Home ยป 5 Jenis Ayam Bangkok, Ciri-ciri, dan Harganya

5 Jenis Ayam Bangkok, Ciri-ciri, dan Harganya

oleh tukang konten
5 Jenis Ayam Bangkok dengan Estimasi Harga

Berbicara soal ayam aduan, ada ayam Bangkok yang sudah sangat terkenal di hampir penjuru tanah air. Ayam ini mempunyai fisik yang bagus dengan tinggi badan yang ideal. Tidak hanya itu, ayam ini juga memiliki keterampilan bertarung yang jempolan.

Kalau dalam cerita rakyat, jenis ayam satu ini biasa muncul dalam berbagai kisah seperti Cindelaras, Ciungwanara, serta Kinantan. Namun, ternyata jenis ayam ini macam-macam dan harganya pun berbeda-beda. Penasaran apa sajakah itu? Mari simak informasi berikut.

Jenis-Jenis Ayam Bangkok dan Kisaran Harganya

1. Jenis Super

Jenis Super
Source: twitter.com

Pertama, ada jenis ayam Bangkok super. Sesuai dengan namanya, jenis yang pertama ini mempunyai lebih banyak keunggulan. Keunggulan tersebut adalah bentuk fisiknya yang bagus, tulangnya yang kuat serta tubuhnya yang tampak padat.

Soal ketangkasan dalam bertarung, jenis super ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena memiliki lebih banyak kelebihan, sudah tentu jenis super ini harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Harga ini bahkan bisa lebih melambung lagi kalau si ayam berhasil menjadi pemenang dalam aduan ayam. Kisaran harganya sendiri berada di angka Rp450 juta hingga Rp1,2 miliar. Ini benar-benar angka yang fantastis bukan?

Namun, memang kalau di Indonesia sendiri harganya tidak setinggi itu. Meskipun demikian, masih tergolong mahal dengan kisaran Rp5 juta hingga Rp10 juta. Selain itu, masalah harga ini juga ditentukan oleh jenisnya, sebagai berikut:

  • Jenis Bangkok Taduang yang dari segi fisiknya bisa dikatakan kurang menarik. Jenis ini harganya yang lebih murah sekitar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu
  • Jenis Bangkok Kinantan, ini adalah jenis yang didominasi oleh bulu berwarna putih namun di bagian dadanya ada satu warna yang tampak berbeda. Kisaran harganya berada di atas jenis ayam sebelumnya, yakni sekitar Rp600 ribu sampai Rp1 juta.
  • Jenis Bangkok Putih, ini adalah jenis yang eksklusif dan kalau di negara asalnya, jenis ini harganya bisa belasan juta hingga Rp32 juta. Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih dan ini juga yang membuat harganya demikian tinggi.

2. Jenis Birma

Jenis Birma
Source: pinhome.id

Kedua, ada jenis Birma yang memang berada tepat di bawah jenis Super untuk harganya. Jenis Birma diketahui memiliki kecepatan serta kemampuan bertarung yang sangat baik. Kemampuannya ini bahkan hampir menyerupai jenis Bangkok Super.

Oleh karenanya, tidak heran jika jenis Birma juga termasuk dalam jenis yang digemari oleh para pecinta ayam. Untuk jenis yang satu ini, baik yang silang maupun yang indukan umumnya dijual dalam kisaran harga Rp2 juta.

Mahar tersebut adalah mahar untuk ayam yang sudah dewasa dan bobotnya sekitar 3 kg. Namun kalau menginginkan ayam yang tipe jawara, mahar yang harus disediakan lebih banyak lagi karena harganya sekitar Rp10 juta.

Jenis Birma sendiri sebenarnya termasuk jenis yang kecil kalau dimasukkan dalam golongan ayam petarung. Ayam ini memiliki wajah yang tajam dengan ukuran kepala yang juga agak kecil. Namun, ukuran telinga jenis Bisma tampak lebih besar dan beberapa diantaranya ada gelambir di bawah paruh.

Matanya sekilas terlihat melotot yang membuatnya terlihat garang, kekar dan liar. Sayangnya, tulang kakinya lebih tipis dan juga kecil bila dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Namun, tulang ini akan berubah menjadi lebih keras kalau usia ayam sudah mencapai 12-15 bulan.

3. Jenis Ai Jae

Jenis Ai Jae
Source: tajenonline.net

Kalau berbicara soal ayam yang harganya fantastis, ada jenis Ai Jae. Ini adalah ayam yang benar-benar asli dari Thailand. Kalau dari segi penampilan, sebenarnya jenis Ai Jae ini sama seperti ayam Bangkok pada umumnya.

Hanya saja, jenis ayam Bangkok Ai Jae ini tetap memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya mudah dikenali terutama oleh pecinta ayam. Diantara ciri khas tersebut adalah:

  • Bentuk tubuhnya bulat serta agak panjang yang biasanya memiliki jumlah otot lebih banyak
  • Struktur tulang yang keras serta kuat, ukurannya besar dan bentuknya bulat
  • Cakarnya melengkung ke arah dalam
  • Memiliki bulu yang lebat terutama di bagian sayapnya

Jenis Ai Jae ini cukup disegani di dunia ayam karena memiliki kecakapan memukul yang bagus. Namun, Ai Jae tidak hanya pandai memukul, ia juga pandai dalam bertahan. Karena berbagai kelebihannya tersebut, tidak heran rasanya jika harganya sangat mencengangkan.

Tidak main-main, ayam Ai Jae ini bahkan baru bisa dibawa pulang setelah merogoh kocek sekitar Rp1,2 miliar.

4. Jenis Ayam Tiga Darah

Jenis Ayam Tiga Darah
Source: duniabinatang.net

Kalau jenis yang satu ini sebenarnya merupakan keturunan dari 3 jenis ayam yang berbeda, yakni ayam Saigon, Burma dan Bangkok. Asal mula ayam inilah yang menjadi nama dan cara penyebutannya kemudian.

Tidak hanya mewarisi darah, ayam jenis ini bahwa memiliki keunggulan dari ketiga asal-usulnya tersebut. Jenis ayam tiga darah sendiri biasa dikhususkan sebagai ayam aduan atau ayam petarung. Hal ini dikarenakan ayam tersebut memiliki fisik yang mumpuni.

Selain itu, stamina dan ketahanan tubuhnya juga bagus. Namun, untuk mendapatkan jenis ayam ini, diperlukan dana yang lumayan besar. Sebab, harganya berada di kisaran Rp350 juta per ekornya.

5. Jenis Pakhoy

Jenis Pakhoy
Source: kaskus.co.id

Lebih lanjut lagi ada jenis pakhoy. Ini adalah ayam aduan yang sering membuat repot ayam aduan lainnya dalam berbagai laga. Bagaimana tidak, jenis ini memiliki kecepatan serta akurasi pukulan yang jempolan. Bahkan, jenis pakhoy ini mendapat sebutan ayam aduan pemukul setan.

Tulang yang dimiliki oleh jenis ini cukup tebal dan kasar. Sedangkan kalau bertarung, ayam pakhoy memiliki teknik pukul cepat dan keras. Pukulan ini dilancarkan berulang-ulang yang membuat lawannya seperti tidak punya kesempatan untuk membalasnya.

Dari berbagai penjelasan di atas bisa diketahui bahwa harga ayam Bangkok bisa bervariasi. Tidak hanya tergantung pada jenisnya, namun juga berdasarkan kualitas dan usianya. Namun kalau hendak ditanya, ingin memiliki jenis yang mana? Yang harganya fantastis atau yang terjangkau?

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar