Home » 7 Fakta Anjing Pitbull, Di Sangka Galak Ternyata Jinak!

7 Fakta Anjing Pitbull, Di Sangka Galak Ternyata Jinak!

oleh tukang konten
7 Fakta Anjing Pitbull, Di Sangka Galak Ternyata Jinak!

Anjing pitbull merupakan jenis anjing yang kerap mendapatkan cap buruk. Hanya karena beberapa kasus saja, anjing jenis ini bahkan dilarang keberadaannya di beberapa kota di Inggris. Bahkan saat anjing ini dibawa jalan-jalan, mereka wajib dipakaikan pengunci mulut dari besi.

Padahal jika dilihat secara mendalam, pitbull tidaklah berbeda dengan anjing jenis lainnya. Mereka tidak akan menyerang jika tidak merasa terancam. Bahkan ada banyak contoh yang memperlihatkan anak-anak bayi yang bermain dengan pitbull.

7 Fakta Anjing Pitbull yang Akan Menghilangkan Prasangka

Jika belum mengenal karakter pitbull dengan baik, maka wajar jika seseorang bisa salah sangka dengan hewan menggemaskan ini. Beberapa fakta di bawah akan mengubah cara pandangmu tentang pitbull:

1. Hewan Manja

Hewan Manja
Source: liputan6

Salah satu yang membuat pitbull kerap dicap buruk adalah dari perawakan mereka. Wajah tertekuk, badan gempal dan kuping lancip memang sering dikategorikan sebagai anjing yang tidak ramah. Padahal kenyataannya pitbull merupakan anjing yang manja.

Pitbull merupakan anjing yang sangat suka dibelai, mereka juga menyukai ketika badan mereka digendong maupun diletakkan di pangkuan. Mereka juga kerap bertingkah konyol. Hal ini malah membuat mereka tampak sangat lucu dan menggemaskan. 

Sifat manja ini membuat pitbull juga ramah terhadap anak-anak. Mereka bahkan bisa dijadikan sebagai penjaga bayi. Jika dikenalkan sejak awal, pitbull akan sangat bisa menjadi babysitter anak yang jagoan.

Mereka suka berguling, dielus bagian perutnya, bahkan tidur sembari dielus kepalanya. Memiliki anjing pitbull tak ubahnya memiliki anak balita yang selalu ingin dimanjakan. Naluri keibuan pitbull juga lebih besar dibandingkan dengan anjing lainnya.

Maka tidak heran jika mereka sering dijadikan sebagai anjing relawan yang membantu anak-anak di rumah sakit agar mereka bisa bermain dengan bahagia.

2. Aktif

Aktif
Source: hundeo.com

Pitbull termasuk anjing yang aktif. Mereka sangat suka berlarian dan bergerak. Jika terlalu lama dikurung dalam ruang sempit, mereka akan mudah gelisah. hal inilah yang membuat mereka tamak agresif.

Padahal sebenarnya mereka hanya ingin bergerak karena memang energi yang mereka miliki cukup besar. Kesukaan mereka bergerak sama dengan anjing berukuran besar lainnya. Itulah sebabnya pemilik anjing pitbull sebaiknya memiliki pekarangan atau ukuran rumah yang luas.

Cara lain untuk membuang energi berlebihan mereka adalah dengan kerap mengajak jalan-jalan. Dengan demikian mereka bisa lebih tenang saat di dalam rumah karena sudah cukup beraktivitas dan bergerak.

Sifat aktif pitbull juga ditunjang dengan perawakan mereka yang gagah dengan otot kaki yang kuat. Walaupun kaki mereka pendek dan gempal, tapi mereka merupakan pelari yang tangguh. Membiarkan mereka bermain sampai lelah akan mengurangi sisi agresif alami mereka.

3. Setia dan protektif

Setia dan protektif
Source: barxbuddy.com

Anjing memang terkenal sebagai binatang yang setia. Di antara sekian banyak anjing yang setia, pitbull pasti akan mendapatkan [posisi pertama. hal ini disebabkan pitbull memang sangat setia dengan majikannya.

Mereka sangat menghargai waktu bersama tuannya. Hal ini juga disebabkan karena mereka memiliki sisi manja yang ingin selalu disayang. Ditambah lagi, mereka juga tipe protektif. Mereka bisa melakukan apa saja demi menjaga tuannya.

Maka tidak heran jika ada kasus penyerangan yang dilakukan pitbull, biasanya karena mereka menganggap teritoria mereka sudah terancam. Mereka beranggapan tuan mereka sedang dalam bahaya.

Saking protektifnya, mereka tidak segan terus membuntuti majikan kemana pun mereka pergi. Jadi jangan sampai mengganggu majikan atau kamu akan mendapatkan ganjaran berupa gigitan yang kuat.

4. Kerap Dijadikan Anjing Aduan

Kerap Dijadikan Anjing Aduan
Source: alphapaw.com

Bukan hanya ayam jago saja yang kerap dijadikan sebagai bahan binatang aduan, tetapi juga pitbull dan anjing jenis terrier lainnya. Perawakan mereka yang sangar memang menjadikan suasana pertarungan menjadi lebih hidup.

Hal ini sebenarnya bukan sifat asli dari pitbull. Mereka hanya dipaksa untuk bertarung demi mempertahankan diri mereka. Namun sayangnya, rumor sudah terlanjur berkembang dan mengatakan bahwa anjing ini merupakan tipe petarung.

Padahal, jika melihat video penyelamatan anjing-anjing yang bekas korban ajang pertarungan, kamu akan melihat mereka memiliki trauma psikologis yang sama. Bertarung adalah mekanisme pertahanan diri semua mahluk hidup jika terdesak, bukan hanya pitbull saja. 

5. Rahang yang Kuat

Rahang yang Kuat
Souce: pinterest.com

Cap galak dan menyeramkan pada diri pitbull juga timbul karena beberapa kasus yang memperlihatkan mereka tidak mau melepaskan gigitan. Bahkan jika memaksa untuk melepaskan gigitan, korban malah akan mendapatkan tekanan yang lebih kuat dari rahang pitbull.

Jika bicara tentang rahang, sebenarnya bentuk rahang pitbull tidak berbeda dengan rahang anjing lain pada umumnya. Namun kekuatan rahang pitbull memang jauh di atas rata-rata. Sekali menggigit, mereka jarang mau melepaskan.

Gigitan pitbull hanya akan terlepas jika korban sudah menyerah, maupun saat majikan atau pawang mereka memerintahkan untuk melepas gigitan. Walau demikian, mereka bukan hewan yang mudah menggigit. 

Biasanya mereka hanya akan menyalak sebagai tanda peringatan untuk tidak mendekat. Jika itu terjadi, sebaiknya tidak mendekati pitbull terlebih dahulu, Jika dilanggar, maka jangan salahkan pitbull apabila mereka menggigit.

6. Pintar

Pintar
Source: liputan6

Walaupun beberapa bentuk muka anjing pitbull seakan memperlihtkan bahwa mereka bodoh, namun sebenarnya anjing ini merupakan jenis anjing yang pintar. Mereka sangat mudah dilatih dengan berbagai macam keterampilan.

Kemampuan dasar seperti berdiri dengan dua kaki, berpura-pura mati, berguling, bersalaman merupakan jenis keterampilan yang sangat mudah mereka lakukan. Selain itu, mereka juga mampu mengikuti instruksi lain yang lebih sulit.

Bahkan pitbull juga bisa diajari untuk memanjat, sebab naluri mereka juga mengajarkan bahwa mereka merupakan pemanjat terbaik. 

7. Dahi Anak Pitbull Berkerut

Dahi Anak Pitbull Berkerut
Source: boneltopografia.com

Saat baru lahir hingga masih usia anak-anak, dahi pitbull memiliki keriput yang lebih banyak dibandingkan dengan pitbull dewasa. Jadi memang tampilan pitbull muda malah terlihat lebih tua dibandingkan dengan pitbull dewasa. Seiring dengan waktu, keriput tersebut akan berkurang.

Tips Merawat Pitbull

Tips Merawat Pitbull
Source: vetyvet.com

Agar tidak ada insiden lain terkait pitbull, para pemilik anjing harus bisa mengenali hewan peliharaan mereka dengan baik.

1. Dilatih

Pada dasarnya semua anjing butuh dilatih. Mereka harus mengetahui siapa saja tuan mereka, kapan waktu makan, kapan waktu bermain, hal yang boleh dilakukan dan tidak di dalam maupun di luar rumah dan masih banyak lagi.

2. Kasih Sayang

Selalu perlakukan pitbull dengan kasih sayang. Jangan sekali-kali memukul atau mendidik dengan kekerasan. Jika demikian, mereka juga akan terbiasa dengan kekerasan dan menjadi agresif. Sebaliknya, dengan kasih sayang akan membangkitkan sifat manja dan penyayang pitbull.

3. Hormati Privasi

Sama seperti manusia, pitbul pun membutuhkan privasi. Saat mereka sedang ingin sendiri, jangan memaksa untuk memasuki teritorial mereka. Suasana hati pitbull juga kerap berubah karena sifat dasar mereka yang manja. 

Jika sudah mengenal anjing pitbull, maka semua orang pasti setuju bahwa anjing satu ini jauh dari kesan seram. Hal ini membuktikan bahwa pepatah jangan menilai dari penampilan memang banyak benarnya.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar