Home » 15 Jenis Anjing Bulu Panjang Paling Lucu dan Bikin Gemes

15 Jenis Anjing Bulu Panjang Paling Lucu dan Bikin Gemes

oleh tukang konten
15 Jenis Anjing Bulu Panjang Peliharaan, Ras Asli yang Ada di Dunia

Anjing yang memiliki bulu panjang menjadi salah satu kriteria untuk membuatnya tampak lucu dan menggemaskan. Bulu panjang yang terurai dan menjulur ke bawah juga membuatnya terlihat elegan terutama saat berjalan. Sayangnya, hanya sedikit spesies anjing bulu panjang yang ada di dunia.

Sebagian populasi anjing dengan bulu panjang ini hidup di daerah terpencil dengan suhu cuaca ekstrem. Sementara sebagian lainnya memang dibiakkan menjadi anjing penjaga atau pemburu yang harus tahan di segala situasi. Itulah kenapa ukuran tubuh mereka pun sangat beragam.

Jenis Anjing Bulu Panjang Paling Unik dan Menggemaskan

Spesies anjing berbulu panjang ada yang berukuran besar dan ada juga yang kecil. Bulu halus pada sebagian anjing tersebut merupakan mantel ganda, sehingga ada bagian bulu kasar yang menjulur keluar. Dalam hal ini, pemilik perlu siasat untuk merawatnya agar tidak memicu timbulnya penyakit.

Selain itu, pemilik terkadang menjaga agar bulu hewannya tetap pendek agar terlihat lebih manis sebagai hewan peliharaan. Namun, tidak sedikit yang membiarkannya tumbuh panjang dan mengembang untuk menjaga keunikannya.

Hal terpenting adalah pemilik bisa mengetahui dan memberikan perawatan terbaik untuk anjing peliharaannya. Dengan begitu, peliharaan bisa hidup sehat dan kuat. 

Ketahui terlebih dahulu jenis dari anjing dengan bulu panjang ini sebelum memeliharanya. Inilah 15 ras anjing berbulu panjang terpopuler di dunia:

1. Afghan Hound

Afghan Hound
Sumber: wall.alphacoders.com

Afghan hound merupakan salah satu ras anjing dengan penampilan yang mempesona. Rambut panjangnya yang tebal halus membuat penampilan mereka unik dan elegan. Tidak heran jika afghan hound sering diikutsertakan dalam lomba-lomba dan pertunjukkan.

Ras anjing ini diyakini sebagai salah satu spesies anjing tertua di dunia yang telah berevolusi selama ribuan tahun. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa afghan hound merupakan ras anjing yang termasuk dalam kelompok bahtera Nabi Nuh ketika banjir melanda.

2. Bearded Collie

Bearded Collie
Sumber: be.chewy.com

Anjing bulu panjang yang berasal dari negara Skotlandia ini memiliki bulu tubuh yang panjang dan jenggot yang lebat. Awalnya, mereka dikembangkan masyarakat setempat sebagai anjing penggembala dan penjaga ternak. 

Mereka sangat senang bermain di luar dan memiliki energi yang sangat besar. Varian warna bulunya sangat beragam yaitu hitam, biru, putih, dan coklat kekuningan. 

Ciri khas dari anjing bearded collie adalah mantel bulunya yang ganda dengan lapisan kasar di luar dan lapisan dalam lebih lembut. Jenis anjing ini sangat ramah dan cocok menjadi hewan peliharaan di rumah.

3. Briard

Briard
Sumber: thesprucepets.com

Anjing briard termasuk ke dalam salah satu ras dengan kuku dalam ganda di kaki belakangnya. Dibalik bulu panjangnya yang menggemaskan, anjing ini memiliki bentuk tubuh atletis dan berotot. Karakter mereka cenderung tenang, bijaksana, energik, dan penuh semangat tinggi.

Di samping itu, briard juga kerap dijuluki “heart wrapped in fur” karena sifatnya yang penyayang pada siapa saja. Sejak 1990, orang yang memelihara briard seluruh dunia meningkat drastis sehingga ras ini sekarang menjadi anjing gembala di Prancis yang tersebar luas.

4. Maltese

Maltese
Sumber: dailypaws.com

Ras anjing lain yang terkenal oleh bulu panjang dan menggemaskan adalah maltese. Hewan kecil ini memang dikenal lucu, penyayang, dan aktif bermain sehingga cocok dipelihara di dalam rumah. Maltese juga memiliki rasa perhatian yang baik terhadap lingkungan di sekitarnya.

Anjing maltese memiliki bulu yang panjang dan menawan, saking panjangnya bulu tubuh tersebut bisa menyentuh lantai. Mereka juga mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil dengan bobot tubuh sekitar 1.5 kg. Walaupun mungil, spesies anjing ini mampu bertahan hidup hingga usia 15 tahun.

5. Komondor

Komondor
Sumber: thesprucepets.com

Anjing komondor memiliki bulu yang sangat unik dan membuatnya terlihat seperti kain pel atau karpet. Bulu mereka yang gimbal dan menggumpal membuatnya tampil mencolok di antara anjing-anjing lain. 

Ketika kecil, bulu tubuh komondor terasa halus dan akan menjadi kasar ketika dewasa. Komondor memiliki varian warna bulu putih dan coklat, namun populasi berbulu coklat sudah sangat langka. 

Mereka termasuk spesies anjing berbobot besar dengan rata-rata berat tubuh mencapai 50 kg dan tinggi 70 cm. Meski tubuhnya besar, mereka tetap gesit dan termasuk anjing penyayang.  

6. American Eskimo Dog

American Eskimo Dog
Sumber: wikipedia.org

Tinggal di daerah dingin dan bersalju, anjing American eskimo memiliki bulu ganda yang panjang untuk melindungi dari dari udara dingin. Anjing ini bisa dibilang tampan dan lugas, warnanya yang mencolok membuat ras ini mudah dikenali meski dari kejauhan.

Mereka sangat cerdas dan bisa memecahkan masalah dengan baik, mereka juga dikenal sangat ramah terhadap sesama dan mudah menjalin pertemanan baru. Meski begitu, bulu mereka cukup sering rontok. Untuk itu pastikan selalu menyisir secara teratur dan rutin melakukan grooming.

7. Barbet

Barbet
Sumber: vetwork.co

Bisa dibilang, ras barbet ini adalah spesies anjing yang menggambarkan seni di semua bagian tubuhnya. Tubuh sedikit persegi panjang dengan kepala dan ekor yang juga panjang, mereka dianugerahi bulu tubuh yang panjang, keriting, dan tebal.

Biasanya barbet memiliki varian bulu berwarna coklat, hitam, dan abu-abu yang lebat dan lembut. Bulu keritingnya membuat anjing ini terlihat menggemaskan seperti bola bulu. Barbet adalah tipe binatang peliharaan yang ceria dan gemar bersosial serta sangat loyal terhadap pemiliknya.

8. Bichon Frise

Bichon Frise
Sumber: wikipedia.org

Unik, menarik, dan populer, penampilan anjing bichon frise sangat menggemaskan berkat bulunya yang tebal dan keriting. Bichon frise juga cocok menjadi anjing peliharaan karena termasuk jenis anjing hipoalergik sehingga aman bagi penderita alergi.

Bulu putihnya yang lebat menutupi bagian muka membuatnya terlihat seperti bola salju kecil. Rambut ekor biasanya lebih panjang, namun sering kali dipangkas agar panjangnya tampak rata dengan rambut di bagian tubuh lain. Mereka dikenal sebagai anjing yang cerdas, penyayang, dan manis.

9. Chow Chow

Chow Chow
Sumber: dailypaws.com

Anjing chow chow dapat menjadi pilihan untuk yang ingin memelihara anjing berukuran besar dengan bulu lembut seperti boneka. Tingkah polah mereka terkadang lebih mirip kucing ketimbang anjing. Walau ada jenis chow chow bulu kasar dan juga halus, keduanya tetap manis dan menggemaskan.

Bulunya tumbuh lebat di sekitar wajah sehingga harus disisir secara teratur agar tidak cepat kusut. Selain bulunya yang membuat tampak lucu, ciri khas paling unik dari anjing chow chow adalah lidahnya berwarna kombinasi antara biru, ungu, dan hitam yang tidak biasa.

10. Old English Sheepdog

Old English Sheepdog
Sumber: thesprucepets.com

Old English Sheepdog mungkin merupakan salah satu ras anjing yang ikonik di dunia. Sesuai namanya, anjing ini berasal dari Inggris Raya. Mereka dikenal anjing yang kuat dan penuh semangat, serta setia dan dapat dipercaya, baik saat menjadi anjing penjaga maupun di tengah keluarga.

Mereka memiliki bulu tubuh yang lebat dan halus. Karena bulunya lebat, anjing ini memerlukan perawatan rutin agar bulu mereka selalu sehat dan tidak mudah rontok. Meski perawatannya tidak mudah, mereka populer sebagai anjing peliharaan karena sifatnya yang manis dan suka bermain.

11. Shih Tzu

Shih Tzu
Sumber: thesprucepets.com

Salah satu anjing tertua lainnya ini berasal dari Tiongkok. Bulu tubuhnya tebal dan panjang hingga terkadang menutupi seluruh wajah mereka. Namun jika bulu tersebut dibiarkan panjang begitu saja, bisa membuat anjing ini tampak tidak sehat. Itulah kenapa anjing shih tzu butuh perawatan rutin.

Untuk itu, bulu panjangnya harus rutin dipotong agar mereka tetap sehat dan menggemaskan. Bila mendapat pelatihan yang tepat, anjing shih tzu dapat menjadi hewan peliharaan yang baik. Ukurannya yang kecil membuat ras anjing ini ideal untuk dibawa ke rumah kecil maupun apartemen.

12. Keeshond

Keeshond
Sumber: thesprucepets.com

Dari lehernya, anjing ini sangat cocok masuk golongan jenis anjing dengan bulu panjang dan berbulu lebat. Bulu pada ekornya sangat lembut. Mereka memiliki varian warna berbeda, ada hitam, abu-abu, dan krem campuran. Bulu tersebut harus rutin disikat setiap dua sampai tiga kali seminggu.

Keeshond memiliki ukuran tinggi rata-rata 45 cm dengan berat 17-22 kg. Ras ini mengkombinasikan banyak sifat baik dari hewan peliharaan, mulai dari anjing rumahan, energik dan aktif, perhatian dan menyayangi pemiliknya, serta sensitif dan mudah dilatih.

13. Great Pyrenees

Great Pyrenees
Sumber: itsdogornothing.com

Great Pyrenees adalah anjing gembala yang mampu mengusir beruang dan serigala. Fisiknya yang kuat dan tangkas namun lembut dan mematuhi perintah membuat mereka dibiakkan untuk menjaga hewan ternak. Nantinya, mereka akan bersama pemiliknya melakukan aktivitas bertahan hidup.

Nama anjing ini diambil dari daerah asalnya, yaitu kawasan pegunungan Pyrenees di Perancis. Ukuran tubuhnya yang besar membuat anjing ini sudah lama dipelihara sebagai penjaga atau teman hidup. Bulu putihnya yang tebal dan panjang membuat mereka tahan dengan cuaca dingin.

14. Bernese Mountain Dog

Bernese Mountain Dog
Sumber: dailypaws.com

Ras anjing yang berasal dari Swiss ini memiliki tiga warna utama pada bulunya, namun warna hitam menjadi dominan. Warna coklat dan putih hanya terdapat di bagian wajah, dada, dan kakinya. Awalnya mereka dipelihara sebagai anjing penjaga dan ternak di wilayah Bern di Swiss.

Ciri tubuhnya yang kokoh, kuat, dan tangkas dengan tubuh sedikit lebih panjang dibandingkan tingginya. Kepala datar, moncong kuat dan lurus, serta memiliki bulu tahan cuaca yang cukup panjang, tebal, dan sedikit bergelombang.

Bernese Mountain Dog adalah anjing pekerja serbaguna dan hewan peliharaan keluarga yang sangat dicintai. Bulu warna yang mencolok dan kemampuan adaptasi yang luar biasa membuat mereka menempati posisi khusus di hati para pecinta anjing.

15. Newfoundland

Newfoundland
Sumber: thesprucepets.com

Newfoundland merupakan anjing yang berasal dari Kanada. Anjing ini termasuk anjing ras berukuran besar. Awalnya mereka dimanfaatkan untuk mengangkut kayu dari hutan dan menarik jala nelayan. Itulah kenapa mereka mendapat julukan anjing pekerja dan perenang yang handal.

Secara umum, Newfoundland memiliki bulu berwarna hitam, namun ada juga anjing dengan warna kombinasi warna lain. Ukuran tubuh jantan rata-rata antara 59-68 kg, sedangkan anjing newfoundland betina memiliki bobot lebih rendah yaitu antara 45-54 kg.

Seluruh spesies anjing di atas memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang membedakannya satu sama lain. Selain memberikan tampilan lucu dan menggemaskan, bulu panjang tersebut juga berguna untuk melindungi tubuh maupun menunjang aktivitas mereka.

Bila tertarik memelihara salah satu spesies anjing bulu panjang ini, pastikan selalu mampu mencukupi kebutuhan perawatan bulu tubuh dan kesehatan mereka. Bagaimanapun juga, anjing yang dipelihara di rumah memerlukan perawatan terbaik selayaknya manusia. 

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar