap dan menembus ke permukaan kulit kucing. Nantinya, kutu-kutu yang hidup pada kulit dan bersembunyi di bulu kucing akan terlepas dengan sendirinya. Jika sudah, segera mandikan kucing dan keringkan bulunya agar tidak lembab.

3. Gunakan Collar

Gunakan Collar
Source: thesprucepets.com

Cara selanjutnya untuk membantu menghilangkan kutu pada kucing yaitu dengan menggunakan collar atau kalung anti kutu. Teknologi collar ini bisa menjadi cara menghilangkan telur kutu kucing yang ampuh dan efektif.

Beberapa merek atau brand produk collar anti kutu ini bahkan memiliki kemampuan untuk melindungi kucing dari kutu hingga 8 bulan dalam satu kali pemakaian saja. Collar atau kalung anti kutu ini dapat melepaskan bahan aktif dengan kecepatan yang lambat dan stabil.

4. Aplikasikan Sampo Anti Kutu

Aplikasikan Sampo Anti Kutu
Source: petsradar.com

Cara lain untuk menghilangkan kutu kucing yaitu dengan menggunakan shampo khusus kucing. Selain membantu membersihkan bulu dan kulit, kandungan bahan shampo khusus kucing juga bisa membantu membasmi kutu beserta telurnya.

Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kulit dan bulu kucing, bilas menggunakan air hangat agar kutu-kutu kucing lebih cepat mati. Pastikan bulu kucing benar-benar kering setelah dimandikan agar tidak tumbuh jamur. Agar hasilnya lebih efektif, pastikan untuk memandikan kucing secara rutin.

5. Oleskan Minyak Telon

Oleskan Minyak Telon
Source: penyayangkucing.com

Cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak telon juga bisa dilakukan untuk membasmi kutu dan telurnya secara alami dan efektif. Kandungan minyak atsiri pada minyak telon dapat membunuh kutu dan telur kutu secara cepat.

Cara menghilangkan kutu menggunakan minyak telon ini juga sangat mudah. Pemilik kucing bisa mengoleskan minyak telon ke seluruh permukaan kulit dan bulu yang sering dihinggapi kutu. Selain itu, minyak telon juga bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan kutu pada kucing.

6. Mandi Air Garam

Mandi Air Garam
Source: thesprucepets.com

Tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan memasak saja, garam juga menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi permasalahan kutu pada kucing. Cara menghilangkan kutu kucing dengan garam bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan melarutkan garam secukupnya ke dalam air hangat.

Setelah itu, ajak kucing untuk berendam di dalam larutan garam tersebut dan bilas tubuh kucing. Pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas agar kucing kesayangan tidak tersiksa dan segera keringkan bulunya agar tidak lembab dan memicu tumbuhnya jamur pada kulit kucing.

7. Pakai Gel Lidah Buaya

Pakai Gel Lidah Buaya
Source: review.bukalapak.com

Lidah buaya juga bisa menjadi alternatif obat pembasmi kutu pada kucing yang alami dan aman. Cara menghilangkan kutu kucing menggunakan lidah buaya juga sangat mudah yaitu cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bulu kucing.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan memblender gel lidah buaya, kemudian ambil airnya. Masukkan air jus lidah buaya tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan pada bulu, serta permukaan kulit kucing.

8. Semprotkan Air Lemon

Semprotkan Air Lemon
Source: jaktimnews.pikiran-rakyat.com

Selain lidah buaya, air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing secara alami. Rebus lemon yang sudah dipotong-potong selama beberapa menit, lalu biarkan hingga dingin. Saring air rebusan lemon, kemudian masukkan ke dalam botol spray.

Semprotkan cairan lemon ke seluruh tubuh kucing secara hati-hati. Hindari menyemprotkan air lemon ke bagian kepala, terutama area mata.

9. Semprotkan Cuka Apel

Semprotkan Cuka Apel
Source: jovee.id

Cuka apel mengandung senyawa anti bakteri yang dipercaya ampuh mengatasi permasalahan kutu pada kucing. Cara menghilangkan kutu menggunakan cuka apel juga sangat mudah karena cukup mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2. 

Campurkan satu sendok cuka apel dengan 2 sendok air, lalu masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan pada bagian tubuh kucing yang dihinggapi kutu.

10. Sisir Bulu Kucing

Sisir Bulu Kucing cara menghilangkan kutu kucing
Source: joom.com

Menyisir bulu kucing secara rutin juga dapat membantu menghilangkan kutu. Sisir kutu ini dapat membantu menyelidiki keberadaan kutu yang hinggap di dalam bulu kucing secara mendetail. Sisir bulu kucing dan letakkan kucing pada permukaan warna putih agar kutu mudah terlihat.

11. Vaksin Kucing

Vaksin Kucing cara menghilangkan kutu kucing
Source: dailypaws.com

Cara menghilangkan kutu kucing yang efektif selanjutnya bisa dilakukan dengan vaksin. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling ampuh untuk membasmi kutu kucing dan telurnya. Vaksin kucing ini sangat direkomendasikan sejak kucing masih kecil untuk mencegah tumbuhnya kutu.

Untuk melakukan vaksin, pemilik kucing bisa membawa kucing ke dokter hewan. Dengan mendapatkan vaksinasi, kucing akan terbebas dari kutu.

12. Semprotkan Aerosol

Semprotkan Aerosol
Source: worldindustrialreporter.com

Menyemprotkan cairan kimia seperti aerosol juga dinilai efektif untuk menghilangkan kutu pada kucing. Pilihlah insektisida atau pembasmi serangga yang memiliki kandungan adulticide seperti permethrin.

Kandungan ini dapat membantu membunuh kutu dewasa. Selain itu, bisa juga menggunakan zat pyriproxyfen dan methoprene yang mampu membunuh telur, larva, dan pupa kutu kucing.

Untuk cara satu ini, pastikan kucing peliharaan dan pemilik tidak bersentuhan hingga cairan benar-benar mengering. Agar lebih aman, gunakan sarung tangan saat menyemprotkan aerosol.

13. Jaga Kebersihan Kandang Kucing

Jaga Kebersihan Kandang Kucing cara menghilangkan kutu kucing
Source: foter.com

Cara efektif lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu kucing yaitu rutin membersihkan kandang. Kondisi kandang yang kotor dan lembab dapat memicu munculnya kutu kucing.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan meletakkannya pada ruangan dengan cahaya matahari yang cukup. Gunakan juga vacuum cleaner atau penyedot debu yang kuat untuk membersihkan lantai, kasur kucing, dan kain pelapisnya.  

Bersihkan celah dan tempat-tempat sempit yang bisa menjadi tempat persembunyian kutu beserta telur dan larvanya. Agar lebih efektif dan aman, sebaiknya gunakan vacuum cleaner yang sudah dilengkapi kantong.

14. Gunakan Pembersih Uap

Gunakan Pembersih Uap
Source: id.aliexpress.com

Selain vacuum cleaner, cara menghilangkan kutu kucing di rumah bisa dilakukan dengan menggunakan pembersih uap. Alat ini bisa digunakan untuk membersihkan tempat tidur atau kandang kucing dan barang-barang di rumah lainnya yang kemungkinan dihinggapi kutu kucing.

Perpaduan antara sabun dan panas dari alat dapat membunuh kutu kucing secara efektif. Pastikan untuk membersihkan rumah dan kandang kucing menggunakan alat pembersih uap agar hasilnya maksimal.

15. Batasi Aktivitas di Luar Rumah

Batasi Aktivitas di Luar Rumah cara menghilangkan kutu kucing
Source: nbcnews.com

Aktivitas kucing di luar rumah memang sulit untuk diawasi. Padahal, hal tersebut sangat memungkinkan kucing untuk terpapar kutu, bakteri, atau virus yang membahayakan kesehatan. Maka dari itu, batasi aktivitas dan luangkan waktu untuk bermain bersama kucing di dalam rumahara ini .

16. Pisahkan Kucing dari Hewan Lainnya

Pisahkan Kucing dari Hewan Lainnya
Source: usatoday.com

Cara lain untuk menghilangkan kutu kucing adalah dengan memisahkan kucing yang berkutu dengan kucing lainnya. Cara ini bisa dilakukan apabila kucing yang dipelihara lebih dari satu ekor.

Isolasikan kucing yang berkutu dari kucing atau hewan peliharaan lainnya agar tidak tertular kutu dan perawatan pembasmian kutu bisa lebih efektif.

Cara menghilangkan kutu kucing di atas bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan kutu secara aman dan efektif. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, kutu-kutu pada kucing yang tidak segera ditangani justru akan menimbulkan masalah yang serius, terutama masalah kulit.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar