Home ยป Ayam Pelung: Ciri-ciri, Harga, dan Tips Usaha untuk Pemula

Ayam Pelung: Ciri-ciri, Harga, dan Tips Usaha untuk Pemula

oleh tukang konten
Usaha Ayam Pelung Bisa Raih Untung Jutaan

Ayam pelung sangat dikenal dengan bunyi suara kokoknya yang lengking dan lantang. Selain itu, ayam ini mempunyai bentuk tubuh yang besar, tegap, dan tembolok yang menonjol. Ukuran kakinya panjang dan kuat serta mempunyai daging paha yang tebal.

Mempunyai bentuk tubuh dan ciri khas bunyi kokoknya, ayam ini bisa dijadikan sebagai ide usaha yang menarik dan menjanjikan. Karena akhir-akhir ini banyak sekali peminat ayam ini untuk dijadikan ternak hingga untuk acara kontes ayam. Simak ulasan dan tips usaha di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Ciri-ciri Ayam Pelung

Kriteria Ayam Pelung
Source: jualayamhias.com

Ayam pelung termasuk jenis ayam kampung yang banyak dikembangkan di daerah Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat. Memiliki berat badan 3,5-5,5 kg untuk jantan dan 2,5-3,5 kg untuk betina. Ini termasuk ukuran tubuh yang besar jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Ayam jantan mempunyai jengger warna merah segar, besar, bergerigi dan tegak. Ayam betina juga mempunyai jengger tapi perkembangannya tidak sebaik ayam jantan. Kriteria tubuh yang baik dan sehat inilah yang membuat banyak peminat ayam tertarik untuk beternak pelung.

Tidak hanya itu, kriteria pelung yang bagus juga dilihat dari suara kokoknya. Suara pelung jantan mempunyai kriteria volume, durasi mencapai 10 hingga 11 detik, kejernihan, irama suara awal yang khas dan suara yang lebih lantang. 

Kriteria suara yang baik juga membuat harga ayam pelung akan semakin tinggi. Faktor yang sangat menentukan kualitas suara ayam ini adalah faktor genetik, cara pemeliharaan dan peternakan, perawatan, terjaganya kondisi kesehatan dan kualitas pakan yang diberikan. 

Pelung yang dijaga dan dirawat dengan baik akan selalu sehat dan suara kokok akan berkembang dengan baik pula.

Kisaran Harga

Kisaran Harga Ayam Pelung
Source: ayampelungcianjur.co.id

Ayam ini dijual dengan berbagai macam harga tergantung keadaan ayamnya. Mulai dari telur hingga ayam pelung jumbo. Berikut ini perkiraan harganya:

Ukuran AyamBeratPerkiraan Harga
Telur ayamRp35.000/butir
Anakan ayam (DOC)Kira-kira 40 gramRp50.000/ekor
Anakan ayam umur 1,5 bulan500 gramRp130.000/ekor
Anakan ayam umur 2 bulan800 gramRp225.000/ekor
Ayam betina dewasaRp355.000/ekor
Ayam umur 3 bulan1,2 kg dengan jengger tunggalRp505.000/ekor
Ayam umur 6 bulan2 kg dengan jengger tunggalRp700.000/ekor
Ayam umur 7 bulan2-2,5 kg, jengger tunggal tegak (warna bulu hitam, jalak, kuning, merah, dll)Rp750.000/ekor
Ayam umur 8 bulan (siap kontes)3 kg, jengger tunggal tegak (warna bulu hitam, jalak, kuning, merah, dll)Rp1.000.000/ekor

Perkiraan harga di atas adalah untuk ayam pelung asli yang dipelihara dan diternak dengan baik oleh pengusaha pelung. Harga tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada daerah penjualan, kondisi pasar dan persaingan dalam penjualan pelung.

Tips Usaha Ayam Pelung

Tips Usaha Ayam Pelung
Source: tauwisataindonesia.com

Setelah mempelajari apa itu ayam pelung dan kisaran harganya, maka akan sangat menguntungkan apabila usaha pelung dijalankan. Berikut ini tips untuk menjalankan usaha ayam ini:

1. Mengembangkan Bibit Unggulan dan Terbaik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit pelung yang unggul dan terbaik. Pembibitan dari induk yang sehat akan menghasilkan anakan yang sehat pula. Sehingga akan memudahkan untuk merawat dan melatihnya. Bibit pelung yang unggul dan baik dapat dilihat dari kriteria induknya:

  • Seluruh bagian tubuh tidak ada yang cacat
  • Induk jantan mempunyai jengger yang cerah, paruh pendek, kepala kuat dan kokoh
  • Mata jernih dan tajam
  • Gerakan gesit, lincah serta peka dan langsung memberontak saat dipegang
  • Ukuran tubuh sedang (tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk)
  • Paha dan dada mempunyai otot yang gempal dan tulang yang kuat
  • Jarak antara ujung tulang dada dan dubur lebih kurang seukuran tiga jari tangan
  • Bulu mengkilat, tersusun teratur dan saling berhimpit

Selain dari induknya, juga perlu memilih bibit telur yang unggul dan berkualitas untuk dijual. Telur yang berkualitas mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Telur berwarna putih kecoklatan dengan berat lebih kurang 30 sampai 60 gram
  • Kulit telur bersih, rata, berbentuk panjang dan lebar

2. Cukupi Kebutuhan Pakan dengan Maksimal

Hasil peternakan pelung yang baik didukung oleh pemberian pakan yang cukup dan maksimal. Asupan pakan yang baik untuk ayam jenis ini adalah protein hewani mentah yang dapat menjaga postur tubuh agar tetap kuat dan meningkatkan kualitas suara kokoknya.

Jenis pakan yang bisa dikonsumsi oleh pelung mulai dari pakan alami hingga pakan yang diolah dari pabrik. Kandungan nutrisi pakan juga harus diperhatikan. Misalnya pemberian pakan berupa kacang hijau dan jagung yang mengandung fosfor dan kalium.

Kandungan fosfor dan kalium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan jantung bagi pelung. Adapun pakan lainnya yang bisa membentuk suara merdu bagi pelung adalah dedak, sayuran seperti sawi, kangkung, bayam, kacang-kacangan dan lainnya.

3. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sebagai tempat tinggal ayam ini harus diperhatikan. Kandang yang bersih dan nyaman akan membuat pelung menjadi betah dan tidak tertekan selama dijadikan ternak. Kandang juga harus jauh dari jangkaun hewan pengganggu seperti tikus dan musang.

Posisi kandang harus bisa dimasuki cahaya matahari yang cukup sehingga pelung bisa berjemur dari dalam kandang meskipun sesekali tidak dikeluarkan dari kandang. Kandang juga harus bisa memudahkan pemeliharaan dengan baik agar pemberian pakan dan pengambilan telur tidak terjadi masalah.

4. Mengkawinkan Ayam

Jika ingin mengawinkan ayam, maka harus dalam kandang terpisah yang sejajar. Kemudian biarkan mereka berinteraksi beberapa saat hingga muncul interaksi ketertarikan antar ayam. Apabila sudah ada interaksi ketertarikan maka satukan dalam kandang yang sama dan mereka bisa melakukan perkawinan.

5. Beri Latihan Mengikuti Kontes

Agar pelung menghasilkan kokokan yang indah dan merdu, maka sedari mereka kecil sudah mulai dilatih dengan mengikuti kontes kecil untuk melatih suara mereka hingga terbiasa dan siap untuk melakukan kontes. Semakin bagus suara yang dihasilkan, maka peminat dan harga pelung juga akan meningkat.

Pengetahuan mengenai ayam pelung tersebut bisa dijadikan sebagai referensi untuk memulai usaha pelung. Keuntungan yang didapat akan sangat banyak apabila berhasil mengelola peternakan pelung dengan baik dan akan berkembang dengan pesat.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar