Home ยป 25 Contoh Hewan Omnivora, Pengertian, Ciri Hingga Kelebihannya

25 Contoh Hewan Omnivora, Pengertian, Ciri Hingga Kelebihannya

oleh tukang konten
25 Contoh Hewan Omnivora, Pengertian, Ciri Hingga Kelebihannya

Menurut makanan yang dikonsumsinya, secara garis besar golongan hewan dibagi menjadi tiga yakni herbivora, karnivora dan omnivora. Karnivora adalah golongan hewan yang memakan daging, sedangkan herbivora merupakan pemakan tumbuhan. Sedangkan hewan omnivora pemakan segala.

Menariknya, sebagai manusia ternyata kita juga termasuk golongan omnivora, karena memakan segala. Lantas, seperti apa ciri dari omnivora ini?

Sekilas Mengenal Hewan Omnivora

Sekilas Mengenal Hewan Omnivora
Source: renovablesverdes.com

Sebenarnya, omnivora merupakan bahasa latin. Omnivora berasal dari kata omnis yang memiliki arti segalanya serta vorare yang memiliki arti makan. Oleh sebab itu, omnivora adalah hewan pemakan segala.

Arti dari segala ini, mereka memakan berbagai macam makanan mulai daging-dagingan, hingga tumbuh-tumbuhan. Karena menjadi pemakan segala, tentu saja omnivora mempunyai peran penting di rantai makanan. Oleh sebab itu biasanya omnivora ada di rantai ketiga dalam rantai makanan.

Agar dapat mencari makanan, biasanya hewan omnivora bertahan hidup dengan berburu makanan sendiri. Sayangnya, mereka juga dapat diburu oleh predator lainnya, karena makanannya lebih fleksibel dibanding dengan jenis lain, omnivora dapat bertahan hidup jauh lebih lama jika dibanding yang lain.

Ciri Hewan Omnivora

Ciri Hewan Omnivora
Source: animalsake.com

Ada berbagai macam ciri khas dari omnivora, seperti:

  • Mempunyai sistem pencernaan lebih kompleks sehingga dapat mencerna tumbuhan, buah-buahan maupun daging.
  • Struktur gigi omnivora jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang lain sehingga dapat memangsa daging dan tumbuhan dengan baik. Umumnya, omnivora memiliki gigi bagian depan yang tajam, dan bagian belakang datar.
  • Usus omnivora lebih panjang jika dibanding hewan yang lain.
  • Mempunyai dua lambung, lambung pertama digunakan untuk mengolah daging-dagingan, lambung kedua digunakan untuk mengolah tumbuh-tumbuhan.
  • Tidak seluruh omnivora merupakan hewan mamalia. Namun, ada pula omnivora yang berkembangbiak dengan cara bertelur.
  • Dapat bertindak sebagai mangsa dan predator.

Kelebihan Serta Kekurangan Hewan Omnivora

Kelebihan Serta Kekurangan Hewan Omnivora
Source: forbes.com

Omnivora tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut sejumlah kelebihan serta kekurangan omnivora, antara lain:

  • Omnivora memiliki sifat fleksibel. Sehingga, omnivora bisa menyesuaikan jenis makanan sesuai keadaan yang ada.
  • Karena dapat memakan berbagai jenis makanan, omnivora dapat dengan mudah berganti jenis makanan.
  • Omnivora mempunyai pilihan makanan yang jauh lebih banyak, sehingga omnivora dapat beralih makanan saat sumber makanan yang sering mereka makan sulit diperoleh atau habis.
  • Sayangnya, kekurangan dari hewan omnivora ini adalah bisa dimangsa oleh predator lain. Contohnya dari golongan karnivora.
  • Terkadang, omnivora hanya menjadi hama yang menempel pada manusia.

Contoh Hewan Omnivora

Ada berbagai macam contoh dari omnivora, bahkan sebagian omnivora bisa dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Berikut berbagai contoh hewannya, antara lain:

1. Landak

Landak
Source: infobinatang.com

Mungkin landak menjadi hewan yang jarang ditemui. Memiliki ciri khas duri-duri di tubuhnya, omnivora biasanya mengkonsumsi hewan seperti siput, jangkrik hingga cacing. Bukan hanya mengkonsumsi hewan tersebut, landak juga memakan kulit kayu pohon.

2. Burung Jalak

Burung Jalak
Source: agrozine.com

Jenis burung yang masuk ke dalam golongan omnivora salah satunya adalah jalak. Jalak mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang ditemukan di permukaan tanah contohnya seperti cacing, ulat, hingga buah-buahan.

Burung ini memiliki sifat yang jinak sehingga dapat dengan mudah dipelihara oleh manusia. Jalak memiliki ciri khas suara yang keras dan kadang dapat meniru suara manusia.

Kualitas suara yang dimiliki burung jalak dapat ditentukan dari makanan yang dimakannya. Makanan yang dapat meningkatkan kualitas suara burung ini seperti pisang, apel, papaya, ulat hong kong, semut, pasir halus dan belalang.

3. Rakun

Rakun
Source: Grid.id

Hewan lain yang termasuk dalam kategori omnivora adalah rakun. Rakun biasanya mengkonsumsi hewan seperti ikan, serangga, serta telur burung. Namun, terkadang rakun juga mengkonsumsi buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan.

4. Beruang Hitam

Beruang Hitam
Source: voi.id

Masuk ke dalam kelompok omnivora, hewan yang satu ini biasanya mengkonsumsi serangga, ikan, buah-buahan hingga akar pohon. Sayangnya, sekarang beruang hitam sudah mulai sulit ditemukan.

5. Hiu Kepala Sekop

Hiu Kepala Sekop
Source: grid.id

Ketika mendengar nama hewan seperti hiu, mungkin siapa saja langsung menganggap jika hiu adalah pemakan daging dan termasuk dalam golongan karnivora. Padahal, tidak demikian, salah satu hiu yang termasuk omnivora adalah hiu kepala sekop.

Hiu kepala sekop masuk dalam jenis omnivora karena memakan berbagai tumbuhan di dalam air. Sehingga hiu kepala sekop bukan hanya memakan daging saja.

6. Ikan Piranha

Ikan Piranha
Source: tagar.id

Siapa yang menyangka jika ikan piranha juga termasuk hewan omnivora. Mungkin kebanyakan orang mengira jika ikan piranha merupakan hewan karnivora karena memiliki sifat predator.

Padahal, ikan ini adalah omnivora, ikan piranha bukan hanya bisa mengkonsumsi daging serta ikan kecil. Tetapi ikan piranha dapat mengkonsumsi tanaman air yang berada di sekitarnya.

7. Tupai

Tupai
Source: rimbakita.com

Hewan tupai merupakan salah satu mamalia. Berada dalam kelompok mamalia, mungkin siapa saja sudah bisa menebak jika tupai juga masuk dalam golongan omnivora. Awalnya, tupai masuk dalam golongan hewan pemakan serangga.

Tetapi, setelah dibuktikan lebih jauh lagi, ternyata tupai juga mengkonsumsi berbagai macam tumbuhan seperti buah dan biji-bijian. Makanan tupai merupakan hewan seperti udang, serangga, katak, burung hingga buah-buahan.

Tidak hanya itu, tupai juga terkenal sebagai hewan yang mempunyai gerakan lincah. Tupai juga dapat merasa nyaman ketika bersama manusia, sehingga mereka dapat mengambil makanan yang dipegang manusia.

8. Burung Gagak

Burung Gagak
Source: kontengjateng.com

Gagak merupakan hewan yang berada dalam golongan omnivora. Gagak dapat mengkonsumsi daging di hewan-hewan kecil dan sesuai dengan kriterianya. Bukan hanya itu, gagak juga dapat mengkonsumsi biji-bijian dan buah-buahan.

9. Babi

Babi
Source: liputan6.com

Hewan omnivora yang lainnya adalah babi. Babi menjadi hewan yang bisa mengkonsumsi daging dan tumbuhan. umumnya makanan yang dimakan babi adalah bangkai hewan, serangga dan yang lainnya.

10. Lele

Lele
Source: klikdocter.com

Dapat dikonsumsi oleh manusia, ternyata lele juga masuk ke dalam golongan omnivora. Lele dapat mengkonsumsi apa saja yang berada di sekitarnya mulai dari daun, lumut, udang, cacing dan lainnya.

Bahkan, di sejumlah kasus, lele juga memiliki sifat kanibal. Hal ini disebabkan karena lele dapat memakan lele-lele lain yang masih kecil. Karena kebanyakan lele diternak, kualitas lele yang diternak akan dipengaruhi oleh bahan makanannya.

11. Kura-kura

Kura-kura
Source: ingoningon.com

Bukan hanya masuk ke dalam golongan hewan amfibi. Kura-kura juga termasuk omnivora. Kura-kura dapat memakan segalanya, mereka dapat mengkonsumsi tanaman air, ikan kecil hingga katak yang telah mati.

12. Simpanse

Simpanse
Source: liputan6.com

Hewan simpanse juga termasuk ke dalam golongan omnivora. Umumnya, simpanse memakan bunga serta biji-bijian. Simpanse juga memakan hewan kecil seperti semut dan rayap.

13. Tikus

Tikus
Source: detik.com

Tikus mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Hewan perekat ini juga termasuk dalam golongan omnivora. Tikus umumnya sangat merugikan manusia. Karena berada dalam jenis omnivora, tikus sering menjadi hama pertanian karena memakan tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian.

Bukan hanya itu, tikus juga sering mengkonsumsi hewan kecil. Tidak hanya mencari mangsa, tikus dapat dimangsa oleh predator lain, contohnya seperti burung karnivora, ular dan lainnya.

14. Bebek

Bebek
Source: liputan6.com

Berada dalam jenis unggas, bebek biasanya mengkonsumsi bahan olahan yang berasal dari sayuran dan buah. Namun, ternyata bebek juga dapat mengkonsumsi serangga atau cacing. Kualitas dari bebek biasanya dipengaruhi oleh pemberian makanannya.

Biasanya, bebek yang memiliki kualitas yang baik adalah bebek yang diberi makanan seperti tepung ikan, ampas tahu dan onggok.

15. Ayam

Ayam
Source: kompasiana.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak semua omnivora merupakan hewan mamalia. Ada juga jenis omnivora yang bertelur. Salah satunya adalah ayam.

Ayam biasanya mengkonsumsi padi-padian, olahan rumput, dan buah. Padahal, ayam juga dapat mengkonsumsi hewan-hewan kecil seperti cacing dan serangga. Sesuai dengan ciri yang dimilikinya, ayam juga dapat dijadikan mangsa hewan lain.

16. Semut

Semut
Source: bola.com

Mengapa semut dapat disebut sebagai omnivora? Semut dapat bertahan hidup dengan mengkonsumsi makanan dari hewan maupun tumbuhan. selain itu semut juga memakan jaringan hewan, embun madu dan biji.

Kebanyakan semut juga tertarik dengan makanan seperti karbohidrat. Namun, ada pula semut yang tertarik mengkonsumsi makanan berjenis protein, dan ada jenis semut yang tertarik mengkonsumsi keduanya.

17. Udang Galah

Udang Galah
Source: Wikipedia.com

Mungkin sempat terlintas di benak, mengapa udang galah disebut sebagai omnivora? Udang galah biasanya memakan makanan seperti siput, cacing, ikan, kerang, gandum, potongan padu, biji-bijian, buncis dan lainnya.

Tidak hanya itu, udang galah juga merupakan hewan air yang memakan organisme dasar serta bangkai. Oleh sebab itu, udang galah disebut sebagai omnivora.

18. Lumba-lumba

Lumba-lumba
Source: okdogi.com

Hewan lumba-lumba termasuk golongan mamalia sekaligus omnivora. Makanan lumba-lumba contohnya seperti plankton, ikan kecil dan cumi-cumi.

19. Kasuari

Kasuari
Source: voaindonesia.com

Burung kasuari menjadi salah satu jenis burung yang unik. Hal ini disebabkan karena kasuari memiliki tanduk. Kasuari juga termasuk omnivora. Burung ini mempunyai kaki kuat serta kuku tajam. Biasanya kasuari memakan serangga dan berbagai jenis buah.

20. Burung Flamingo

Burung Flamingo
Source: sirahbaliinfo.com

Flamingo juga masuk ke dalam golongan omnivora. Namun, makanan utama dari flamingo adalah udang serta alga. Flamingo mempunyai bentuk paruh melengkung ke arah bawah sehingga membuatnya bisa beradaptasi dengan menyaring air serta lumpur.

21. Luwak

Luwak
Source: artoncafe.com

Hewan luwak memiliki nama lain musang. Musang adalah hewan yang hidupnya berada di pepohonan. Luwak sering mengkonsumsi serangga, buah-buahan, cacing, kadal serta sejumlah hewan kecil lain.

22. Monyet

Monyet
Source: grid.id

Monyet merupakan hewan omnivora, hal ini disebabkan karena monyet memakan segalanya. Monyet mengkonsumsi biji-bijian, buah, kacang-kacangan serta sejumlah serangga beserta hewan kecil lainnya.

Bahkan, jika ditelusuri lagi, monyet juga termasuk dalam anggota keluarga primate dan bukan prosimia. Walaupun demikian, ada beberapa jenis monyet yang disebut sebagai kera.

23. Orang Utan

Orang Utan
Source: detik.com

Sebenarnya, apa beda monyet dan orang utan? Orang utan adalah jenis kera yang mempunyai ukuran besar, bulu merah kecokelatan serta lengan panjang. Hewan ini biasanya hidup di hutan tropis Indonesia serta Malaysia.

Di Indonesia, orang utan mudah ditemukan di Kalimantan serta Sumatera. Umumnya, orang utan mengkonsumsi bunga, kulit pohon, madu, jamur, buah dan berbagai jenis serangga lain.

Sedangkan, sebagai minumnya biasanya orang utan akan mengambil air yang sudah terkumpul di lubang dan cabang pepohonan.

24. Burung Beo

Burung Beo
Source: ruber.id

Sama dengan beberapa jenis burung lain. Beo bukan hanya mengkonsumsi sayur dan buah. Biasanya, beo juga mengkonsumsi serangga.

25. Serigala Merah

Serigala Merah
Source: pexels.com

Serigala merah ternyata juga termasuk ke dalam hewan omnivora. Hal ini disebabkan karena serigala merah bukan hanya mengkonsumsi daging, tetapi juga mengkonsumsi berbagai jenis buah dan tumbuhan seperti rerumputan.

Ternyata, ada begitu banyak hewan omnivora yang mungkin selama ini tidak disangka jenisnya. Untuk hewan yang sudah langka, pastikan ikut serta menjaga habitatnya agar tidak punah.

Anda mungkin juga menyukai

Tinggalkan Komentar