Home » Anjing Pemburu: Kehebatan, Cara Memilih, dan Cara Melatih

Anjing Pemburu: Kehebatan, Cara Memilih, dan Cara Melatih

oleh tukang konten
Anjing Pemburu Kehebatan, Cara Memilih, dan Cara Melatih

Anjing adalah hewan yang memiliki banyak kemampuan sehingga sering kali digunakan sebagai hewan peliharaan, hewan penjaga, bahkan hewan untuk membantu berburu. Anjing pemburu memiliki kehebatan dan kelebihan tersendiri serta dapat dilatih untuk berburu.

Jika ingin mendapatkan anjing pemburu yang hebat, maka salah satu caranya adalah memilih anjing yang tepat. Bagaimana cara atau tips untuk memilih hewan berburu yang satu ini? Bagaimana cara melatihnya? Simak langsung informasi tentang anjing untuk berburu di sini!

Kehebatan Anjing Pemburu

Kehebatan Anjing Pemburu
Source: pexels.com

Apa kelebihan anjing kampung? Salah satu kelebihan anjing kampung adalah dapat membantu manusia dalam berburu hewan buruan di hutan. Anjing kampung memang dikenal sebagai salah satu anjing pemburu yang handal.

Berikut ini beberapa kehebatan menggunakan anjing sebagai hewan yang diajak untuk berburu, yaitu:

  • Memiliki fisik yang lebih kuat sehingga tidak akan mudah merasa lelah ketika diajak berburu. Selain itu, fisik yang kuat juga membuat anjing tidak mudah sakit.
  • Lebih pintar sehingga dapat membantu manusia untuk berburu di dalam hutan.
  • Anjing pemburu yang terbiasa tinggal di hutan lebih mengenali keadaan hutan sehingga lebih mudah atau terbiasa menjelajahi hutan untuk mengejar hewan buruan.
  • Memiliki indera penciuman yang lebih tajam sehingga dapat terus mengejar hewan buruan tanpa takut ketinggalan.
  • Lebih berani dan tidak mengenal takut menghadapi situasi dalam perburuan.
  • Memiliki kecerdasan sehingga dapat dengan mudah dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam berburu.

Anjing memang cocok dijadikan hewan pemburu karena berbagai kelebihan atau kehebatan yang dimilikinya. Namun, pastikan untuk memilih anjing yang tepat agar mudah dilatih untuk menjadi hewan pemburu.

Latihan terhadap anjing juga harus dilakukan dengan cara yang tepat dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu. Latihan yang tepat pastinya dapat membuat anjing semakin jago dan hebat dalam berburu berbagai jenis hewan buruan di hutan.

Cara Memilih Anjing Kampung Pemburu

Anjing kampung untuk diajak berburu tidak boleh asal dipilih begitu saja. Terdapat beberapa cara atau tips untuk mendapatkan anjing yang hebat dan pandai diajak berburu. Berikut ini beberapa tips cara dalam memilih anjing kampung yang cocok diajak berburu, yaitu:

1. Pilih Anjing Kampung dengan Telinga Tegak

Pilih Anjing Kampung dengan Telinga Tegak
Source: ingoningon.com

Anjing kampung yang memiliki telinga berdiri tegak dianggap lebih hebat dalam berburu dibandingkan anjing kampung dengan telinga lunglai. Anjing dengan telinga tegak lebih peka mendengar suara gerak-gerik hewan buruan.

Hal tersebutlah yang membuat hewan buruan akan sulit terlepas dari pengawasan anjing kampung ketika berburu. Selain itu, anjing kampung yang memiliki telinga tegak dianggap lebih pintar, sehingga dianggap cocok diajak berburu.

2. Sebaiknya Pilih Anjing yang Memiliki Lidah Hitam

Sebaiknya Pilih Anjing yang Memiliki Lidah Hitam
Source: freepik.com

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih anjing kampung yang memiliki lidah hitam atau kehitaman. Anjing kampung yang memiliki lidah hitam biasanya akan lebih agresif ketika diajak berburu di hutan.

Sebenarnya anjing dengan lidah kemerahan dan polos juga agresif diajak berburu, tetapi umumnya anjing tersebut akan mudah lelah dan tidak selalu agresif. Perlu latihan lebih intents untuk membuat anjing berlidah kemerahan agar jago berburu.

3. Pilih Anjing dengan Ekor Berdiri Tegak

Pilih Anjing dengan Ekor Berdiri Tegak
Source: pethelpful.com

Cara lainnya untuk memilih anjing pemburu adalah memperhatikan ekornya. Pastikan memilih anjing kampung yang memiliki ekor berdiri tegak. Ekor yang tegak bisa menjadi salah satu tanda bahwa anjing tersebut pintar dan pemberani.

Namun, jangan sampai salah mengira karena ekor anjing yang tiba-tiba tegak juga bisa menjadi pertanda bahwa anjing tersebut dalam keadaan takut.

4. Pastikan Anjing Terbiasa Tinggal di Hutan

Pastikan Anjing Terbiasa Tinggal di Hutan
Source: fieldandstream.com

Anjing kampung yang biasa tinggal atau berkeliaran di dalam hutan tentunya akan lebih terbiasa dengan kondisi hutan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi pemburu karena anjing seperti itu akan lebih mudah diajak untuk berburu.

Selain itu, anjing kampung yang terbiasa tinggal di hutan umumnya lebih agresif dan pemberani. Anjing pun dapat melacak hewan buruan dengan lebih cepat. Hewan yang tinggal di hutan memang sangat cocok dalam hal pencarian atau pelacakan.

Anjing kampung yang tinggal di hutan juga sudah terbiasa melihat hewan buruan, seperti kera, musang, tupai, babi, dan hewan buruan lainnya. Kebiasaan tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor yang membentuk jiwa berburu anjing kampung lebih kuat.

5. Perhatikan Bentuk Mulut Anjing

Perhatikan Bentuk Mulut Anjing
Source: dailypaws.com

Bentuk moncong atau mulut anjing juga bisa menjadi salah satu hal yang diperhatikan ketika memilih anjing untuk berburu. Anjing pemburu babi hutan memiliki bentuk mulut yang lebar dan besar. Bentuk mulut seperti itu akan cocok untuk melakukan perburuan hewan di bawah tanah.

Lalu, bagaimana cara memilih anjing yang cocok untuk berburu hewan di atas pohon? Caranya adalah memilih anjing kampung yang memiliki bentuk mulut lebih mancung. Anjing kampung dengan ciri tersebut cocok untuk diajak berburu kera atau tupai.

6. Pilih Anjing yang Memberikan Respon Terhadap Lemparan

Pilih Anjing yang Memberikan Respon Terhadap Lemparan
Source: silencercentral.com

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah mencoba memberikan perintah berupa lemparan kepada anjing. Anjing kampung yang memiliki respon bagus terhadap lemparan umumnya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, sehingga cocok untuk diajak berburu.

Respon bagus yang dimaksud adalah anjing akan mengejar dan berusaha menangkap barang yang dilempar.

7. Pilih Anjing yang Berjalan di Depan

Pilih Anjing yang Berjalan di Depan
Source: dailypaws.com

Ciri anjing kampung yang cocok diajak berburu adalah anjing kampung yang selalu berjalan di depan pemburu. Tindakan tersebut juga bisa menandakan bahwa anjing kampung memiliki sifat pemberani dan mental yang kuat. Sangat cocok untuk diajak berburu, bukan?

Cara Melatih Anjing untuk Berburu

Cara Melatih Anjing untuk Berburu
Source: sheknows.com

Apakah anjing kampung bisa dilatih? Anjing kampung tentunya dapat dilatih oleh manusia agar bisa membantu dalam melakukan perburuan. Bagaimana cara melatih fisik anjing pemburu? Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk melatih fisik dan mental anjing, yaitu:

  • Latihlah anjing sejak masih kecil karena akan lebih mudah diajari.
  • Mulailah latihan dari perintah atau hal-hal sederhana, misalnya latihan duduk, menangkap, mengambil, dan lari.
  • Sering mengajak anjing pergi ke hutan juga bisa menjadi salah satu bentuk latihan cara melatih mental anjing agar berani. Anjing juga dapat dilatih dengan meninggalkannya di dalam hutan selama beberapa waktu.
  • Mengajak anjing kampung berburu dengan memancingnya menggunakan lembaran ke semak-semak belukar di dalam hutan.
  • Cobalah untuk mengajak anjing kampung berburu dengan anjing kampung lainnya yang sudah lebih pandai berburu.
  • Memperkenalkan target hewan buruan kepada anjing dengan cara meletakkan hewan buruan di dekat anjing.
  • Latihan memperkenalkan hewan buruan juga dapat dilakukan dengan memberi makan anjing berupa hasil buruan tersebut. Hasil hewan buruan dapat diolah dulu menjadi masakan apapun, tetapi sebaiknya tidak menghilangkan bau aslinya agar lebih mudah dikenali anjing.

Cara Melatih Anjing Kampung untuk Berburu

Anjing pemburu memang harus dilatih agar semakin pandai dan terbiasa berburu di hutan. Selain mempelajari cara melatihnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sedang melatih anjing kampung untuk berburu.

Berikut ini beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika melatih anjing kampung agar pandai berburu, yaitu:

  • Lakukan latihan anjing mulai dari hal sederhana hingga kompleks.
  • Perhatikan juga kondisi fisik anjing ketika berlatih dan jangan sampai anjing kampung merasa kelelahan.
  • Berikan anjing makanan dan minuman yang cukup ketika latihan agar tidak mudah lelah.
  • Pilih lokasi yang tepat untuk latihan seperti lapangan yang luas atau langsung berlatih di dalam hutan.
  • Lakukan latihan secara konsisten dalam waktu tertentu agar anjing lebih mudah memahami latihan dan kemampuannya untuk berburu terus meningkat.
  • Jangan terlalu memaksakan latihan pada anjing kampung. Pastikan untuk tidak memukul atau melukai anjing kampung ketika sesi latihan.
  • Pastikan juga untuk memberi imbalan atau hadiah setelah selesai latihan. Hadiah tersebut dapat berupa pujian, mengelus kepala atau tubuh anjing, atau memberikan makanan kesukaannya.

Cara melatih anjing kampung yang tepat dapat membuat anjing kampung memiliki kemampuan lebih hebat dalam berburu. Tentu saja melatih anjing kampung harus konsisten dan sabar untuk membuahkan hasil yang memuaskan.

Anjing pemburu yang berkualitas dapat diperoleh dengan memperhatikan ciri tertentu. Selain itu, anjing kampung juga dapat dilatih dengan cara tertentu agar semakin pandai ketika diajak berburu. Pastikan untuk melatih anjing kampung dengan konsisten agar kemampuan berburunya semakin meningkat.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar