Home » Cara Membesarkan Anakan Ayam Agar Sehat & Berkualitas

Cara Membesarkan Anakan Ayam Agar Sehat & Berkualitas

oleh tukang konten
Cara Membesarkan Anakan Ayam Agar Sehat & Berkualitas

Bagi pecinta unggas, usaha anakan ayam tidak hanya sebagai hobi namun juga bisa dikembangkan sebagai usaha yang dapat meraup keuntungan dalam jumlah besar. Peternak ayam harus mampu membesarkan anakan ayam agar anak ayam tersebut menjadi sehat dan berkualitas unggulan.

Sebelum memiliki anak ayam yang sehat dan berkualitas, ketahui terlebih dahulu cara untuk membesarkan anak ayam agar tumbuh sehat dengan kualitas terbaik. Artikel ini akan mengulas cara membesarkan anak ayam bangkok, karena peminat ayam bangkok yang sangat tinggi.

Sejarah Ayam Bangkok

Sejarah Ayam Bangkok
Source: pinhome.id

Adu ayam merupakan kebiasaan yang sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Dilansir dari sebuah sumber, kebiasaan ini sudah ada di Cina sejak 14 abad sebelum masehi dan berkembang menjadi hobi di masyarakat.

Perkembangan pesat adu ayam, membuat masyarakat berlomba-lomba mencari ayam aduan dengan kualitas unggul. Masyarakat Cina kemudian melakukan persilangan antara ayam kampung asli Cina dengan ayam Thailand.

100 tahun yang lalu, warga Thailand menemukan ayam jenis baru dengan mental petarung yang mampu bergerak cepat dan pukulan yang mematikan lawannya. Ayam jenis baru ini yang kemudian dikenal dengan nama ayam Bangkok.

Mengapa Ayam Bangkok?

Mengapa Ayam Bangkok
Source: hewanpedia.com

Ayam bangkok merupakan ayam yang paling banyak diminati pecinta unggas karena selain sebagai ayam aduan, ayam bangkok yang dikawinkan dengan ayam kampung dapat menghasilkan daging ayam berkualitas dan enak.

Harga pasaran ayam bangkok juga cenderung mahal karena kualitas ayam yang sudah dikenal banyak orang. 7 kelebihan yang dimiliki ayam bangkok dibandingkan jenis ayam yang lain diantaranya:

  1. Postur tubuh ayam bangkok yang tegap, besar dan gagah memiliki kesan garang dan pemberani.
  2. Pandangan mata yang tajam dan terlihat cerah saat dilihat langsung memancarkan keberanian.
  3. Leher yang panjang dan proporsional dan memiliki jengger berbentuk rose dan pial.
  4. Bergerak lincah dan cepat yang memiliki pukulan yang keras untuk mengalahkan lawannya.
  5. Tingkat kecerdasan yang tinggi dibanding jenis ayam yang lain.
  6. Kaki yang bulat dan kering serta sisik kaki ayam yang rapi.
  7. Mudah diternakkan di Indonesia.

Kriteria Anak Ayam Bangkok Sehat dan Berkualitas

Kriteria Anak Ayam Bangkok Sehat dan Berkualitas
Source: argotek.id

Ayam bangkok kualitas super dapat dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah. Ayam berkualitas super diwali dari anak ayam dengan bibit unggulan. Berikut 7 kriteria anak ayam bangkok yang sehat dan berkualitas:

1. Pertumbuhan Bulu yang Lambat

Di usia 1 bulan pertumbuhan bulu anak ayam bangkok yang berkualitas lebih lambat dibanding anak ayam yang lain.

2. Kepala Ayam

Kepala anak ayam berbentuk panjang, pinang dan ukurannya lebih besar dari anak ayam lainnya. Paruh dan kepala ayam juga harus seimbang besarnya. Tujuannya adalah ketika ayam bangkok nantinya di adu, paruh tidak mudah patah.

3. Kaki Ayam

Anak ayam bangkok berkualitas memiliki kaki yang lebih panjang dengan jari-jari yang lebih kecil dan meruncing. Bentuk sisik kaki ayam yang bagus adalah lurus dan rapi atau bulat. Sisik seperti ini baik untuk ayam karena sisik sangat kuat dan keras.

4. Postur Badan

Usahakan postur anak ayam dan proporsional. Dari panjang leher hingga kaki, usahakan ekor ayam agak naik atas. Ayam harus tegak dan tidak bungkuk.

5. Mata Ayam

Harus cekung dan mempunyai tatapan tajam dan agak menjorok ke dalam karena menandakan ayam tidak pantang mundur dan memiliki mental juara. Bagian alis agak menonjol ke luar.

6. Paruh Ayam

Paruh padat dan kuat. Usahakan warna paruh serasi dengan sisik kaki.

7. Tulang ayam

Merupakan bagian terpenting dalam menentukan kriteria anak yang berkualitas. Tulang rapat, padat, kuat dan kokoh. Ciri-cirinya di bagian leher, sambungan tulang rapat, di sambungan antara leher dan bahu juga rapat.

Untuk rahang, tulang tidak lebar. Panjang tulang dada hingga di bawah perut. Tulang punggung agak lebar

Cara Membesarkan Anakan Ayam yang Sehat dan Berkualitas

Usia anak ayam sebelum masa dewasa adalah sebelum 6 bulan. Setelah mengetahui kriteria anak ayam bangkok yang berkualitas, selanjutnya ketahui cara untuk membesarkan anak ayam bangkok agar sehat dan berkualitas terbaik. Berikut cara-cara membesarkan anak ayam bangkok kualitas unggulan:

1. Usia 0 sampai 3 bulan

Usia 0 sampai 3 bulan
Source: arenahewan.com

Masa menetas sampai usia 3 bulan merupakan masa penentu tumbuh kembang anak ayam bangkok yang dipelihara, apabila pertumbuhannya terhambat pada masa ini dapat menyebabkan bentuk ayam dewasa tidak sesuai harapan yang terlihat dari postur tubuh dan ketahanan fisik.

Tips Merawat Anak Ayam Usia 0 sampai 3 bulan:

Pisahkan Anak Ayam dengan Induknya

Saat anak ayam baru menetas, hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan anak ayam sedini mungkin dari induknya. Tujuan pemisahan agar anak dan induk ayam tidak stres, peluang hidup anak ayam yang ada di box lebih tinggi daripada anak ayam bersama induknya.

Untuk menggantikan kehangatan indukan, dapat menggunakan lampu penghangat di box kandang anak ayam.

Fur yang Lembut

Berikan pakan berupa fur halus dan lembek, perhatikan betul fur yang diberikan jangan memberikan fur terlalu keras untuk mencegah dampak buruk bagi pencernaan. Selain pakan, berikan juga vitamin sebagai nutrisi tambahan.

Vaksinasi Ayam

Vaksinasi dilakukan saat ayam berusia lebih dari 7 hari. Tujuan vaksin untuk melindungi tubuh anak ayam agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Vaksinasi rutin menjadi kunci keberhasilan kesehatan anak ayam.

Penjemuran Ayam

Proses penjemuran rutin dilakukan dari jam 8 hingga 9 pagi. Sinar matahari akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak ayam lebih baik.

Beri Vitamin, Kalsium dan Minyak Ikan

Menginjak usia 2 bulan berikan nutrisi tambahan. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga postur tubuh saat dewasa semakin ideal dan agar kebutuhan nutrisi anak ayam terpenuhi dengan baik.

2. Usia 3 sampai 6 bulan

Usia 3 sampai 6 bulan
Source: vidio.com

Di masa ini diharapkan tumbuh kembang anak ayam optimal, baik dari massa otot struktur tulang dan kesehatan anak ayam saat dewasa.

Vaksinasi

Program vaksin perlu rutin dijalankan, agar anak ayam terhindar dari penyakit

Kandang Penunjang Pertumbuhan

Kandang berperan penting terhadap pertumbuhan anak ayam. Tempatkan anak ayam di kandang semi umbaran yang cukup luas, beralaskan pasir dan tanah serta suhu udara dan pencahayaan yang cukup. Perhatikan juga kebersihan kandang ayam.

Fur Kemasan

Usia anak ayam 3-6 bulan bisa diberikan pakan berupa fur kemasan dari pabrik, perhatikan juga air minum yang cukup.

Vitamin dan Suplemen

Pemberian vitamin dan suplemen seperti minyak ikan, kalsium laktat, susu formula dan vitamin B Kompleks, dsb bertujuan untuk tumbuh kembang ayam agar lebih optimal melalui pemberian vitamin dan protein yang cukup.

Penjemuran Rutin

Sama halnya seperti anak ayam berusia 0-3 bulan, lanjutkan penjemuran secara rutin juga pada anak ayam usia 3-6 bulan.

Membesarkan anakan ayam agar memperoleh ayam bangkok yang sehat dan berkualitas memerlukan tingkat kesabaran dan kerajinan yang tinggi. Kualitas ayam yang baik tidak diperoleh tanpa usaha maksimal. Keberhasilan membesarkan anak ayam akan mempengaruhi kualitas peternakan ayam.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar