Home » Cara Memandikan Kelinci Berikut Langkah dan Persiapannya!

Cara Memandikan Kelinci Berikut Langkah dan Persiapannya!

oleh tukang konten
Cara Memandikan Kelinci Berikut Langkah dan Persiapannya

Pada dasarnya kelinci memiliki insting yang sangat baik untuk membersihkan diri sendiri. Namun tidak jarang, pemilik kelinci ingin memberikan perawatan yang terbaik dnegan memandikannya agar tetap bersih dan sehat. Meski begitu, cara memandikan kelinci tidak boleh dilakukan sembarangan.

Pada kenyataannya, merendam kelinci kesayangan di dalam air justru akan membahayakan keselamatannya. Karena hal itu bisa membuat kelinci terkejut dan bahkan mengalami hipotermia. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana cara yang dianjurkan untuk memandikannya.

Persiapan yang Dibutuhkan untuk Memandikan Kelinci

Persiapan yang Dibutuhkan untuk Memandikan Kelinci
Source: petkeen.com

Memandikan kelinci memang membutuhkan teknik tersendiri agar kelinci tidak merasa trauma dan tetap nyaman saat dibersihkan. Tahap memandikan kelinci yang benar bisa diawali dengan mempersiapkan terlebih dahulu beberapa perlengkapan seperti berikut ini:

  • Bak mandi yang menjadi wadah untuk memandikan kelinci.
  • Air hangat yang digunakan untuk memandikan kelinci.
  • Kapas yang digunakan untuk menutup telinga kelinci.
  • Cotton bud dan baby oil untuk membersihkan telinga kelinci.
  • Gunting kuku untuk memotong kuku kelinci.
  • Shampo khusus untuk kelinci.
  • Handuk lembut yang kering.
  • Hairdryer untuk mengeringkan bulu kelinci.

Cara Memandikan Kelinci dengan Benar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memandikan kelinci tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa berakibat fatal. Lantas, bagaimana cara memandikan seekor kelinci? Adapun langkah yang diperlukan untuk memandikan kelinci dengan benar adalah seperti berikut:

1. Menyiapkan Air Hangat dan Memasukkan Kelinci secara Perlahan

Menyiapkan Air Hangat dan Memasukkan Kelinci secara Perlahan
Source: thedodo.com

Memandikan kelinci dengan air dingin sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat kelinci terkejut dan mengalami hipotermia yang berakibat fatal. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan ketika memandikan kelinci adalah menyiapkan air hangat untuk mandi.

Selanjutnya kelinci bisa dimasukkan secara perlahan di bak mandi tersebut agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Namun sebelumnya, gunakan kapas untuk menutup kedua telinga kelinci agar tidak kemasukan air dan pastikan suhu air tetap hangat.

2. Menyiram Badan Kelinci

Menyiram Badan Kelinci
Source: pinterest.com

Jika kelinci sudah bisa beradaptasi maka langkah selanjutnya adalah menyiram badannya dengan air hangat dan diusap secara merata. Lakukan pijatan lembut pada tubuhnya namun jangan sampai hidung dan matanya kemasukan air karena akan membuat kelinci trauma.

Merendam kelinci di dalam air sangat tidak disarankan untuk jenis kelinci yang sangat sensitif dan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap air. Oleh karena itu, sebelum memandikan kelinci sebaiknya mengamati terlebih dahulu bagaimana karakter kelinci yang dimiliki.

3. Menggosok dengan Lembut dan Memberikan Shampo

Menggosok dengan Lembut dan Memberikan Shampo
Source: wikihow.com

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menggosoknya secara perlahan dan memberikan shampo. Usahakan juga untuk membersihkan bagian tubuh yang sulit dijangkau seperti area anus, telapak kaki, serta di sela-sela kuku.

4. Bilas sampai Bersih dan Pindahkan Kelinci

Bilas sampai Bersih dan Pindahkan Kelinci
Source: pawtracks.com

Setelah semua bagian tubuh digosok dan dibersihkan, maka langkah selanjutnya adalah membilas kelinci sampai bersih. Lakukan pembilasan sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

Pastikan tidak ada sisa shampo yang menempel di kulit karena hal itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit kelinci. Jika sudah selesai segera pindahkan kelinci ke tempat yang kering dan bersih agar tidak kedinginan.

5. Keringkan dengan Handuk Lembut

Cara Memandikan Kelinci dengan Benar
Source: pawtracks.com

Cara memandikan kelinci selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengeringkan tubuh kelinci dengan handuk yang lembut dan kering. Sebaiknya gunakan beberapa lembar handuk agar proses pengeringannya lebih maksimal. Mengingat kondisi bulu kelinci yang tebal.

Pastikan semua bagian tubuh kelinci sudah dilap dengan handuk, termasuk di area yang sulit dijangkau. Dengan begitu maka semua bagian tubuh kelinci bisa kering dan tidak lembab.

6. Keringkan dengan Hairdryer

Keringkan dengan Hairdryer
Source: petkeen.com

Untuk memaksimalkan proses pengeringan pada tubuh kelinci yang telah selesai dimandikan, gunakan juga hardryer untuk membantu pengeringan. Sebaiknya suhu diatur dalam kondisi hangat dan rendah. Pastikan suhu yang keluar tidak terlalu panas karena kelinci sangat sensitif.

Gerakkan hairdryer secara maju mundur agar aliran suhunya tidak hanya terfokus pada satu bagian saja. Lewati untuk beberapa kali pada bagian anus yang basah.

Sesekali usapkan handuk kering pada tubuh kelinci agar tidak kepanasan saat dikeringkan dengan hardryer. Selanjutnya bisa mulai mengeringkan bulu di area anus tersebut hingga benar-benar kering dan tidak lembab.

7. Bersihkan Telinga Kelinci

Bersihkan Telinga Kelinci
Source: istockphoto.com

Jika seluruh badan kelinci sudah bersih dan kering, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan telinga kelinci menggunakan cotton bud dan baby oil. Bersihkan telinga bagian luar dan dalam secara hati-hati dan lakukan secara perlahan.

8. Bersihkan Kutu

Bersihkan Kutu
Source: petsradar.com

Membersihkan kutu pada kelinci bisa dilakukan dengan menggunakan larutan kutu yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan kelinci. Hal ini sangat penting agar larutan tersebut tidak membahayakan kulit kelinci yang akan berpengaruh pada sistem tubuhnya.

Meskipun di dalam kemasan larutan kutu tertulis aman, sebaiknya jangan pernah merendam kelinci kesayangan dengan larutan pembasmi kutu tersebut. Gunakan dosis yang dianjurkan serta aplikasikan pada bagian tubuh yang aman seperti area di antara tulang belikat.

Jika ingin menggunakan metode yang lebih aman dan alami, solusi terbaiknya adalah dengan sisir kutu. Mintalah bantuan seseorang untuk memegang kelinci agar bisa menyisir bulunya dengan maksimal sehingga kutu yang bersarang dapat disingkirkan.

9. Gunting Kuku dan Bulu

Gunting Kuku dan Bulu
Source: petsradar.com

Salah satu cara merawat kelinci biar sehat adalah dengan menggunting kuku dan bulunya. Jika sudah selesai membersihkan telinga, maka langkah selanjutnya adalah menggunting kuku dan bulu kelinci.

Bulu yang dimaksud di sini adalah bulu yang menggumpal. Sebenarnya untuk mengatasi bulu menggumpal bisa dengan menggunakan alat mat splitter. Alat tersebut bisa memperbaiki kondisi bulu kelinci yang menggumpal tanpa menyakiti keinci.

Memangkas bulu kelinci secara rutin juga sangat dianjurkan agar tubuhnya tidak lembab. Salah satunya di area anus serta bagian bawah yang tumbuh panjang. Dengan rutin memangkas bulunya maka bisa membantu kulit di bagian bawah untuk cepat kering dan tetap bersih.

Selain itu, jangan lupa untuk memotong kuku kelinci dengan gunting khusus agar tidak tajam. Namun perlu diingat, hindari memotong kuku kelinci yang sedang dalam kondisi hamil. Karena kuku tersebut akan digunakan untuk menggali lubang dan membuat sarang.

10. Berikan Makan

Berikan Makan
Source: a-z.animals.com

Jika semua proses tersebut selesai dilakukan, maka tahap terakhir bisa segera memberikan makan pada kelinci. Setelah melalui semua proses pembersihan tersebut, tentunya kelinci peliharaan akan merasa lapar. Pastikan makanan yang diberikan mengandung banyak nutrisi.

11. Bersihkan Kandang Kelinci secara Menyeluruh

Bersihkan Kandang Kelinci secara Menyeluruh
Source: animallama.com

Salah satu tujuan memandikan kelinci kesayangan di rumah adalah agar kondisinya tetap bersih dan sehat. Namun hal itu tidak akah berarti jika kebersihan kandang yang menjadi tempat tinggal kelinci tidak diperhatikan.

Oleh karena itu, agar kondisi kelinci semakin bersih dan sehat, maka tahap terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membersihkan kandang kelinci secara menyeluruh. Sebaiknya cuci semua perlengkapan yang ada dikandang secara rutin, termasuk mainannya.

Sama seperti kucing, sebenarnya kelinci memiliki naluri yang kuat untuk membersihkan dirinya sendiri. Dengan begitu maka tidak perlu memandikan kelinci terlalu sering, terlebih jika kelinci menunjukkan ketidaknyamanannya. Selain itu, cara memandikan kelinci juga harus tepat dan tidak sembarangan.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar