Home » 10 Jenis Bebek Hias Paling Cantik Di Dunia

10 Jenis Bebek Hias Paling Cantik Di Dunia

oleh tukang konten
10 Jenis Bebek Hias Paling Cantik Di Dunia

Belum banyak orang yang tahu bahwa ada jenis bebek selain bebek petelur dan pedaging, yaitu bebek hias. Bebek yang satu ini memang tidak diambil daging maupun telurnya, melainkan dinikmati kecantikannya.

Ada puluhan jenis bebek cantik semacam ini dan beberapa di antaranya dapat ditemukan di Indonesia. Harga dari bebek-bebek ini pun bervariasi, namun tentunya lebih mahal dibandingkan dengan bebek biasa.

10 Jenis Bebek Hias dari Seluruh Dunia

Berikut ini adalah contoh bebek cantik yang banyak dikoleksi oleh orang-orang dengan berbagai macam spesifikasi.

1. Bebek Mandarin

Bebek Mandarin
Source: id.wikipedia.org

Sesuai dengan namanya, bebek yang memiliki warna dahi hitam kehijauan ini berasal dari daratan Cina. Bebek ini merupakan bebek paling cantik di dunia, Pasalnya, bebek dengan jambul ungu di belakang kepala ini memiliki warna bulu yang indah.

Kebanyakan bebek Mandarin memiliki  perpaduan bulu berwarna putih, biru, ungu dan juga oranye cerah. Perbedaan antara bebek jantan dan betina terletak pada warna bulu, serta ukuran cincin mata. Bebek mandarin betina memiliki warna bulu yang lebih abu-abu.

Selain itu, cincin mata bebek betina lebih kecil dibandingkan dengan bebek jantan. Untuk ukuran tubuh, bebek jantan lebih besar dari ebbek betina, namun keduanya memiliki rata-rata panjang tubuh sekitar 41 – 49 cm dengan entangan sayang 65 – 75 cm. 

Bobot bebek yang bisa menghasilkan 12 butir telur sekali produksi ini memang relatif ringan, Bebek dewasa hanya berkisar antara 500 hingga 700 gram saja. 

2. Bebek Smew

Bebek Smew
Source: smartresize.com

Bebek yang dapat ditemukan di daerah Amerika Utara, Eropa dan sebagian Asia ini merupakan bebek yang terkenal karena bulunya. Di antara sekian banyak bebek cantik, bebek yng satu ini memiliki dominasi warna hitam dan putih yang menonjol.

Bebek jantan mempunyai tanda di bagian kepala yang berwarna hitam. Tentunya tanda ini begitu mencolok karena sebagian besar warna bulunya adalah putih. Selain itu, pada bagian sayap memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan tubuh lainnya dan terdapat bercak-bercak putih.

Mata bebek jantan berwarna hitam sedangkan bebek betina berwarna coklat tua. Bebek betina memiliki tenggorokan berwarna putih dan bagian dada berwarna abu-abu terang. 

3. Bebek Aylesbury

Bebek Aylesbury
Source: vetmedicinae.com

Kebanyakan spesies hewan memang dinamakan sesuai dengan tempat mereka ditemukan. Sama seperti bebek hias yang satu ini. Bebek cantik ini memang banyak dijumpai di daerah Aylesbury, bagian London Selatan.

Dulunya, bebek yang memiliki warna putih dengan kaki kuning ini merupakan maskot kota Aylesbury pada permulaan abad 18. Sekarang ini sangat sulit menemukan jenis bebek Aylesbury murni. Kebanyakan yang ada sekarang adalah hasil persilangan dengan bebek pedaging lainnya. 

Hal ini terjadi karena awalnya memang bebek ini biasa dikonsumsi hingga akhirnya berkembang menjadi bebek untuk peliharaan. Bebek inilah yang kemudian menjadi cikal bakal bebek peking. Jadi bisa dibilang bebek Aylesbury muni sudah sangat langka.

4. Merganser Berkerudung

Merganser Berkerudung
Source: id.existencebirds.com

Spesies asli dari Amerika Utara ini merupakan jenis margenser paling kecil di antara jenis merganser lainnya. Jenis yang satu ini tidak dapat ditemukan di tempat lain. Untuk membedakan bebek jantan dan betina bisa dilihat dari matanya.

bebek jantan memiliki mata berwarna kuning sedangkan bebek betina berwarna coklat. Selain itu jambul bebek jantan berwarna putih dengan bentuk kipas, sementara bebek betina memiliki warna jambul coklat kemerahan. 

5. King Eider

King Eider
Source: ebird.org

Bebek cantik ini mendapatkan julukan raja karena pada bagian kepalanya terdapat benjolan seperti kenop yang menyerupai mahkota. Bebek yang hanya hidup di belahan bumi utara ini merupakan spesies bebek laut paling besar.

Kamu dapat menemukan keberadaan mereka di pantai Kanada, Greenland hingga Rusia. Bebek betina memiliki badan yang berwarna coklat sedangkan bebek jantan memiliki warna hitam dengan dada putih. 

6. Bebek Ekor Panjang

Bebek Ekor Panjang
Source: smartresize.com

Dikenal sebagai penyelam yang handal, bebek ekor panjang memang lebih senang tinggal di daerah pantai, terutama saat musim dingin. Bebek ini memiliki nama lain yaitu Old Squaw ketika berada di Amerika Serikat.

Keunikan yang dimiliki bebek ini adalah mereka bisa berganti warna bulu tergantung dari musim. Jadi warna bulu mereka bisa berbeda saat musim dingin dan musim panas. Contohnya pada bebek jantan, pada bagian kepala terdapat sekumpulan bulu berwarna putih yang akan berubah hitam saat perubahan musim terjadi.

7. Bebek Bali

Bebek Bali
Source: vetmedicinae.com

Tentu saja jika mendengar namanya kamu sudah tahu bahwa bebek satu ini berasal dari Pulau Bali. Kekuatan bertahan hidup bebek satu ini juga tinggi, sehingga memungkinkannya hidup di luar wilayah Bali dan Lombok.

Jenis bebek Bali dapat dibedakan berdasarkan produksi telurnya. Bebek ini memang dikenal sebagai bebek hias khas Indonesia sekaligus bebek petelur. Berat bebek jantan bisa mencapai 2 kg, sedangkan bebek betina hanya sampai 1,8 kg saja.

Bebek Bali merupakan jenis bebek dengan leher pendek dan kecil namun tegak dan sedikit melengkung. Bagian ekor bebek Bali juga lebih pendek dibandingkan bebek lainnya. Selain itu, ciri khas yang paling kentara adalah jambul di bagian kepala yang membuat seperti bersanggul.

8. Bebek Eider berkacamata

Bebek Eider berkacamata
Source: brilio.net

Bebek yang satu ini memiliki bercak di bagian mata yang membuatnya seperti sedang mengenakan kacamata. Spesies ini merupakan jenis bebek laut dengan panjang tubuh sekitar 52,8 cm untuk jantan dan 49,8 untuk betina.

Bebek Eider Berkacamata bisa ditemukan di daerah Alaska dan Siberia timur. Untuk membedakan bebek jantan dan betina bisa dilihat dari bagian mata. Bebek betina memiliki warna bulu di sekitar mata yang lebih coklat terang dibandingkan jantan.

Selain itu, warna bulu di tubuh bebek betina juga lebih coklat dibandingkan jantan. Sedangkan pada tubuh jantan memiliki bulu dengan kombinasi lebih beragam seperti putih di bagian punggung, kuning kehijauan di bagian kepala dan hitam pada bagian tubuh.

9. Bebek Mallard

Bebek Mallard
Source: pixabay.com

Jenis bebek yang satu ini merupakan jenis yang sering dilihat di film kartun. Bebek Mallard merupakan bebek liar yang dapat dijumpai di hutan basah. Saat musim kawin tiba, mereka akan melakukan migrasi secara berkelompok.

Sebagai unggas, cara berkembang biak bebek Mallard juga dengan bertelur. Bebek betina membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk akhirnya bisa meletakkan telur mereka. Butuh waktu dari 7 – 14 hari sampai mereka benar-benar selesai bertelur.  

Sama seperti warna telur bebek kebanyakan, warna telur bebek Mallard juga berwarna hijau pucat dengan bentuk oval. Untuk bisa menetas, telur bebek harus dierami selama 25 hari. Nanti anak-anak bebek akan memecahkan telur mereka dari dalam mulai hari ke 26 sampai 28.

Keistimewaan yang dimiliki oleh anak bebek mallard adalah kemampuan mereka bersosialisasi sejak dini. Setelah lahir, mereka akan langsung berkelompok dan langsung bisa berenang tanpa perlu diajari.

10. Bebek Kayu

Bebek Kayu
Source: pixabay.com

Satu lagi jenis bebek cantik yang berasal dari Amerika Utara, yaitu bebek kayu. Bebek dengan bulu indah ini juga kerap disebut dengan nama bebek carolin. Berat bebek yang satu ini juga tergolong ringan. 

Untuk jantan, umumnya bobot bebek dewasa hanya mencapai 680 gram sedangkan untuk bebek betina seberat 640 gram. Adapun ciri utama dari bebek ini dapat dilihat pada bagian leher atas. Pada area ini akan terdapat bulu dengan warna putih.

Untuk bagian leher dan dada, warna bulu bebek Mallard adalah coklat. Pada area sekitar mata terdapat titik hitam sedangkan warna mata mereka sendiri adalah merah.

Berbeda dengan bebek lainnya, bebek Mallard merupakan bebek omnivora yang memakan biji-bijian sekaligus serangga maupun ikan kecil.

Unggas memang hewan yang kerap dijadikan sebagai hewan ternak maupun peliharaan, salah satunya adalah bebek. Kelincahan dan kelucuan mereka membuat siapapun pasti ingin memiliki bebek, terutama bebek hias.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar