Home » Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak dan Cirinya

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak dan Cirinya

oleh tukang konten
Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak

Kucing memang menjadi hewan peliharaan yang banyak disukai karena tingkahnya yang menggemaskan. Lalu, bagaimana cara kucing berkembang biak? Sebagai salah satu hewan mamalia, kucing berkembang biak dengan vivipar atau melahirkan.

Sebelumnya, kucing juga akan mengalami masa birahi hingga akhirnya kawin. Untuk mengetahui cara perkembangbiakan kucing dan ciri-ciri kucing yang akan melahirkan, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak?

Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang masuk dalam kategori vivipar. Sebagai hewan kategori vivipar, bagaimana cara kucing berkembang biak adalah dengan cara melahirkan melalui proses perkawinan terlebih dahulu.

Dalam tahap perkawinan ini, maka akan terjadi pembuahan antara sel betina dan sel jantan kucing yang menyebabkan induk kucing betina mengalami fase kehamilan. Lalu, berapa waktu yang dibutuhkan kucing untuk hamil?

Masa kehamilan kucing akan terjadi selama 58 hari hingga 67 hari atau kurang lebih 2 bulan. Sama halnya seperti manusia, induk kucing biasanya akan mengonsumsi makanan lebih banyak hingga 50% selama kehamilan.

Hal inilah yang membuat pemilik kucing wajib menambah porsi makanan untuk kucing agar terpenuhi asupan makanan induk dan anak kucing di dalam kandungan.

Tanda-Tanda Kucing Birahi

Tanda-tanda Kucing Birahi
Source: dailypaws.com

Setelah mengetahui bagaimana cara kucing berkembang biak, pemilik kucing juga wajib tahu tanda-tanda birahi pada kucing. Tanda paling menonjol yang terjadi saat kucing birahi adalah perubahan perilaku.

Kebanyakan kucing yang birahi biasanya menjadi lebih manja, sangat penyayang, dan cari perhatian dengan pemiliknya. Mereka akan mendekat dan menggesekkan tubuhnya ke benda-benda yang ada di sekitarnya atau ke tubuh pemiliknya.

Kucing yang birahi biasanya juga akan berguling-guling di lantai. Ketika tubuhnya dibelai terutama pada bagian tulang belakang dan punggung, mereka biasanya akan mengangkat tubuh bagian belakang ke atas. Selain itu, mereka juga akan lebih banyak bersuara atau mengeong.

Perubahan-perubahan inilah yang seringkali membuat pemilik merasa terganggu dan mengira bahwa kucing mereka mengidap penyakit yang tidak biasa. Padahal, tanda-tanda ini hanya pertanda bahwa kucing sedang mengalami masa birahi dan siap kawin.

Ciri-Ciri Kucing Akan Melahirkan

Setelah mengetahui bagaimana cara berkembang biak kucing dan tanda-tanda birahi pada kucing, biasanya kucing akan segera memasuki masa kawin. Nah, berikut ini ciri-ciri kucing yang akan melahirkan:

1. Lebih Sering di Tempat Sepi dan Tersembunyi

Lebih Sering di Tempat Sepi dan Tersembunyi
Source: freepik.com

Salah satu ciri-ciri kucing yang akan segera melahirkan yaitu kucing menjadi lebih sering berada di tempat yang sepi dan tersembunyi. Kucing akan mulai mencari tempat yang sepi dan tersembunyi atau terpencil sekitar satu sampai dua minggu sebelum melahirkan.

Untuk kucing-kucing yang dipelihara di rumah, biasanya kucing akan mondar-mandir ke kolong tempat tidur, kolong lemari, atau lemari pakaian. Hal ini dilakukan induk kucing yang akan melahirkan untuk menghindari predator atau manusia asing yang mengganggu bayi-bayinya.

Kucing yang baru dilahirkan tentunya belum bisa melakukan banyak hal, terutama dalam perlindungan diri. Bahkan, mata kucing yang baru lahir biasanya belum bisa terbuka dengan sempurna.

Hal inilah yang membuat induk kucing memilih tempat-tempat sepi dan tersembunyi yang jauh dari jangkauan predator atau hewan lainnya.

2. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu Makan Berkurang
Source: purina-arabia.com

Ketika akan melahirkan, nafsu makan induk kucing biasanya akan berkurang. Hal ini dikarenakan induk kucing yang mulai mudah lelah dan kesulitan untuk bergerak akibat perut yang semakin besar. Meskipun wajar, berkurangnya selera makan kucing juga bisa disebabkan faktor lainnya.

3. Durasi Tidur Lebih Lama

Durasi Tidur Lebih Lama
Source: youtube.com

Selain nafsu makan yang menurun, kucing yang akan melahirkan biasanya memiliki durasi tidur yang lebih lama dari biasanya. Jika pada umumnya kucing bisa tidur selama 16 sampai 18 jam setiap hari, maka kucing akan tidur lebih lama saat sudah mendekati masa melahirkan. 

4. Lebih Sering Mengeong

Lebih Sering Mengeong
Source: news18.com

Tidak hanya saat masa birahi saja, kucing yang akan melahirkan juga lebih sering mengeong. Jika kucing sudah mulai terus-terusan mengeong, maka segera siapkan kotak atau kardus yang sudah dialasi kain dan letakkan pada tempat yang sepi sebagai tempat melahirkan untuk induk kucing.

5. Keluar Air

Keluar Air
Source: smamandalahayu.sch.id

Beberapa waktu sebelum kucing melahirkan, mereka akan mengeluarkan cairan seperti pipis. Jika kucing sudah memperlihatkan tanda ini, maka segera siapkan tempat yang nyaman untuk melahirkan.

Info mengenai bagaimana cara kucing berkembang biak di atas bisa menjadi tambahan wawasan bagi pemilik kucing. Dengan mengetahui tanda birahi dan ciri-ciri kucing akan melahirkan, maka pemilik bisa memberikan penanganan dan perlakuan yang tepat agar kucing merasa nyaman.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar