Home » 12 Anjing Kaki Pendek yang Luar Biasa Imut

12 Anjing Kaki Pendek yang Luar Biasa Imut

oleh tukang konten
12 Anjing Kaki Pendek yang Aktif, Imut, dan Cocok untuk Peliharaan

Setiap spesies anjing memiliki keunikan tersendiri dari penampilan mereka, seperti bentuk badan, ukuran, tekstur bulu, telinga, hingga postur kaki. Jika selama ini akrab dengan anjing berkaki panjang, ternyata ada pula beberapa ras anjing kaki pendek.

Ras anjing berkaki pendek tentu saja tidak termasuk dalam kategori ras anjing tercepat, namun cara mereka berjalan dan gerakan di tubuh kecilnya membuat anjing ini sangat lucu dan menggemaskan. Di kalangan pecinta anjing, spesies anjing ukuran kaki pendek bahkan menjadi salah satu ras favorit.

12 Ras Anjing Kaki Pendek yang Imut dan Aktif

Selain bentuknya yang lucu, anjing-anjing tersebut populer dipelihara karena tingkah polahnya yang aktif dan bersahabat. Mereka juga berasal dari berbagai belahan dunia yang berbeda. Selain itu, meskipun kecil beberapa anjing kecil ini tetap perlu perawatan, latihan, dan perhatian.

Sebagai anjing dengan tubuh kecil, mereka seringkali memiliki masalah kesehatan seperti kerangka dan kekebalan tubuh. Tidak sedikit spesies anjing yang rapuh dan mudah mati karena ukurannya yang kecil. Selain itu, beberapa ras juga memiliki harapan hidup yang jauh lebih pendek.

Akan tetapi, anjing kaki pendek ini sudah menjadi favorit penggemar hewan peliharaan sehingga faktor tersebut seringkali bukan masalah. Mereka pun sudah siap dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dengan memberikan perawatan eksklusif pada anjing-anjing tersebut.

Dibalik kelucuannya, ternyata ada risiko bagi mereka yang ingin memelihara anjing berukuran mini ini. Jika sudah siap dengan risiko itu, berikut adalah 12 spesies anjing dengan kaki pendek yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Basset Hound

Basset Hound
Sumber: dailypaws.com

Berbeda dengan spesies anjing pada umumnya yang mampu berlari kencang, basset hound adalah anjing yang memang dikembangkan untuk jarak dan memiliki kecepatan lari yang lambat. Kaki pendeknya membuat ras anjing ini lambat dewasa dan tidak mencapai ukuran maksimal.

Meski demikian, basset hound cukup banyak dipelihara lantaran karakternya yang ramah dan baik hati. Anjing ini dapat mudah bersosialisasi dengan hewan-hewan peliharaan lain, tingkah polahnya juga dikenal menyenangkan dan penyayang kepada orang di sekitarnya.

2. Pembroke Welsh Corgi

Pembroke Welsh Corgi
Sumber: wikipedia.org

Berbeda dengan basset hound yang selalu murung, anjing pendek corgi justru selalu ceria. Ras anjing ini sangat aktif dan berenergi tinggi, memiliki sifat penyayang, dan suka mengikuti pemiliknya kemanapun pergi. Bisa dibilang anjing corgy adalah tipe anjing needy dan suka perhatian.

Anjing corgi ini mempunyai waktu hidup yang panjang. Meski begitu, corgi adalah tipe anjing achondroplastic atau biasa disebut juga dengankerdil sejati. Hal ini membuat ukuran tinggi badannya dapat membawa masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah rentan terkena obesitas, mengingat nafsu makannya yang tinggi.

3. Pekingese

Pekingese

Pekingese merupakan spesies anjing favorit para bangsawan karena penampilan fisiknya yang cantik dimana tubuhnya ditutupi oleh bulu halus dan lebat. Kaki berukuran kecil membuatnya terlihat sangat imut dan lucu saat berjalan, tidak heran jika kerap dijuluki “barongsai china”.

Walaupun tubuhnya kecil, pekingese merupakan anjing yang loyal, tidak mudah stres, punya intelegensi tinggi, dan mudah belajar. Dengan begitu, tipe anjing ini sangat menyenangkan untuk menjadi peliharaan karena sikapnya yang manis dan menjanjikan persahabatan bagi pemiliknya.

4. Dachshund

Dachshund
Sumber: pixabay.com

Berasal dari Jerman, anjing kaki pendek dachshund dikenal memiliki tubuh panjang serta kaki yang pendek. Anjing ini banyak dipelihara karena energi aktif dan juga pintar. 

Meski tubuhnya kecil, ternyata anjing dachshund punya indra penciuman yang kuat sehingga kerap menjadi anjing pemburu. Akan tetapi, ukuran tubuh panjang membuat mereka tidak cukup kuat untuk melompat, berlari jauh, serta berenang. 

Mirip seperti pekingese, anjing dachshund juga kerap disukai oleh keluarga kerajaan Eropa, salah satunya Ratu Victoria di Inggris.

5. Tibetan Spaniel

Tibetan Spaniel
Sumber: hillspet.com

Di daerah asalnya, spesies anjing ini sering terlihat berkeliaran di sekitar biara-biara Budha di wilayah Tibet. Tampilannya membuat tibetan spaniel dijuluki “little lion” karena memiliki bulu dengan intensitas lebat dan panjang. Variasi warna bulunya sendiri di antaranya hitam, coklat, merah, putih, dan cream.

Tibetan spaniel juga termasuk golongan anjing dengan kecerdasan baik, itu berarti mereka akan mematuhi perintah pemiliknya. Sehingga sering dijadikan hewan pengintai dari penyusup bagi para majikannya. Anjing mungil ini juga senang diajak bermain dan berlari di luar ruangan.

6. Pomeranian

Pomeranian
Sumber: dailypaws.com

Anjing pomeranian adalah salah satu ras anjing paling cerdas dan aktif. Jenis anjing ini mudah dilatih menjadi anjing penjaga berkat kecerdasannya yang baik. Didukung sikapnya yang berani dan lincah membuat anjing kecil pomeranian sangat efektif dalam menjaga pemiliknya.

Penampian anjing ini mudah dikenali dari bulunya yang tebal dan halus, terutama di bagian leher, wajahnya terlihat mirip rubah, bentuk telinga tajam, serta moncong yang lucu. Selain itu, pomeranian juga anjing yang sering menggonggong, selalu waspada, dan baik pada anak-anak.

7. Miniature Schnauzer

Miniature Schnauzer
Sumber: thesprucepets.com

Pemberani tetapi ramah, anjing miniature schnauzer selalu menarik untuk dilihat karena wajah berjanggut dan alis yang unik. Awalnya, anjing ini dikembangkan menjadi anjing rumahan yang setia dan menawan. Miniature schnauzer juga merupakan anjing yang setia pada pemiliknya.

Mereka dikenal mudah dilatih karena kepribadian yang ramah dan selalu ingin menyenangkan pemiliknya. Terkait perawatan, anjing ini perlu dimandikan setiap lima hingga delapan minggu agar bulunya tetap mengkilap.

8. Scottish Terrier

Scottish Terrier
Sumber: thesprucepets.com

Anjing ini menampilkan kesan tangguh, menawan, dan mandiri dalam balutan tubuh yang mungil. Ia memiliki kesadaran yang tajam serta naluri berburu yang kuat hingga membuat scottish tertier menjadi anjing penjaga yang hebat.

Seperti ras terrier lainnya, spesies anjing ini mempunyai energi yang tinggi dan kepribadian yang latihan. Mereka membutuhkan latihan menyenangkan dan senang mendapatkan kejutan kecil permainan penuh aksi. Anjing scottish sangat suka bermain dengan majikan maupun anjing lainnya.

9. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier
Sumber: fumipets.com

Anjing ini berukuran sangat mungil hingga mudah dibawa kemana-mana, bahkan dimasukkan ke dalam tas. Ia kerap dijadikan anjing pemburu hama dan tikus. Berasal dari Inggris, yorkshire terrier merupakan ras anjing yang cukup waspada, dapat dilatih, dan cenderung melindungi pemiliknya.

Yorkshire terrier adalah anjing kecil aktif yang membutuhkan aktivitas setiap hari seperti berjalan kaki dan bermain. Dengan bermain, anjing ini bisa memenuhi latihan fisik yang mereka butuhkan. Namun seperti anjing pada umumnya, hal itu tidak memenuhi insting alami mereka untuk berjalan.

10. French Bulldog

French Bulldog
Sumber: ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Seperti spesies anjing bulldog lainnya, French bulldog memiliki ciri khas wajah berkerut, persegi, dan rata. Selain kakinya yang pendek dan kerangkanya yang cocok, telinganya juga lebar, besar, kaku dan mengarah ke atas. Menariknya, french bulldog tidak terlalu memerlukan aktivitas outdoor.

French bulldog cenderung tidak aktif seperti anjing lainnya, energi mereka lebih rendah sehingga hanya perlu berjalan kaki singkat setiap hari agar kesehatannya terjaga. Meski demikian, hewan ini suka bermain dan mudah beradaptasi yang berarti mereka dapat bergaul dengan siapa saja.

11. Shih Tzu

Shih Tzu
Sumber: petpintar.com

Shih tzu merupakan salah satu ras anjing kuno yang memiliki sejarah panjang sebagai peliharaan para bangsawan. Meski berkaki pendek, mereka sangat lincah, percaya diri, dan menyenangkan sehingga membuatnya favorit di antara penggemar anjing kecil.

Anjing shih tzu mempunyai bulu yang akan tumbuh terus-menerus. Namun, banyak pemilik menjaga agar bulunya tetap pendek sehingga membuatnya tampak keriting dan mengembang. Anjing ini juga dapat hidup rukun dengan keluarga pemiliknya maupun hewan-hewan lain di sekitarnya.

12. Poodle

Poodle
Sumber: rover.com

Penampilan yang unik, cantik, dan selalu bersemangat menjadikan poodle sebagai salah satu anjing peliharaan terfavorit di dunia. Anjing ini terkenal warna bulu bervariasi, bulu keriting dan tebal, dan mata yang bulat. Pemilik poodle disarankan untuk selalu menyisir bulunya agar tidak mudah kusut. 

Umumnya, poodle memiliki sifat yang selalu aktif, waspada, ceria, dan memiliki insting yang tajam. Mereka juga merupakan anjing yang cerdas sehingga dapat dilatih dengan mudah. Kemampuan beradaptasinya pun cukup baik sehingga kerap membuatnya menjadi anjing yang setia.

Itulah 12 jenis anjing kaki pendek lucu dan menggemaskan yang sering menjadi peliharaan di rumah. Ternyata selain lucu dan imut, mereka juga dapat menjadi anjing penjaga yang berani melindungi majikannya. Cocok sekali menjadi sahabat dan sekaligus teman pelindung.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar